News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih, Sensor Warna Rusak

Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih, Sensor Warna Rusak

Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih

Penyebab layar HP berubah hitam putih pastinya perlu kita waspadai. Kondisi layar HP semacam ini, tentunya memberikan dampak merugikan bagi setiap penggunanya. 

Tak jarang, pengguna HP menemukan masalah layar yang berubah menjadi hitam putih seperti ini. Bila kita lihat secara sepintas, HP seperti mengalami kerusakan yang cukup berat.

Padahal ini hanya disebabkan karena beberapa kesalahan kecil yang sering kita abaikan. Sehingga membuat tampilan layar berubah menjadi hitam putih.

Baca juga: Solusi Layar HP Tergores yang Paling Ampuh dan Mudah Dilakukan

Bila penyebabnya cukup ringan, maka tampilan layar ini dapat berubah kembali dengan sendiri. Namun terdapat beberapa kasus, layar hitam putih tidak dapat berubah dengan sendirinya.

Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih

Tentunya sebagai pengguna HP, anda tidak mau bukan jika kerusakan layar ini terjadi? Untuk itulah, penting dalam mencari tahu dan mengetahui apa saja penyebabnya.

Dengan tindakan preventif ini, maka HP yang kita gunakan akan selalu dalam keadaan baik-baik saja. Berikut ini adalah beberapa penyebab layar HP hitam putih yang telah kami rangkumkan untuk anda.

Kesalahan di Dalam Pengaturan

Sebagai pengguna HP, seringkali kita abai dengan pengaturan yang ada di dalamnya. Karena kecerobohan ini, tanpa kita sadari dapat memberikan dampak kurang baik terhadap kondisi HP itu sendiri.

Tampilan layar ponsel yang berubah menjadi hitam putih, terkadang dapat disebabkan karena adanya kesalahan di dalam pengaturannya. Hal tersebut dapat terjadi dengan mudah, terutama ketika anda mengotak-atik pengaturan tampilan layar.

Baca juga: Layar HP Ingin Dibersihkan, Ingat! Jangan Pakai Benda dan Bahan Ini

Selain itu, juga disebabkan karena adanya aplikasi yang mempunyai kewenangan untuk mengatur tampilan HP. Tanpa kita sadari, kesalahan yang paling sering terjadi yaitu pengaturan inversi warna (vision).

Memang betul adanya, jika kita mengaktifkan pilihan ini, maka baterai HP akan menjadi semakin awet. Namun, menimbulkan efek kurang baik pada layar.

Salah satunya adalah kualitas gambar yang ditampilkan di layar menjadi menurun dan lebih buruk. Selain itu, juga tidak tajam hingga tidak memiliki warna.

Sistem Tidak Dapat Load

Penyebab layar HP berubah hitam putih lainnya yaitu karena sistem tidak dapat load. HP dengan kondisi yang baik tanpa adanya gangguan, ketika baru dinyalakan, akan merespon dengan sempurna.

Sistem akan bergerak sebagaimana mestinya dan memuat secara otomatis. Namun, terdapat beberapa kasus dimana proses pemuatan atau load tersebut gagal. Akhirnya, HP hanya akan menampilkan layar hitam putih saja.

Sensor Warna HP Rusak

Penyebab layar HP berubah hitam putih lainnya adanya kerusakan pada sensor warna HP. Untuk mengetahui penyebab satu ini, anda dapat melakukan pengecekan sendiri.

Anda dapat memasang layar yang diperkirakan rusak tadi ke HP lainnya. Setelah itu, anda dapat melihat apakah bisa menampilkan warna dengan baik atau sebaliknya.

Bila layar masih dapat menampilkan warna dengan baik, itu tandanya layar HP tersebut tidak mengalami kerusakan. Demi memperkuat bukti kerusakan ini, anda dapat mencoba memasangkan layar baru ke mesin dari HP yang bermasalah.

Pastikan untuk memperhatikan warna yang ditampilkan sudah normal atau belum. Bila layar baru yang dipasang tersebut menampilkan hasil yang sama yaitu hitam putih, anda dapat mengambil kesimpulan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur di HP yang Mudah dan Praktis

Dimana sensor warna di HP anda sudah mengalami kerusakan. Jika sudah demikian, mau tidak mau anda harus melakukan penggantian keseluruhan mesinnya. Pasalnya, bila hanya mengganti komponen sensor warnanya akan lebih sulit.

Sistem Tidak Stabil atau Crash

Penyebab layar HP berubah hitam putih juga karena adanya sistem yang tidak stabil. Ketika sistem di dalam HP tidak stabil, maka layar akan blank atau hitam putih. Gangguan semacam ini juga sering disebut sebagai crash, dimana sistem operasi berhenti berfungsi.

Layar Mengalami Kerusakan

Kerusakan yang terjadi pada layar HP umumnya dapat berdampak pada kondisi layar tersebut. Seperti halnya timbul garis-garis, tidak responsif, hitam putih, hingga mati total.

Sebenarnya jarang sekali, layar HP yang rusak kemudian berubah warna menjadi hitam putih. Namun, kerusakan semacam ini tidak menutup kemungkinan dapat terjadi.

Untuk memastikannya, anda dapat mencoba mereset seluruh data serta pengaturan HP. Bila setelah dilakukan reset layar tetap menampilkan warna hitam putih, maka sudah jelas dipastikan. Penyebab layar HP berubah hitam putih ini membuat layar rusak. (R10/HR-Online)

The post Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih, Sensor Warna Rusak appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/penyebab-layar-hp-berubah-hitam-putih/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.