News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Urutan Lapisan Atmosfer Dibedakan Berdasarkan Suhu dan Fungsinya

Urutan Lapisan Atmosfer Dibedakan Berdasarkan Suhu dan Fungsinya

Urutan Lapisan Atmosfer

Urutan lapisan atmosfer atau langit ini memiliki fungsi dalam menjaga kehidupan di muka bumi. Melalui atmosfer, terbentuk hujan dan bumi tak kekurangan air. Kemudian melalui atmosfer pulalah, panas dari matahari dapat membuat kita hangat dan terhindar dari beku.

Urutan Lapisan Atmosfer

Seperti yang telah diketahui, jika atmosfer sangat berpengaruh dalam kehidupan makhluk di bumi seperti manusia. Atmosfer juga mempunyai lapisan yang berurutan.

Dikutip dari NASA atau National Aeronautics and Space Administration, bumi mempunyai atmosfer yang terdiri dari enam lapisan. Hal tersebut dibedakan atas dasar perbedaan temperatur atau suhu yang ada di atmosfer itu sendiri.

Berikut adalah lapisan-lapisan dari atmosfer:

Troposfer

Urutan lapisan atmosfer yang pertama adalah Troposfer. Lapisan ini adalah lapisan yang paling dekat dengan bumi. Ia terletak pada jarak 8 hingga 14 kilometer dari permukaan bumi.

Arti kata dari Troposfer adalah Tropos yang berarti berubah (dalam bahasa Yunani kuno). Lapisan ini dikatakan sebagai Tropos karena keadaannya yang terus bergerak atau berubah.

Angin, cuaca yang berubah-ubah, udara yang dapat dihirup makhluk hidup, serta awan berada di lapisan Troposfer ini. Bahkan, tiga perempat dari massa atmosfer berada di lapisan Troposfer ini. Jadi, keadaan yang terjadi jika semakin ke atas, maka udara atau suhu akan semakin dingin.

Baca Juga: Lapisan Atmosfer Bumi Sebagai Pelindung, Apa Saja?

Stratosfer

Lapisan setelah Troposfer adalah Stratosfer. Ia mempunyai ketinggian atau jarak dari permukaan bumi yakni 50 kilometer. Sedangkan lapisan ini mempunyai ketebalan sekitar 35 kilometer.

Pada urutan lapisan atmosfer ini masih terdapat lapisan lagi. Sementara itu, keadaan suhu di Stratosfer adalah berbanding terbalik dengan Troposfer. Udara yang ada di bawah lapisan ini adalah dingin serta semakin ke atas akan semakin panas.

Lapisan Stratosfer ini tak terdapat awan, sehingga lapisan ini kering dan tak adanya pergerakan. Inilah sebabnya jika penerbangan jet lebih menyukai lapisan ini. Pada lapisan ini terdapat lapisan ozon.

Ozon adalah senyawa yang dapat menghindarkan radiasi dari UV atau ultraviolet matahari yang sifatnya merusak. Tanpa adanya lapisan ozon, maka kita tak dapat hidup di bumi.

Mesosfer

Setelah lapisan Stratosfer, lapisan di atasnya lagi bernama lapisan Mesosfer. Berasal dari kata Meso yang artinya tengah, dan tentu karena posisinya berada di lapisan paling tengah.

Urutan lapisan atmosfer ini terletak pada ketinggian 50-85 kilometer dari permukaan bumi. Memiliki ketebalan lapisan sekitar 35 kilometer. Udara atau oksigen di lapisan ini sangat tipis.

Sehingga jika kita sampai pada lapisan ini, maka tak dapat bernafas. Sebaliknya, terdapat banyak gas selain oksigen di lapisan Mesosfer ini. Jika anda pernah melihat adanya bintang jatuh atau meteor yang terbakar ke bumi, maka lapisan inilah yang membakar benda-benda luar angkasa tersebut.

Thermosfer

Selanjutnya terdapat lapisan Thermosfer. Berasal dari kata Thermo yang artinya panas. Sehingga, dapat dikatakan jika suhu pada lapisan ini adalah panas. Suhu yang ada mencapai 1.500 derajat Celcius.

Akan tetapi, jika kita sampai pada lapisan Thermosfer ini, kita justru akan merasa kedinginan. Hal tersebut dikarenakan jika tak adanya molekul gas yang menghantarkan panas pada tubuh kita.

Sehingga, dapat dikatakan jika gelombang suara pun tak dapat didengar di urutan lapisan atmosfer ini. Lapisan ini mempunyai ketebalan sekitar 513 kilometer.

Pada lapisan inilah terdapat satelit dari berbagai negara yang dipasang. Sementara itu, juga terdapat Stasiun Luar Angkasa Internasional yang berkeliling mengitari bumi.

Baca Juga: Fenomena Atmosfer Langka yang Selalu Ramai Dibicarakan, Apa Saja?

Ionosfer

Lapisan ini cukup unik dan berbeda dengan lapisan lainnya. Hal tersebut dikarenakan jika lapisan Ionosfer adalah lapisan yang bertumpuk di Mesosfer, Thermosfer, dan juga Eksosfer.

Sedangkan, lapisan ini terdapat pergerakan dan bergejolak. Namun hal tersebut dipengaruhi dari energi yang terserap dari matahari.

Jika menilik dari namanya, Ion artinya mengandung listrik. Ion ini dihasilkan dari gas-gas yang berada di lapisan yang terpapar oleh radiasi matahari.

Eksosfer

Ini adalah lapisan paling jauh dari permukaan bumi. Lapisan ini juga paling tebal dan terletak paling luar dari bumi. Pada lapisan ini terdapat gas hidrogen dan juga helium yang berceceran dengan jarak yang lebar.

Sementara itu, pada lapisan ini suhunya sangat dingin dan tak ada udara yang dapat kita hirup. Tekanan yang ada juga merupakan paling rendah, karena urutan lapisan atmosfer ini terletak paling jauh dari permukaan bumi. (R10/HR Online)

The post Urutan Lapisan Atmosfer Dibedakan Berdasarkan Suhu dan Fungsinya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/urutan-lapisan-atmosfer-dibedakan-berdasarkan-suhu-dan-fungsinya/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.