Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit pinggang sebelah kiri sering sekali terjadi. Gejala sakit pinggang semacam ini umumnya dipahami sebagai akibat pekerjaan berat atau setelah mengangkat beban. Padahal tak hanya itu saja penyebab sakit pinggang. Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit pinggang, gejala dan penyebabnya, mari simak ulasannya.

Beberapa yang sering terjadi antara lain karena otot terkilir, bergeser ataupun tertarik dan kaku. Untuk mengobati gejala ringan sakit pinggang, Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri yang banyak dijual di pasaran.

Namun yang namanya sakit jika dibiarkan terus menerus akan semakin parah. Jika anda mengalaminya dan tak sembuh setelah diobati, maka anda bisa mengunjungi dokter untuk penanganan yang serius dan tepat.

Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Gejala nyeri dan sakit pinggang terbagi dua bagian yakni sakit pinggang di bagian kiri dan sebelah kanan. Untuk penyebab sakit pinggang sebelah kiri umumnya karena adanya gangguan pada organ dan jaringan di pinggang sebelah kiri.

Pada waktu badan bertambah tua maka otot dan tulang kian berkurang kekuatannya. Hal itulah yang meningkatkan risiko terjadinya nyeri pinggang kiri yang akan dialami orang yang memasuki masa tuanya.

Baca juga: Sakit Nyeri Punggung Bawah, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lantas apakah hanya orang tua yang bisa terkena gangguan sakit pinggang? Tidak mutlak. Siapa saja bisa mengalami gangguan ini. Apalagi mereka yang sudah tua renta. Sakit pinggang ini dapat merembet pada anggota badan lainnya.

Sakit pinggang yang sudah semakin kronis dan berlangsung lama tentu saja akan mengganggu aktivitas keseharian. Tubuh terasa tidak nyaman dan jika berada dalam posisi tertentu mengalami kesakitan. Berikut ini gejala sakit pinggang sebelah kiri.

  1. Sakit nyeri dapat dirasakan pada bagian pinggang sebelah kiri. Tingkat rasa sakit semakin tinggi apabila melakukan suatu gerakan tubuh ke kiri.
  2. Rasa sakit pinggang kiri bisa merembet ke bagian kaki atau pantat. Terkadang situasi ini disertai dengan matinya rasa sampai kesemutan pada bagian kaki dan pantat.
  3. Orang yang mengidap gangguan sakit pinggang sukar sekali untuk mengambil posisi bersandar maupun membungkuk. Hal ini menandakan kondisinya yang sudah semakin kronis yang membutuhkan penanganan segera.
  4. Sakit yang dirasakan pada bagian pinggang kiri terus menyebar sampai paha dan kaki. Pada situasi ini tak jarang penderitanya mengeluhkan kesukaran dalam bergerak dan berjalan. Ini membuat kegiatan keseharian agak terganggu.
  5. Terjadinya kram pada otot-otot di bagian tulang belakang juga sering terjadi dan menandai gangguan yang satu ini.

Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Selain sakit pinggang sebelah kiri, gangguan yang serupa pada bagian kanan juga sering terjadi. Ini adalah suatu rasa nyeri yang dirasakan pada organ pinggang sebelah kanan. Rasa sakit sangat menyiksa dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Selain mengganggu kegiatan sehari-hari, nyeri pinggang bagian kanan juga membuat tidak nyaman tubuh. Sedikit melakukan pergerakan saja terasa sakit.

Baca juga: Gejala Gula Darah Tinggi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rasa nyeri ini utamanya dirasakan pada bagian samping badan, samping perut, atau tulang rusuk bawah punggung. Begitu juga saat hendak berdiri atau duduk, juga merasakan sakit yang hebat.

Setiap orang tentu saja tidak ingin mengalami sakit pinggang. Untuk menghindarkan diri terkena gejala sakit pinggang, seseorang mesti mengetahui penyebabnya sehingga dapat melakukan pencegahan.

Orang yang merasakan nyeri pinggang di sebelah kanan dapat dikarenakan beberapa faktor. Baik karena terjadinya syaraf kejepit, radang sendi atau penyempitan tulang belakang. Hal tersebut merupakan hal alami seiring usia semakin tua.

Seperti gejala sakit pinggang sebelah kiri, gangguan sisi bagian kanan umumnya juga dapat segera hilang setelah seseorang beristirahat dalam waktu lama dan menghentikan untuk membawa benda berat.

Namun Anda sebaiknya jangan menyepelekan hal-hal kecil. Begitu pula dalam dunia kesehatan, hal kecil bisa menjadi bumerang bagi kesehatan seseorang. Seperti nyeri pinggang yang terasa di bagian kanan yang jika dibiarkan bisa mengancam jiwa.

Oleh sebab itu, jika Anda menderita sakit pinggang perlu melakukan pengobatan dan penanganan secepat mungkin. Ini penting agar Anda mendapat tindakan medis yang tepat jika dirasa sudah ada gejalanya.

Pemeriksaan gejala awal perlu dilakukan sebelum terlambat. Anda bisa mendatangi dokter setempat untuk penanganan nyeri pinggang yang dirasakan.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Lantas apa saja yang menjadi penyebabnya? Gangguan pada bagian pinggang ini dapat terjadi akibat banyak faktor. Berikut ini faktor-faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami nyeri pinggang di bagian kiri.

Posisi Tidur yang Salah

Posisi tidur yang salah bisa mengakibatkan rasa sakit dan nyeri pada bagian pinggang sebelah kiri.

Mengangkat Benda Berat

Mengangkat benda dengan bobot sangat berat akan membuat otot pinggang bisa tertarik dan bergeser atau cedera. Hal ini akan menimbulkan rasa nyeri.

Otot Tegang

Otot punggung menjadi tegang bisa disebabkan oleh gerakan yang berlebihan. Misalnya saat seseorang membawa benda yang sangat berat sehingga akan melibatkan otot punggung. Urat dan otot pinggang bisa tegang karena tarikan.

Baca juga: Gejala Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Penyakit Pemicunya

Kondisi ini bisa mengakibatkan cedera atau robek. Untuk mengobati sakit pinggang karena otot yang tertarik ini bisa dilakukan dengan menjalani fisioterapi atau beristirahat sejenak.

Skiatika

Sakit pinggang sebelah kiri dapat juga karena adanya penekanan syaraf yang berada antara tungkai dan tulang belakang. Syaraf yang terjepit mengakibatkan rasa sakit pada pinggang bagian kiri.

Sedangkan tekanan syaraf pada punggung bawah dapat disebabkan oleh gerakan yang menggeser bantalan syaraf. Kondisi ini juga akan menimbulkan rasa nyeri.

Gangguan Ginjal

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri memang sangat beragam. Gejala yang ditimbulkan dapat mengganggu produktivitas kerja. Penderita akan mengalami kesulitan dalam berjalan dan berdiri.

Setiap melakukan gerakan akan terasa nyeri pada bagian pinggang kiri. Masyarakat sering menganggap karena ketuaan atau umur yang sudah tak muda lagi.

Cedera Otot

Gangguan sakit pinggang juga dapat terjadi karena benturan sehingga mengakibatkan cedera otot. Seperti terjatuh tak sengaja dari ketinggian yang membuat tulang belakang dan ototnya mengalami kerusakan. Rasa nyeri biasanya akan makin terasa setelahnya.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Apabila anda mengalami gejala-gejala seperti di atas sebaiknya tak usah khawatir dan cemas. Karena rasa sakit pinggang itu biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Namun jika rasa sakit masih Anda rasakan dalam jangka waktu agak lama segera menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika disertai gejala demam tinggi, susah buang air besar dan kecil, lumpuh, atau pincang.

Itulah informasi tentang sakit pinggang sebelah kiri atau kanan yang sering terjadi dan dialami banyak orang. Dengan mengenal gejala sakit pinggang beserta penyebabnya diharapkan kita lebih berhati-hati untuk mencegah dan mengatasinya. (R11/HR-Online)

The post Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/sakit-pinggang-sebelah-kiri-gejala-penyebab-dan-cara-mengatasinya/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service