Wagub Jabar di Kota Banjar: Santani Untuk Kemandirian Pesantren

Wagub Jabar di Kota Banjar, Santani Untuk Kemandirian Pesantren

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Manazilul di Kota Banjar dalam rangka pembagian paket sembako dan alat pertanian untuk pondok pesantren, Senin (10/8/20).

Dalam kunjungannya tersebut Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan, bahwa pemberian bantuan alat pertanian itu untuk mendukung program kemandirian pondok pesantren lewat program santri tani (Santani).

Menurutnya, saat ini banyak lembaga pondok pesantren yang ‘gulung tikar’ bukan karena faktor tidak adanya santri, pengurus maupun pimpinan pondok pesantren saja.

Akan tetapi, karena memang pesantren itu sendiri yang tidak mampu mengeluarkan ongkos operasionalnya. Sehingga, perlu didorong lewat program pengembangan kemandirian ekonomi pesantren termasuk di Kota Banjar.

“Lembaganya ada, santri dan pengurusnya ada tapi karena tidak ada operasional penunjangnya banyak pesantren yang mandek. Terlebih pesantren yang tidak punya akar kuat,” ujar orang nomor dua di Jawa Barat.

Untuk itu, lanjut Uu Ruzhanul Ulum, agar program kemandirian pondok pesantren itu dapat berjalan baik, para pimpinan pesantren harus mempunyai terobosan-terobosan baru terutama membaca peluang ekonomi.

Selain itu, pesantren juga harus bisa menyesuaikan dengan arus perkembangan zaman agar para santri tidak gagap tekhnologi dan ketinggalan arus informasi.

“Pemerintah provinsi berharap pesantren berkembang dan tangguh dalam segi ekonomi. Kami tidak ingin pesantren hanya mengandalkan bantuan saja tapi bisa mandiri,” terang Uu Ruzhanul Ulum.

Fokus Pemulihan Ekonomi

Selain menyampaikan program kemandirian pesantren, ia juga mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah fokus memikirkan pemulihan ekonomi disamping fokus kesehatan dalam penanganan virus Corona.

Pemulihan ekonomi tersebut untuk antisipasi adanya krisis sosial dan krisis politik sebagai dampak banyaknya ekonomi masyarakat dan pelaku usaha yang terdampak wabah pandemi Covid-19.

“Saat ini kami tengah fokus pemulihan ekonomi. Mari kita hadapi bersama. Jangan sampai pandemi ini menjadi alasan kita untuk tidak kreatif” katanya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Manazilul Huda di Kota Banjar, KH Aep Saefulloh menyampaikan apresiasi kepada pemerintah sudah berusaha memajukan dan memperhatikan perkembangan lembaga pendidikan pondok pesantren.

“Kami tentunya berterima kasih karena pemerintah sudah membantu membuka peluang kemandirian ekonomi pondok pesantren,” katanya.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Wakil Walikota Banjar, H Nana Suryana, Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, dan jajaran Forkopimda Kota Banjar. (Muhlisin/R8/HR Online)

The post Wagub Jabar di Kota Banjar: Santani Untuk Kemandirian Pesantren appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/wagub-jabar-di-kota-banjar-santani-untuk-kemandirian-pesantren/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064