Cara Monetize Blog, Langkah Mudah Menjadi Kaya dari Internet

Cara Monetize Blog

Tak sedikit yang masih bingung cara monetize blog untuk mendapatkan uang dari internet. Terlebih untuk para pemula yang tergiur dengan banyaknya blogger yang mampu memonetize blog dan menghasilkan uang dari hobinya tersebut.

Membuat blog atau website saat ini semakin populer dengan banyaknya blogger yang bermunculan. Dengan fasilitas blog gratis, tak sedikit orang yang senang memanfaatkannya untuk membuat toko online atau menyalurkan hobi menulis.

Selain menyalurkan hobi, membuat dan menulis dalam blog juga merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun sayangnya, tak sedikit dari mereka yang hanya sekedar menyalurkan hobi. Padahal dari blog itulah kita bisa menghasilkan uang tidak sedikit.

Baca juga: Blog Sumber Penghasilan Buat Tambah Pendapatan

Namun agar website atau blog bisa menjadi sumber penghasilan, Anda tentunya tak cukup hanya dengan mengisi dan membuat konten untuk blog. Anda juga perlu mengoptimalkannya agar banyak orang yang mengunjungi blog Anda.

Pilihan Cara Monetize Blog

Ada banyak sumber penghasilan yang bisa Anda pilih dalam dunia blog ini. Namun tentunya setelah banyak orang yang mengunjungi blog Anda. Nah, berikut ini beberapa pilihan cara monetize blog yang bisa Anda lakukan.

Program Adsense

Salah satu cara mendapatkan uang dari blog adalah melalui Program Adsense dari Google. Program ini termasuk yang paling populer dan menjadi pilihan utama para blogger maupun orang yang membangun website, tak terkecuali media online semisal haraparakyat.com.

Jika blog Anda telah memiliki jumlah traffik yang tinggi atau setidaknya telah mencapai ribuan orang perhari, maka bisa mulai mendaftarkan blog Anda pada program google Adsense.

Untuk mengikuti program ini tak harus dengan menggunakan website berbayar. Hanya dengan blogspot saja yang bersifat gratisan Anda bisa mendapatkan uang asal jumlah trafiknya sudah tinggi.

Program Selain Adsense

Jika pengajuan Anda untuk program Adsense ditolak Google, masih ada banyak alternatif selain Adsense yang bisa Anda pilih. Cara monetize blog selain Adsense antara lain MGID, Chitika, Media Net, Propeller Ads, RevenueHits, dan lainnya.

Namun dibandingkan Adsense, program alternatif ini umumnya memiliki nilai pembayaran yang jauh lebih kecil. Karena itulah banyak blogger yang lebih mengandalkan Adsense.

Baca juga: Cara Menulis Konten Blog Berkualitas dan Menarik

Sama seperti Adsense, program alternatif tersebut juga menuntut trafik tinggi sebelum Anda mendaftarkan blog Anda. Jumlah trafik minimal yang biasanya menjadi syarat adalah 5.000 kunjungan perbulan atau 200 kunjungan perhari.

Program Afiliasi

Pilihan lain cara monetize blog untuk menguangkan blog adalah dengan memanfaatkan program afiliasi. Beberapa yang populer adalah Amazon, eBay, LeadPages, Clickbank, dan lainnya. Selain luar negeri, banyak website Indonesia yang juga menyediakan layanan ini.

Afiliasi bekerja dengan cara mempromosikan atau menyebarkan link afiliasi yang berisi produk mereka. Link inilah yang bisa Anda pasang di blog Anda. Saat ini ada pengunjung yang meng-klik link tersebut dan berbelanja, maka Anda akan memperoleh komisi afiliasi.

Setiap program afiliasi menawarkan nilai komisi yang berlainan. Namun nilai ini berkisar dari 5 persen hingga ada yang berani lebih dari 40 persen. Anda bisa memilih program afiliasi yang sesuai dengan niche atau topik blog Anda.

Menawarkan Iklan

Blog yang memiliki trafik tinggi merupakan sumber penghasilan yang bisa Anda uangkan. Pilihan lain cara monetize blog adalah dengan menawarkan iklan pada perusahaan atau pihak lain yang berminat memasang iklan di blog Anda.

Baca juga: Artikel Blog Paling Banyak Diminati

Selain iklan dalam bentuk banner, tawaran iklan juga bisa dalam bentuk link promosi. Link ini juga mirip dengan program afiliasi karena Anda hanya perlu memasang link pemasang iklan yang akan menuju pada website mereka.

Soal tarif atau harga iklan yang Anda tawarkan Anda bisa membandingkan dengan blog lainnya. Perbandingan bisa berdasarkan jumlah trafik maupun domain authority dari blog Anda.

Itulah beberapa pilihan cara monetize blog yang bisa Anda pilih. Memiliki blog dengan trafik tinggi merupakan tujuan setiap blogger. Dengan blog yang seperti ini ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

The post Cara Monetize Blog, Langkah Mudah Menjadi Kaya dari Internet appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/cara-monetize-blog/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service