News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Asteroid 2020 PT4, Seukuran Pesawat Terbang Mendekati Bumi

Asteroid 2020 PT4, Seukuran Pesawat Terbang Mendekati Bumi

Asteroid 2020 PT4

Asteroid 2020 PT4 merupakan asteroid yang memiliki ukuran setara dengan pesawat terbang. Bahkan, kabarnya asteroid tersebut sangat dekat dengan bumi.

Peristiwa langit yang unik ini terjadi pada 8 September. Belum lama ini NASA tengah melacak banyak jalur asteroid yang akan terbang mendekati planet rumah kita.

Badan antariksa mempunyai sesuatu yang bisa kita sebut sebagai Asteroid Watch Widget. Informasi ini terungkap dalam situsnya.

Widget tersebut telah menampilkan tanggal terdekat objek luar angkasa seperti asteroid dan juga komet yang mendekat ke arah planet kita. Bukan hanya itu saja, melainkan juga memberikan perkiraan diameter, ukuran relatif, serta jarak dari Bumi.

Widget NASA yang paling baru mereka tampilkan adalah asteroid 2020 PT4 yang memiliki ukuran sangat besar. Kemudian muncullah sebuah kesimpulan bahwa asteroid tersebut tiba dekat Bumi dengan ukuran sebesar pesawat terbang.

Baca Juga: Asteroid 2011 ES4 Mendekat ke Bumi, Akankah Berdampak Besar?

Asteroid 2020 PT4 Telah Tiba Dekat Bumi

Asteroid dengan ukuran yang tak biasa ini, memang menjadi perbincangan hangat saat ini. Terutama dalam bidang ilmu astronomi dunia.

Catatan waktu fenomena langit ini terlihat begitu detail. Menurut situs NASA, batuan luar angkasa tersebut melakukan pendekatan terdekat ke Bumi pada pukul 15:52 UTC.

Sedangkan untuk waktu Pasifik (PT), ini akan menjadi 8:52 pagi, pada hari Selasa. Untuk Waktu Bagian Timur (ET) akan menjadi Selasa, 11:53.

Sebuah laporan dalam situs web Jet Propilsion Laboratory NASA telah memberikan ungkapan yang cukup mencengangkan. Pada titik terdekatnya, asteroid ini hanya akan berjarak 0,01266 unit astronomi (AU) dari Bumi.

Bila kita hitung dalam satuan mil, asteroid ini berada pada 1.180.000 mil dari Bumi. Sedangkan bila kita hitung dalam satuan kilometer, itu akan berada pada 1893909.043 km dari permukaan planet rumah kita.

Meskipun angka-angka tersebut membuatnya terdengar seperti asteroid 110 kaki, yang mana diartikan tidak cukup dekat. Akan tetapi, dalam istilah astronomi, asteroid ini sudah sangat dekat.

Maka dari itu, NASA telah memberikan klasifikasi ruang ini sebagai Objek Dekat Bumi atau NEO. Dalam Lunar Distance asteroid tersebut berjarak mencapai 4,93 LD dari Bumi.

Kecepatan Asteroid 2020 PT4

Objek luar angkasa yang mendekati planet Bumi ini memiliki kecepatan relatif 12,56 km/s. Padahal sebelumnya, NASA telah memperkirakan dalam situsnya bahwa asteroid tersebut berada pada kisaran 27-60m.

Fakta yang cukup mengejutkan, sekarang telah ditentukan bahwa asteroid itu kira-kira 33m. Tak cukup itu saja, NASA pun juga telah mengklasifikasikan asteroid ini antara kelas Apollo dari asteroid yang dekat Bumi.

Informasi lain menyebutkan bahwa asteroid ini bergerak dengan kecepatan 12,6 kilometer per detik atau 45.360 kilometer per jam. Kecepatan yang menurut perkiraan secara harfiah, dapat mengirim siapapun dari Inggris ke New York.

Bahkan, lebih dari delapan kali dalam rentang waktu satu jam saja. Sungguh fakta yang luar biasa dari asteroid 2020 PT4 bukan?

Mempertimbangkan ukuran serta kecepatannya, NASA awalnya memprediksi bahwa tabrakan asteroid tersebut ke Bumi tidak akan mengancam jiwa. Namun, badan tersebut memberikan pernyataan bahwa besarnya kemungkinan situasi yang akan terjadi mirip dengan insiden Chelbayinsk.

Mungkin insiden ini terdengar cukup asing di telinga kita. Insiden Chelbayinsk merupakan peristiwa tahun 2013 yang melibatkan meteor setinggi 20 meter yang menyebabkan ledakan pada daerah tersebut.

Kemudian, insiden ini menyebabkan kerusakan jendela tempat tinggal serta melukai kurang lebih 1.000 orang. Pihak NASA sendiri tidak mengesampingkan kemungkinan batu besar luar angkasa menghantam planet ini.

Selain itu, juga terdapat konsekuensi bencana yang menyertai peristiwa tersebut, meskipun kemungkinannya cukup kecil. Inilah awal pemberitaan mengenai asteroid 2020 PT4.

Baca Juga: Fakta Asteroid 2020 QG Melintasi Bumi Tapi Tak Terdeteksi

Asteroid Lain Mendekat Bumi pada 1 September

Sebelumnya, pada 1 September yang lalu, terdapat asteroid lain yang juga mendekati planet Bumi. Asteroid tersebut adalah asteroid 2011 ES4 yang berada sangat dekat dengan Bumi.

Menariknya, asteroid ini bahkan lebih dekat dari Bulan. Perkiraan jarak asteroid 2011 ES4 dari Bumi yaitu 1,2 lakh kilometer. Batuan luar angkasa bernama Asteroid 2020 QG5 juga mendekati Bumi setelah 16 tahun pada hari yang sama.

Meskipun demikian, jelas tidak ada asteroid yang menjadi ancaman bagi planet kita. Tak terkecuali dengan asteroid 2020 PT4 yang baru-baru ini mendekati planet rumah kita. (R10/HR Online)

The post Asteroid 2020 PT4, Seukuran Pesawat Terbang Mendekati Bumi appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/asteroid-2020-pt4/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.