Temukan Perangkat Saya, Solusi Pintar HP Hilang dari Aplikasi Google

Temukan Perangkat Saya

Temukan Perangkat Saya adalah salah satu layanan dari Google yang sangat membantu para pengguna internet. Layanan dari aplikasi Google ini membantu dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk permasalahan kehilangan perangkat smartphone.

Jadi, layanan ini dapat membantu pengguna dalam menemukan perangkat yang hilang dari jarak jauh, mengunci layar, dan juga memblokir akses ke beberapa fitur penting. Lebih canggih lagi, layanan dari Google ini dapat menghapus data-data yang telah tersimpan dalam perangkat yang hilang tersebut.

Terdapat beberapa cara untuk mengaktifkan dan menggunakan layanan pelacak perangkat hilang ini. Dengan menggunakan fitur ini, anda tak hanya dapat melacak perangkat yang hilang saja. Akan tetapi, dapat menghidupkan ringtone, mengunci perangkat, serta menghapus data-data yang ada dalam perangkat yang hilang tersebut.

Layanan Temukan Perangkat Saya

Perkembangan dunia digital kini semakin pesat. Smartphone sudah menjadi barang pokok dan semua orang wajib memilikinya. Kepemilikan smartphone tak hanya orang dewasa atau orang tua saja, melainkan juga kepunyaan anak kecil sekalipun.

Baca juga: Melacak HP Hilang dengan IMEI, Beginilah Caranya!

Bahkan, eksistensi dari mereka melebihi para orang tua dalam menggunakan jejaring internet. Banyak yang melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan bantuan internet. Bahkan, sekarang banyak bermunculan aplikasi yang semakin mempermudah kebutuhan pengguna.

Selain itu, pengguna dapat menjadikan smartphone sebagai asisten pribadi yang dapat menjangkau segala aspek kebutuhan. Muncul aplikasi pesan singkat yang semakin banyak dan juga berkembang.

Selain fitur Temukan Perangkat saya, terdapat berbagai developer game yang mengembangkan produknya sehingga mencuri perhatian para penggunanya. Perusahaan-perusahaan dan juga kantor seakan mewajibkan para pegawainya mengikuti perkembangan teknologi.

Menyimpan file perusahaan hingga menggunakan akun yang akan terhubung dengan sistem pekerjaan. Tentu saja akun-akun tersebut harus aman agar tak bisa bermanfaat bagi sembarang orang yang tak bertanggung jawab.

Tak ayal, fenomena ini mampu memberikan dampak yang sangat penting bagi perkembangan industri teknologi. Gadget dapat menjadikan alat yang mempermudah melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Perkembangan teknologi ini seiring dengan perkembangan yang signifikan dari perangkat. Google adalah salah satu media aplikasi layanan yang sangat lengkap. Banyak layanan yang ada dalam aplikasi ini.

Mulai dari game hingga penelusuran. Salah satu layanan terbaik yang ada pada aplikasi Google adalah layanan Temukan Perangkat Saya. Layanan ini adalah solusi terbaik untuk permasalahan perangkat seluler yang hilang.

Pelacak Perangkat Terbaik dari Google

Kejadian smartphone hilang merupakan salah satu hal yang paling membuat panik, bahkan stress. Hal tersebut bukan karena harga perangkat smartphone yang terbilang mahal, misalnya, tetapi ada faktor lainnya.

Biasanya pada perangkat atau smartphone tersebut terdapat dokumen penting. Pada umumnya jika orang tersebut atau mungkin anda kehilangan smartphone, akan membiarkan saja dan bersikap pasrah dengan keadaan atau nasib sial yang menimpa.

Baca juga: Aplikasi Bisnis Online Terbaik, Rekomendasi Bagi Pemula

Padahal, Anda bisa melacak dan mengetahui keberadaan smartphone yang hilang tersebut daripada membeli smartphone yang baru.

Cara Memakai Layanan Pelacak Perangkat

Aplikasi Temukan Perangkat Saya dan juga smartphone sudah menjadi benda yang wajib anda miliki. Apalagi untuk sekarang yang semua hal serba digital. Penyimpanan data-data penting sebagian besar ada dalam perangkat mobile tersebut.

Sehingga, hilangnya perangkat mobile, maka menjadi satu permasalahan yang besar dan kekhawatiran lain pun menghantui. Bisa saja orang yang menemukan perangkat mobile Anda ternyata orang yang tak bertanggung jawab dengan menyalahgunakan data-data milik Anda.

Data-data tersebut bisa berupa e-mail, aplikasi pesan, bahkan sampai pada aplikasi uang digital yang aktif. Sangat mengerikan jika orang yang menemukan perangkat Anda menyalahgunakannya.

Namun, tak perlu khawatir, seperti ulasan di atas, terdapat cara menemukan perangkat yang hilang. Dengan mengaktifkan layanan Temukan Perangkat Saya atau Find My Device. Layanan ini berbasis Android dan bisa berjalan dengan mudah.

Cara Mengaktifkan Layanan Pelacak Perangkat Mobile

Langkah yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi Find My Device pada Google Play Store menggunakan akun Google anda. Jika anda memiliki lebih dari satu akun, maka pastikan anda sign in dengan akun yang sama dan terdaftar pada perangkat.

Setelah anda selesai mengunduh dan sigh in, otomatis perangkat anda tersebut akan bertambah ke dalam aplikasi. Sehingga, anda dapat mengakses aplikasi tersebut dari mana pun anda berada.

Semua perangkat yang sudah terdaftar dengan akun tersebut dapat anda lacak keberadaannya. Misalkan anda hanya memiliki satu akun pada perangkat Android, maka bisa mengakses Find My Device melalui website.

Fitur Find My Device

Google menghadirkan beberapa fitur pendukung dalam aplikasi Temukan Perangkat Saya ini. Berikut adalah beberapa fitur tersebut, yakni:

Melacak Letak Perangkat

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi sebagai alat untuk melacak posisi perangkat yang hilang. Pada saat membuka situs dan aplikasinya, langkah pertama yang tampil yakni deretan dari perangkat yang telah terdaftar.

Kemudian anda dapat memilih perangkat yang akan hilang. Lalu, dengan otomatis aplikasi Find My Device ini akan menunjukkan lokasi atau posisi dari perangkat tersebut melalui Google Maps.

Meskipun telah tahu titik dari posisi perangkat yang terlacak, tak akan cukup untuk mengetahui keberadaan secara fisik perangkat anda tersebut. Dengan demikian, anda harus mengaktifkan layanan suara pada perangkat.

Baca juga: EaseUS Data Recovery Wizard Solusi Pemulihan File yang Hilang, Bisa Diunduh Gratis!

Ketika fitur suara dari Temukan Perangkat Saya tersebut aktif, maka perangkat yang akan terlacak kemudian berdering meskipun nada silent. Hal ini akan berlangsung dalam waktu lima menit.

Lalu dengan bantuan suara dering tersebut, anda akan dengan mudah menemukan perangkat anda yang hilang. Tentu saja cara ini dapat membantu anda dalam mencari perangkat yang lupa meletakkan atau terselip pada suatu tempat.

Mengamankan Data pada Perangkat

Jika langkah pertama dengan mengaktifkan layanan atau fitur suara tak membantu karena pencurian serta jauh dari lokasi anda, maka cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan mengamankan data pribadi anda.

Aplikasi Find My Device ini menawarkan kepada anda dua buah opsi, yaitu mengamankan data perangkat dan menghapus semua konten yang ada dalam perangkat. Opsi pertama dapat anda lakukan yakni mengaktifkan fitur pengaman data.

Sehingga melalui Temukan Perangkat Saya, perangkat akan terkunci serta akun Google akan otomatis sign out atau keluar. Kemudian anda dapat melacak keberadaannya.

Anda pun dapat menampilkan pesan pada nomor telepon layar pada perangkat untuk mengantisipasi jika perangkat anda hanya hilang dan ada pada orang lain. Cara ini dapat anda pakai jika orang tersebut tak mengerti cara mengembalikan dan menghubungi anda.

Opsi yang kedua yakni menghapus semua konten pada perangkat. Dengan cara ini, tidak akan ada orang lain yang dapat menyalahgunakan data pribadi Anda.

Akan tetapi, jika anda menonaktifkan semua konten pada perangkat, maka tak akan bisa terlacak lagi perangkat anda yang hilang tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Find My Device pada PC

Layanan Temukan Perangkat saya ini bisa berjalan dalam PC atau smartphone berbasis Android. Sebelum anda dapat menggunakan fitur ini, maka terdapat syarat yang harus terpenuhi agar aplikasi ini dapat bekerja dengan baik.

Salah satunya adalah perangkat dalam kondisi aktif, perangkat juga telah terhubung pada akun Google. Kemudian, perangkat telah terhubung dengan Wi-Fi atau data seluler. Selain itu, terlihat pada GooglePlay, Location Service dalam keadaan aktif, dan juga fitur aplikasi ini telah aktif.

Setelah syarat-syarat tersebut terpenuhi, maka dapat memanfaatkan aplikasi Find My Device untuk melacak perangkat yang hilang. Jika anda menggunakan aplikasi ini melalui smartphone, maka berikut adalah langkah-langkahnya.

Pertama buka aplikasi Play Store. Lalu download dan instal aplikasi tersebut. Mulai jalankan Temukan Perangkat Saya, lalu masukkan akun Google anda yang ada dalam perangkat yang hilang.

Setelah itu, Google Maps akan menampilkan keberadaan lokasi perangkat anda. Selain melalui mobile, cara melacak perangkat yang hilang juga dapat dengan PC anda.

Caranya adalah sebagai berikut. Pertama adalah membuka browser. Anda dapat menggunakan Chrome, Mozilla Firefox, atau browser lainnya. Lalu masuk ke halaman pencarian perangkat.

Selanjutnya anda perlu memasukkan akun Google yang ada dalam perangkat atau smartphone anda yang hilang tersebut. Selanjutnya dalam aplikasi Temukan Perangkat Saya, anda akan melihat tampilan maps tentang keberadaan perangkat anda yang hilang tersebut. (R10/HR-Online)  

The post Temukan Perangkat Saya, Solusi Pintar HP Hilang dari Aplikasi Google appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/temukan-perangkat-saya/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service