Seratus Penyu Dilepasliarkan di Pantai Batu Hiu Pangandaran

Seratus Penyu

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebanyak seratus penyu di Pangandaran dilepasliarkan dalam memperingati HUT ke-75 RI. Penyu tersebut berasal dari penangkaran yang berada di sekitar Pantai Batu Hiu.

Giwangsari, pengelola penangkaran, mengatakan, pihaknya sengaja melepaskan anak penyu atau tukik tersebut sebagai bentuk memeriahkan kemerdekaan.

“Ini cara kami untuk memperingati hari kemerdekaan ini. Anak penyu juga perlu merdeka,” kata Giwangsari kepada HR Online, Senin (17/8/2020) sore.

Penyu yang dilepaskan tersebut berusia rata-rata 1 bulan ini merupakan hasil dari proses penetasan telur yang didapatkan dari pantai Batu Hiu dan Batu Karas.

Tidak hanya hasil pihaknya yang mencari, akan tetapi warga sekitar juga ada yang secara sukarela memberikannya kepada kami, dan ada juga yang harus diganti ongkosnya.

Baca juga: Lagi, Penyu Ditemukan Mati di Pantai Pangandaran

Populasi Penyu Menipis

Banyaknya kura-kura laut di perairan Pangandaran yang mati akibat tersangkut jaring nelayan, dan pelestarian minim, sehingga populasinya sedikit.

Menurut Giwangsari, hewan tersebut merupakan binatang yang lemah. Bahkan, ia memprediksi yang dilepaskannya itu yang bisa sampai dewasa jumlahnya sedikit.

“Berdasarkan penelitian, hanya 1 persen saja yang bisa tumbuh sampai dewasa. Selain karena kondisinya lemah, juga karena banyak predator di lautan,” imbuhnya.

Ia berharap masyarakat Pangandaran dapat berkontribusi melestarikan hewan laut yang hampir punah ini dengan cara tidak membunuh dan menjaga telurnya.

“Kami punya mimpi penangkaran yang sudah ada ini bisa lebih banyak dan bisa mendongkrak wisata Batu Hiu,” ujarnya.

Dukungan Pemerintah

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengapresiasi langkah yang dilakukan pengelola penangkaran penyu yang ada di Batu Hiu.

Ia harap ke depan pemerintah bisa lebih maksimal lagi dalam melestarikan hewan laut ini, apalagi ini berpotensi untuk pengembangan wisata edukasi.

“Silakan para pegiat mencari referensi, bahkan kalau perlu studi banding untuk bersama melestarikan dan mengembangkan potensi yang satu ini,” singkat Jeje. (Mad/R6/HR-Online)

The post Seratus Penyu Dilepasliarkan di Pantai Batu Hiu Pangandaran appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/seratus-penyu-dilepasliarkan-di-pantai/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service