News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penyebab eMMC Rusak, Ketahui Ciri-Cirinya Sebelum Terlambat

Penyebab eMMC Rusak, Ketahui Ciri-Cirinya Sebelum Terlambat

Penyebab eMMC Rusak, Ketahui Ciri - Cirinya Sebelum Terlambat

Penyebab eMMC rusak segera atasi dengan tepat. Perkembangan dunia teknologi memang tidak ada habisnya, apalagi dunia smartphone.

Apalagi dunia smartphone banyak perusahaan yang memberikan inovasi terbarunya. Baik dari segi harga termurah hingga paling mahal.

Banyak kelebihan yang dimiliki beberapa smartphone saat ini. Namun, meski memiliki fitur dan kelebihan yang cukup mumpuni, ponsel tetap bisa rusak.

Kerusakan bisa terjadi baik dari pabrik pembuatnya atau pemilik hp tersebut. Kerusakan yang terjadi bermacam-macam, mulai dari komponen hardware maupun softwarenya.

Baca Juga : Layar HP Rusak, Mulai dari Timbul Retakan Hingga Pecah

Salah satu yang bisa terjadi dan menjadi momok sebagian besar pengguna smartphone yaitu kerusakan pada eMMC. Jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan, maka anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

eMMC merupakan singkatan dari Embedded Multi Media Controller. Fungsinya sebagai IC atau otak sarana media penyimpanan smartphone Android. Sebaiknya ketahui penyebab eMMC rusak sebelum berakibat lebih buruk.

Penyebab eMMC Rusak HP Android

eMMC adalah salah satu komponen yang ada pada hp Android. Semua pemilih Android pastinya sudah mengenal komponen yang satu ini.

Sebaiknya jaga eMMC agar bisa berfungsi dengan baik. eMMC juga dapat memiliki pengaruh terhadap penyebab terjadinya kerusakan pada hp.

Kerusakan tersebut misalnya bootloop, muncul suatu notifikasi berhenti, aplikasi force close, dan masih banyak yang lainnya. Ada beberapa ciri-ciri eMMC rusak atau memiliki performa yang melemah.

Ada beberapa penyebab eMMC rusak pada hp Android. Hp dengan cas yang berlebihan akan mengakibatkan eMMC bermasalah.

Baca Juga : Cara Menguatkan Sinyal Wifi Agar Berselancar Melesat Tanpa Kendala

Jika hp terlalu lama pengecasan, justru dapat mengakibatkan sistem eMMC rusak. OS hp Android yang melakukan modif dan tidak kompatibel dengan komponen aslinya juga bisa membuat komponen ini rusak.

Saat anda mencopot baterai hp tanpa mematikannya terlebih dulu juga bisa berpengaruh pada kerusakan komponen yang satu ini. Sebaiknya saat anda ingin copot baterai hp Android, lebih baik nonaktifkan hp barulah copot baterainya.

Efek dari install ulang fimware sebenarnya boleh saja jika hp mengalami kerusakan atau error. Namun, jika anda sering gonta-ganti OS dengan melakukan install ulang, efek jangka panjangnya eMMC menjadi rusak.

Ciri-Ciri eMMC Melemah

Tidak ada salahnya mengetahui penyebab eMMC rusak agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Ada beberapa faktor yang bisa membuat komponen yang satu ini rusak, yaitu:

Gagal WIPE atau Factory Reset

Gejala awal eMMC bermasalah bisa terlihat saat anda melakukan factory reset melalui recovery menu. Saat anda melakukannya, bisa terjadi dua kemungkinan yaitu keberhasilan atau kegagalan.

Jika keberhasilan yang anda dapatkan, tetap saja tidak berhasil terformat dengan baik. Saat kondisi ini anda alami, sebaiknya segera atasi agar kerusakan tidak berkepanjangan.

Gagal Flashing

Saat eMMC mengalami penurunan performa atau melemah, ternyata bisa mempengaruhi kegagalan saat flashing. Jika hp Android yang anda miliki gagal flashing padahal sudah benar, bisa pertanda buruk. Saat gagal flashing tanpa kesalahan satu apapun, bisa menjadi ciri-ciri komponen ini rusak.

Gagal Upgrade

Dalam penyebab eMMC rusak, sebenarnya ada dua media yang terdapat pada sistem eMMC. Kedua media tersebut yaitu Nand Flash dan Controller Nand Flash.

Saat melakukan upgrade, berarti perlu menulis dan menghapus semua data yang ada pada OS. Data ini ada pada IC Flash dan terkontrol langsung ke dalam eMMC tersebut.

Baca Juga : SIM Card Tidak Terbaca, Simak Cara Mengatasinya!

Jika terjadi kerusakan pada salah satu media tersebut, maka proses penulisan ROM ke dalam Nand Flash gagal. Begitu juga sebaliknya, jika terjadi salah satu media rusak, akan memiliki pengaruh pada komponen lainnya.

Install Software Gagal

Penyebab eMMC eror juga bisa terlihat dari kegagalan saat install software. Hal ini terjadi akibat eMMC rusak atau error akibat media pada eMMC tidak dapat tertulis ulang oleh controller.

Jangan biarkan eMMC pada Android anda mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, maka anda butuh biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya agar kembali normal.

Fungsi eMMC cukup vital bagi smartphone. Oleh karena itu, ketahui penyebab eMMC rusak dan ciri-cirinya. Mengetahui penyebabnya membuat anda lebih mudah untuk mengatasinya. (R10/HR-Online)

The post Penyebab eMMC Rusak, Ketahui Ciri-Cirinya Sebelum Terlambat appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/penyebab-emmc-rusak/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.