Usaha Budidaya Ikan Sistem Bioflok Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya!

Usaha Budidaya Ikan Sistem Bioflok Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya!

Usaha budidaya ikan sistem bioflok saat ini sedang populer dan menarik minat orang untuk berternak ikan. Dari berbagai teknik budidaya ikan yang ada, bioflok merupakan hal baru untuk meningkatkan hasil panen.

Saat ini ada beberapa cara budidaya ikan yang umum orang kembangkan sesuai jenis kolamnya. Karena itulah kini telah berkembang ternak ikan di kolam tanah, kolam beton, kolam terpal, hingga media drum.

Berternak ikan termasuk jenis usaha modal kecil yang mudah serta menjanjikan. Usaha ini tidak harus menggunakan kolam ikan yang luas. Menfaatkan halaman rumah yang terbatas pun usaha ini bisa berjalan, termasuk dengan drum atau terpal.

Cara budidaya ikan sistem bioflok itu sendiri merupakan teknik berternak ikan dengan melakukan pemberian pakan probiotik. Semakin banyak orang mengembangkan usaha ternak ikan dengan sistem ini karena memiliki banyak keuntungan apabila membandingkan dengan budidaya biasa.

Beberapa jenis ikan yang sering menerapkan teknik ini adalah ikan lele dan nila. Menurut para petani, Ikan lele lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan termasuk dengan sistem baru ini. Begitu juga ikan nila yang lebih bernilai ekonomis.

Keuntungan Usaha dan Cara Budidaya Ikan Sistem Bioflok

Ada banyak keunggulan cara ternak ikan dengan menggunakan sistem bioflok. Peternak ikan harus menerapkan teknik ini agar bisa mendapatkan hasil panen yang lebih banyak dan lebih cepat.

Baca juga: Usaha Budidaya Ikan Bandeng Semi Intensif Agar Produksi Meningkat

Untuk Anda yang tertarik menjalankan usaha ternak ikan, sebaiknya menerapkan teknik baru ini. Berikut ini berbagai keuntungan usaha dan cara budidaya ikan sistem bioflok yang perlu Anda ketahui.

Sangat Menghemat Lahan

Dalam budidaya ikan menggunakan kolam biasa, tingkat kepadatan benih ikan tidak terlalu tinggi. Sedangkan jika ingin meningkatkan jumlah ikan, maka harus memperluas ukuran kolam.

Dengan menggunakan sistem bioflok, maka bisa meningkatkan tebar ikan secara padat. Hal ini karena problem kualitas air pada budidaya ikan bioflok dapat teratasi dengan adanya mikroorganisme yang dapat mengurai sisa-sisa pakan.

Efisiensi Pakan yang Lebih Tinggi

Keunggulan lain usaha budidaya ikan sistem bioflok adalah pemberian pakan yang jauh lebih efisien apabila membandingkan dengan pemeliharaan di kolam biasa. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi peternak.

Apalagi tingginya harga pakan ikan selalu menjadi kendala daam usaha ternak ikan. Karena itu dengan adanya sistem bioflok maka pemberian pakan ikan bisa lebih menghemat anggaran dan lebih efisien.

Lebih Hemat Air

Keuntungan menjalankan usaha budidaya ikan sistem bioflok lainnya adalah pada penggunaan air yang jauh lebih hemat. Karena pada budidaya bioflok terdapat mikroorganisme yang dapat berfungsi dalam mengurai sehingga air menjadi tidak keruh.

Baca juga: Budidaya Ikan Sidat Ternyata Beromset Tinggi? Baca Ini Dulu!

Kualitas yang tetap terjaga membuat proses pergantian air tidak perlu terlalu sering sebagaimana pada teknik budidaya di kolam biasa. Tentunya hal  ini juga dapat menghemat tenaga dan biaya.

Masa Panen yang Lebih Cepat

Kelebihan cara budidaya ikan sistem bioflok lainnya juga akan membuat ikan lebih cepat panen apabila membandingkan dengan cara ternak biasa. Hal ini karena efisiensi pakan dan kualitas air yang terjaga membuat ikan lebih cepat gemuk.

Baca juga: Ternak Ikan Gabus, Peluang Usaha Budidaya Ikan yang Makin Diminati

Dengan makin cepatnya masa panen, maka bisa melakukan banyak penghematan. Baik karena bisa lebih menghemat pakan, air, maupun masa pemeliharaan.

Itulah berbagai keunggulan usaha dan cara budidaya ikan sistem bioflok apabila membandingkan dengan teknik konvensional. Hal ini pula yang membuat banyak peternak ikan yang beralih ke sistem bioflok karena mampu memberikan hasil panen yang lebih menguntungkan. (R11/HR-Online)

The post Usaha Budidaya Ikan Sistem Bioflok Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/usaha-budidaya-ikan-sistem-bioflok/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service