Resepsi Pernikahan di Pangandaran Jadi Klaster Baru Covid-19

resepsi pernikahan di Pangandaran jadi klaster baru covid-19

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Resepsi pernikahan di Pangandaran jadi klaster baru penyebaran Covid-19. Sebanyak 6 orang tertular virus Corona lewat acara resepsi pernikahan di Desa/Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran tersebut.

Keenam orang tersebut, 3 orang diantaranya berasal dari Halmahera, Maluku, sedangkan 3 orang lainnya adalah warga Pangandaran.

Sang mempelai wanita dalam resepsi pernikahan di Cimerak Pangandaran tersebut termasuk ke dalam pasien positif Covid-19. Selain sang mempelai wanita, seorang anak berusia 7 tahun juga dinyatakan positif Corona.

Selanjutnya 3 orang dari Kecamatan Padaherang yang juga pengusaha burung walet juga terkonfirmasi Covid-19.

Total ada 9 orang pasien positif Covid-19 yang saat ini dirawat di RSUD Pandega. Dengan rincian, 6 orang dari klaster resepsi pernikahan di Cimerak, dan 3 orang warga Padaherang.

Dengan demikian total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Pangandaran per 20 Agustus 2020 sebanyak 43 kasus. Rinciannya 37 orang sudah dinyatakan sembuh, sementara 6 orang warga Pangandaran masih dirawat di RSUD Pandega.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Pangandaran drg. Yani Achmad Marzuki membenarkan, klaster baru Covid-19 dalam acara resepsi pernihakan di Pangandaran.

“Ya betul ada 6 orang yang dinyatakan positif Covid-19 di acara pernikahan tersebut,” ujar Yani, Kamis (20/8/2020).

Menurut Yani, seorang warga Pangandaran menikah dengan warga Halmahera Maluku. Orang tua beserta mempelai pria sebelum datang ke Pangandaran, terlebih dahulu menghadiri acara di Jakarta.

Menurut Yani, awalnya ada satu pasien berinisial S warga Halmahera Maluku mendatangi RSUD Pandega Pangandaran. Sebelumnya S sempat dirawat di Klinik SO Cimerak dengan keluhan hipertensi.

“Pasien tersebut kami lakukan swab ternyata positif Covid-19,” terangnya.

Ada 11 Orang Kontak Erat Klaster Resepsi Pernikahan di Pangandaran

Menindaklanjuti temuan tersebut, Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Pangandaran melakukan pemeriksaan terhadap kedua mempelai, termasuk juga keluarga pengantin.

Sebanyak 11 orang yang kontak erat saat resepsi pada Minggu, 16 Agustus 2020 tersebut dites swab. Hasilnya ada 6 orang yang positif Covid-19.

“Jadi sementara ini total dari klaster hajatan itu ada 6 pasien positif, terdiri dari 3 warga Halmahera dan 3 warga Pangandaran,” ungkap Yani.

Selain memeriksa kontak erat di kalangan keluarga, Satuan Tugas Covid-19 Pangandaran  juga sempat melakukan tes swab terhadap petugas medis di klinik SO. Karena sebelum dibawa ke RSUD Pandega, pasien sempat ditangani di klinik tersebut. 

“Tapi, alhamdulillah 8 petugas medis di klinik SO yang sempat menangani pasien, hasil tes swab-nya negatif,” kata Yani.

Selanjutnya, pasien yang menunjukkan gejala Covid-19 dirawat di RSUD Pandega Pangandaran, sementara mereka yang tidak menunjukkan gejala Covid-19 menjalani isolasi mandiri. 

“Tim kami sudah langsung melakukan penelitian epidemiologi. Sementara ini dugaan virus berasal dari rombongan pengantin pria,” kata Yani.

Karena klaster baru Covid-19 berasal dari acara hajatan yang melibatkan orang dalam jumlah banyak, Satuan Tugas Covid-19 akan melakukan pemeriksaan massal dan tes swab terhadap 50 orang.

“Besok akan kita lakukan tracking, sebanyak 50 orang test swab dan saat ini semuanya sudah diisolasi kerjasama dengan gugus tugas Kecamatan,” ujar Yani.

Yani mengimbau munculnya klaster baru di Pangandaran ini hendaknya disikapi masyarakat dengan lebih mematuhi protokol kesehatan. (Madlani/R7/HR-Online)

The post Resepsi Pernikahan di Pangandaran Jadi Klaster Baru Covid-19 appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/resepsi-pernikahan-di-pangandaran-jadi-klaster-baru-covid-19/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service