Tanda-Tanda Karburator Vakum Rusak, Periksa Tanpa Membongkar

Tanda - Tanda Karburator Vakum Rusak, Periksa tanpa Membongkar

Tanda-tanda karburator vakum rusak bisa dilihat tanpa harus melakukan pembongkaran. Seiring pemakaian yang terlalu lama atau bahkan karena salah dalam perawatan, karet vakum dalam karburator bisa getas dan robek.

Ada beberapa cara untuk mendeteksi kondisi karet vakum. Karburator pada motor saat ini kebanyakan memiliki model vakum yang dilengkapi dengan karet.

Karet pada karburator vacum memiliki fungsi mengangkat skep naik untuk membuka lubang venturi. Karet tersebut dapat mengangkat skep karena terdapat kevakuman pada bagian atas karbu.

Akibat udara yang mengalir terlalu kencang, membuat hal ini dapat terjadi. Pada umumnya karet pada karburator mampu bertahan hingga usia pemakaian 4 tahun. Namun, hal ini jika perawatan yang dilakukan tepat.

Baca Juga : Cara Memasang Tali Gas Motor, Lakukan dengan Langkah Berurutan

Komponen yang satu ini bisa menjadi penyebab saat motor bermasalah. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui tanda-tanda karburator vakum rusak sebelum timbul masalah.

Memperhatikan perawatan pada setiap komponen kendaraan adalah kewajiban yang harus dijalankan. Jika semua komponen kendaraan bisa terawat, maka dapat mempengaruhi kinerja dan performa motor tersebut.

Tanda-Tanda Karburator Vakum Rusak

Saat ini kebanyakan sistem pengabutan bahan bakar dengan sistem injeksi. Namun, jika motor yang dikeluarkan era terdahulu masih menggunakan karburator jenis vakum.

Jika salah dalam penanganan, mampu membuat menurunkan kinerja bahkan tidak bekerja secara maksimal. Salah satu ciri karburator vakum rusak bisa dilihat dari karet vakum.

Jika karet vakum bermasalah, maka bisa menimbulkan terjadinya kerusakan pada karburator tersebut. Tanda-tanda karburator vakum rusak yang lain bisa terlihat dari saat putaran gas terbuka motor akan menunjukkan gejala mesin yang akan mati.

Baca Juga : Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Berpengaruh pada Kinerja Mesin

Jika masalah ini anda alami, sebaiknya jangan terburu-buru untuk melakukan pembongkaran pada karbu. Anda bisa mencoba lebih dulu meniup lubang oval yang memanjang di atas lubang venturi.

Jika saat ditiup skep karbu terangkat, maka pertanda karet vakum masih dalam kondisi normal. Namun saat ditiup skep karbu tak terangkat, maka dipastikan karet vakum bermasalah.

Biasanya masalah yang bisa ditimbulkan yaitu karet robek. Jika dalam keadaan darurat karet vakum robek, maka anda masih bisa mengelemnya atau ditambal.

Cara Merawat Karburator Vakum

Karburator vakum memiliki karet yang berfungsi cukup banyak pada kendaraan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan perawatan dengan tepat agar kinerja komponen ini bisa bekerja secara maksimal.

Bagi anda yang kurang paham dengan dunia otomotif, bisa menggunakan tips merawat karburator vacum dengan tepat. Jika merawat karburator tepat, maka tanda-tanda karburator vakum rusak tidak akan anda jumpai.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Mobil Tanpa Keluar Biaya Sedikitpun

Sesuai dengan sistem kerjanya, maka karburator vakum dilengkapi dengan karet untuk buka tutup piston skep. Semakin besar isapan di ruang karet vakum, maka semakin rendah pula saat mengangkat piston skep ke atas.

Adanya alasan inilah mengapa karet piston perlu dirawat dengan baik. Pastikan ruang di dalam karbu dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran yang menimbulkan adanya kerak.

Kerak yang ada pada karburator vacum memicu gerak piston semakin lambat bahkan bisa terkunci. Biasakan mengganti filter udara sesuai dengan prosedur waktu penggantian.

Jangan biarkan filter udara terlepas karena udara yang ada belum tentu bersih dari debu. Cara merawat karburator vakum selanjutnya yaitu pada bagian karet vakum.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Injeksi Agar Performa Mesin Bekerja Maksimal

Bagian yang satu ini memiliki fungsi yang cukup penting. Anda tidak perlu mengotak-atik karet karburator jika memang tidak terpaksa harus dilepas. Apalagi karet vakum ini rentan terhadap benda tajam.

Jika tidak terjadi kevakuman yang bermasalah, disarankan jangan sering melepas karet tersebut. Jika karet vakum dicuci, justru dapat membuat karet tersebut menjadi kaku.

Kelemahan atau tanda-tanda karburator vakum rusak bergantung pada diafragma dengan batasan pemakaian. Bahan karet yang elastis berkurang seiring dengan usia penggunaan.

Jika bagian ini bermasalah seperti sobek atau melebar, biasanya harus diganti dengan yang baru. Namun, jika dilakukan perawatan secara rutin dan benar, karburator vacum bisa berfungsi dengan baik.

Sebenarnya melakukan perawatan pada karburator vakum tidak terlalu sulit. Anda harus bisa mengetahui apa saja tugas dari karburator vakum dan cara mengatasinya.

Tanda-tanda karburator vakum rusak bisa dilihat tanpa membongkarnya. Salah satu penyebabnya yaitu terjadi pada karet vakum yang ada di dalamnya. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Motor Injeksi Susah Hidup, Segera Cari Tahu Apa Penyebabnya

The post Tanda-Tanda Karburator Vakum Rusak, Periksa Tanpa Membongkar appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/tanda-tanda-karburator-vakum-rusak/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service