Cegah Politik Uang, Pemkab Pangandaran Bentuk Satgas Mafia Pemilu

Cegah Politik Uang, Pemkab Pangandaran Bentuk Satgas Mafia Pemilu

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Dalam upaya mencegah agar tidak terjadi poltik uang pada Pilkada Pangandaran, Pemkab Pangandaran, bakal membentuk Satgas Anti Politik Uang dan Mafia Pemilu.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan rapat koordinasi membahas terkait Pilkada.

“Yang bakal kita yakni peran dan fungsi Satgas, jika menemukan praktek politik uang dari oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Jeje, Selasa (8/9/2020).

Ia pun meminta masyarakat Pangandaran agar menjadi pemilih yang cerdas, agar Pilkada berjalan aman dan lancar.

“Anggaran Pilkada sangat besar mencapai Rp 80 Miliar, jadi jangan sampai mencoreng tahapan Pilkada lewat praktek politik uang,” tegasnya.

Sebelumnya, aktivis HMI Komisariat Pangandaran, meminta Pilkada Pangandaran, 9 Desember 2020 mendatang, terbebas dari politik uang.

Salah satu Aktivis HMI Komisariat Pangandaran, Ressy Aprilianti, menyoroti potensi terjadinya money politik.

Ia menyebut, untuk menciptakan pemimpin yang berkualitas, maka tahapan Pilkada harus berjalan dengan sehat dan bersih.

“Apabila dalam tahapan Pilkada diwarnai dengan praktek politik uang sampai jual beli suara, itu akan berdampak buruk untuk demokrasi,” ujar Ressy, Selasa (8/9/2020).

Menurut Ressy, suara rakyat dalam bilik TPS merupakan hak politik. Sehingga rakyat bebas memilih calon pemimpinnya, tanpa harus berpikir timbal balik terhadap uang yang diterima dari calon atau tim pemenangan.

“Maka dari itu, kami minta Bawaslu berperan aktif secara maksimal dalam mengawasi kemungkinan praktek jual beli uang pada Pilkada Pangandaran,” tegasnya.

Lanjut Ressy, potensi praktek politik uang pada Pilkada Pangandaran bisa saja terjadi.

Makanya, seluruh pihak harus bertanggungjawab agar praktek politik uang tidak terjadi.

“Bawaslu kan punya jaringan Sekolah Kader Pengawasan Partisipasi (SKPP) , nah peran SKPP itu harus lebih termaksimalkan,” pungkas Aktivis HMI Komisariat Pangandaran itu.

Pilkada Pangandaran sendiri saat ini tahapannya sudah mulai. Dua pasangan sudah mendaftar sebagai peserta Pilkada ke KPU Pangandaran.

Pasangan pertama yakni Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan (Juara). Pasangan kedua yakni Adang Hadari-Supratman (AMAN). (Ceng2/R8/HR Online)

The post Cegah Politik Uang, Pemkab Pangandaran Bentuk Satgas Mafia Pemilu appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/cegah-politik-uang-pemkab-pangandaran-bentuk-satgas-mafia-pemilu/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service