Warga Cimaragas Ciamis Diserang Bangbung, Tanaman Kelapa Mati - MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords

Warga Cimaragas Ciamis Diserang Bangbung, Tanaman Kelapa Mati

Warga Cimaragas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Cibitung, RT 18, RW 07, Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis diserang bangbung. Serangga tersebut menyerang pucuk tanaman kelapa milik warga hingga mati.

Bukan itu saja, bangbung juga kerap menyerang halaman warga. Akibatnya halaman warga tertutupi oleh serangga tersebut.

Ujang Solikhin, tokoh masyarakat setempat, mengatakan, bangbung yang membuat tanaman kelapa milik warga mati tersebut berasal dari tumpukan sampah yang tak terurus.

“Masyarakat Cibitung khususnya di lingkungan PT Rona, kelapanya diserang bangbung massal. Sekarang pucuk-pucuk daun kelapa diserang jadi pada mati,” ungkap Ujang kepada HR Online, Minggu (16/8/2020).

Lanjut Ujang, tumpukan sampah yang ada di lingkungan Cibitung berasal dari sampah yang dikelola PT Rona.

“Uniknya PT Rona mendapatkan dana BLU dari LHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), namun sekarang mangkrak. Sampahnya mangkrak, sehingga banyak bangbung,” lanjutnya.

Bangbung yang kekurangan makanan, kata Ujang menyerang tanaman kelapa warga. Sehingga pucuk-pucuk tanaman kepala diserang bangbung sampai akhirnya kelapa warga banyak yang mati.

“Tumpukan sampah tidak diurus, mangkrak, sehingga timbul bangbung. Karena tidak ada makanan, bangbung menyerang tanaman kelapa warga, pucuk-pucuknya dimakan sampai mati,” katanya.

Bukan hanya menyerang tanaman kelapa, bangbung juga menyerang halaman rumah warga. “Kalau malam hari bangbung ‘ngampar’ di halaman rumah-rumah warga,” kata Ujang.

Ujang meminta ada penyelidikan khusus terkait keberadaan bangbung tersebut. Terutama penyelidikan terhadap PT Rona yang tidak lagi mengelola sampah sehingga menyebabkan timbulnya bangbung.

“Semoga ada penyelidikan independen karena PT Rona ini mangkrak. Sampahnya tidak dikelola akibatnya bangbung menyerang warga,” katanya.

Sementara itu sampai berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari PT Rona terkait keluhan warga Cimaragas Ciamis tersebut. (Ndu/R7/HR-Online)

The post Warga Cimaragas Ciamis Diserang Bangbung, Tanaman Kelapa Mati appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/warga-cimaragas-ciamis-diserang-bangbung-tanaman-kelapa-mati/

Want to get Attractive Offer Info?