BLT Tahap Kedua Cair untuk 3 Juta Karyawan, Cek Rekening Sekarang!

BLT Tahap Kedua Cair untuk 3 Juta Karyawan Peserta BPJS Ketenagakerjaan

BLT tahap kedua cair untuk 3 juta karyawan pada hari ini, Sabtu (5/9/2020). Sebanyak 3 juta pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan Rp 1,2 juta sebagai subsidi upah/gaji. Setiap pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta ini akan mendapatkan total BLT Rp 2,4 juta untuk 4 bulan.

Per bulannya, pekerja mendapatkan Rp 600 ribu. Sementara pencairannya per dua bulan, sehingga sekali cair, pekerja yang mendapatkan BLT PBJS Ketenagakerjaan ini mendapat Rp 1,2 juta.

Pengumuman pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap kedua ini terdapat pada Instagram Kemnaker. Sabtu, 5 September 2020 dini hari, Kemnaker mengunggah pencairan BLT tahap kedua segera meluncur.

Pada kolom komentar, banyak pekerja yang mengaku sudah mendapatkan BLT Rp 1,2 juta melalui rekeningnya.

Seperti pekerja asal Kalimantan Timur yang mengunggah catatan mutasi rekening mandirinya. Dalam unggahannya rekening mandiri milikinya sudah masuk Rp 1,2 juta dari pemerintah.

Baca Juga: BLT BPJS Bank BCA dan Bank Swasta Lain Kapan Cair? Cek Rekening!

Kemungkinan transfer pencairan BLT karyawan untuk pekerja yang memiliki rekening pemerintah (Himbara), yakni, BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.

Sementara untuk rekening bank swasta, para pekerja harus bersabar, karena untuk proses transfer memerlukan waktu.

BLT Tahap Kedua Cair untuk 3 Juta Karyawan

Sebanyak 3 juta karyawan akan mendapatkan transfer dari pemerintah untuk program BLT BPJS Ketenagakerjaan ini.

Sebelumnya pada pencairan BLT tahap pertama hanya 2,5 juta karyawan saja yang mendapatkan transferan.

Rencananya pemerintah akan memberikan BLT ini kepada 15 juta karyawan lebih. Pencairannya secara bertahap, tidak sekaligus.

Jika tahap pertama untuk 2,5 juta karyawan, maka untuk BLT tahap kedua cair untuk 3 juta karyawan, ada peningkatan penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan ini.

Baca Juga: Penyebab BLT BPJS Ketenagakerjaan Belum Cair, Ini Alasannya!

Target pemerintah sendiri BLT Karyawan cair semuanya kepada 15 juta karyawan lebih sampai akhir September 2020.

Karena itu bagi Anda yang belum mendapatkan transfer BLT karyawan ini, jangan khawatir asal Anda memenuhi persyaratan sebagai penerima BLT, maka pasti Anda akan mendapatkan bantuan sosial ini.

Anda akan mendapatkannya langsung melalui rekening dalam dua tahap pencairan. Setiap pencairan Anda akan mendapatkan Rp 1,2 juta.

Syarat Mendapatkan Bantuan BLT Karyawan

Jika BLT tahap kedua Anda tidak kunjung cair juga, ada baiknya Anda mengecek dulu syarat-syarat pekerja yang bisa mendapatkan BLT Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan ini.

Syarat pertama Anda memiliki gaji di bawah Rp 5 juta. Bagaimana jika gaji Anda pas Rp 5 juta? Maka Anda tidak bisa mendapatkan BLT karyawan ini. Tapi semisal gaji Anda Rp 4.990.000, maka angkanya masih di bawah Rp 5 juta, dan Anda berhak mendapatkan BLT karyawan.

Selanjutnya, Anda juga harus terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif setidaknya sampai bulan Juli 2020.

Anda juga masih aktif bekerja dalam perusahaan tersebut. Artinya Anda belum keluar dari perusahaan untuk mendapatkan pencairan BLT tahap kedua ini.

Anda juga harus memiliki rekening bank yang masih aktif. Nama dalam rekening harus nama Anda, tidak boleh Anda menyerahkan rekening atas nama istri ataupun rekening atasan.

Hal ini lantaran, pencairan BLT Karyawan langsung transfer ke rekening para pekerja, agar tepat sasaran dan tidak ada penyalahgunaan.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan Cair di Bank Ini! Bank Lain Kapan?

Perlu Anda ingat juga, syarat utama lainnya untuk mendapat BLT Karyawan ini adalah Anda bukanlah pekerja BUMN maupun PNS. Jika Anda tercatat sebagai pekerja BUMN ataupun PNS meski gaji Anda sesuai kriteria, namun Anda tidak bisa mendapatkan BLT Karyawan ini.   

Penyebab BLT Karyawan Tak Kunjung Cair

Jika Anda sudah memenuhi syarat-syarat untuk mendapatkan BLT Karyawan, namun BLT tahap kedua tak kunjung cair, Anda perlu mengecek beberapa hal.

Perlu Anda ketahui juga, proses pengajuan BLT Karyawan ini. Pertama pihak perusahaan memberikan data karyawan beserta nomor rekening untuk pencairan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Sehingga, Anda perlu juga menanyakan kepada pihak perusahaan tempat Anda bekerja, apakah data Anda sudah masuk ke BPJS Ketenagakerjaan?

Selanjutnya pihak BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan validasi. Anda bisa meminta tolong pihak HRD untuk mengetahui apakah data Anda sudah valid atau belum dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Jika sudah tervalidasi, maka Anda pasti mendapatkan pencairan BLT Karyawan untuk tahap kedua ini, tinggal tunggu waktu saja. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

The post BLT Tahap Kedua Cair untuk 3 Juta Karyawan, Cek Rekening Sekarang! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/blt-tahap-kedua-cair-untuk-3-juta-karyawan-cek-rekening-sekarang/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service