Penelitian Jejak Kaki Dinosaurus di Pantai Penarth Kawasan Wales

Penelitian Jejak Kaki Dinosaurus

Penelitian jejak kaki dinosaurus terbaru telah terungkap. Jejak kaki ini terlihat pada kawasan Pantai Penarth Wales. Terungkapnya jejak kaki ini menjadi salah satu penemuan baru.

Para ilmuwan dari Museum Sejarah Alam yang akan meneliti temuan ini. Jejak kaki ini seperti tercetak pada sebuah batu. Letaknya tepat berada pada tepi Pantai Penarth, Vale of Glamorgan.

Para peneliti kemudian melakukan penggalian guna menganalisa lebih lanjut. Nampaknya dinosaurus ini adalah sepupu jauh dari Tyrannosaurus Rex atau T-Rex. Para peneliti memberikan konfirmasi bahwa penemuan yang satu ini sangat menarik.

Penelitian Jejak Kaki Dinosaurus Pantai Penarth Wales

Pada jejak kaki tersebut, para peneliti menduga bahwa ada jejak kaki lainnya. Tentu saja merupakan jejak kaki milik hewan prasejarah. Jika benar penemuan ini terkonfimasi, maka akan menjadi penemuan ketiga.

Melansir Wales Online UK, Kamis (27/08/2020), ahli palaentologi Cindy Howells, sebelumnya telah ada beberapa penemuan pada kawasan tersebut. Penemuan-penemuan tersebut juga menjadi salah satu warisan arkelogi daerah tersebut.

Penelitian jejak kaki dinosaurus ini memang sangat menarik. Terlebih lagi jumlahnya juga lebih banyak dan berbeda dari beberapa tahun lalu. Cindy Howells juga mengungkapkan hal yang sama tentang betapa menariknya penemuan ini.

Baca juga: Penemuan Fosil Vectaerovenator Inopinatus dari Periode Kapur

Cindy Howells meyakini bahwa apa yang ia lihat adalah jejak kaki hewan prasejarah. Tidak lain adalah dinosaurus dan hal ini harus terbukti. Ada beberapa faktor dari peneliti yang akan mempengaruhi penelitian.

Termasuk penelitian tentang asal muasal keberadaan dinosaurus pada kawasan tersebut. Beberapa faktor tersebut adalah pola langkah, wilayah geologi, keteraturan, dan yang lainnya. Salah satu hal yang pasti untuk menunjukkan keaslian jejak tersebut adalah pola.

Terkadang ada keraguan apakah ini benar-benar penelitian jejak kaki dinosaurus atau bukan. Karena jumlahnya lebih dari satu, maka bisa terlihat dari polanya. Seperti jejak kaki kanan dan kaki kiri. Setiap jejak kaki pastinya memiliki pola yang sama.

Sehingga hal tersebut dapat menjadi dasar dan bukti keaslian. Ketika dinosaurus menginjak lumpur, maka akan meninggalkan jejak. Lumpur tersebut juga akan menempel pada kaki. Sehingga cukup sulit untuk mendapatkan jejak kaki baru.

Bukti tersebut nantinya akan mengungkapkan bahwa ada kehidupan prasejarah pada Vale of Glamorgan. Tepatnya pada kawasan tebing dan sekitarnya. Ternyata ada area lain yang terkonfirmasi jejak tersebut.

Penelitian Jejak Kaki Dinosaurus yang Baru

Tahun 2014 sebenarnya para ilmuwan telah menemukan jejak kaki dinosaurus. Wales juga menjadi tempat penemuan jejak kaki tersebut. Penemuan tersebut merupakan penemuan yang pertama.

Baca juga: Penemuan Meteorit Pelangi di Kosta Rika Mengandung Karbon

Jejak kaki tersebut berasal dari kawasan Lavernock Point. Menurut ahli geologi, John Nudd, kawasan ini siap untuk penemuan yang baru. Sebab, tebing telah terkikis pada zaman Jurrassic.

Tampaknya tebing tersebut menjadi tempat terkuburnya banyak fosil. Ia juga menyebutkan bahwa beberapa potongan bebatuan tampak seperti fosil. Ahli geologi tersebut mengungkapkan bahwa suatu hari nanti akan ada penelitian jejak kaki dinosaurus yang lain.

Kawasan ini memang sangat luas dan terlihat seperti hamparan. Kawasan Wales menjadi tempat pencarian fosil. Kemungkinan besar kawasan ini dulunya adalah tempat hidup bagi dinosaurus.

Banyak Jejak Kaki Dinosaurus di Wales

Dari gambar jejak kaki tersebut terlihat bahwa jumlahnya ada banyak. Selain itu, sepertinya tempat tersebut dulunya adalah lumpur. Kemudian mengeras karena adanya evolusi, lalu jejak kaki tersebut tetap tersimpan.

Peneliti dari Natural History Museum London, Prof Paul Barrett membicarakan perihal penghargaan. Penemuan tersebut mendapatkan penghargaan dan jatuh pada Kerry Rees. Ia adalah wanita lokal dari kawasan Wales.

Baca juga: Perbedaan Monokotil dan Dikotil, Lengkap dengan Ciri dan Contohnya

Sebelumnya Kerry Rees mengambil gambar jejak kaki tersebut. Kemudian mengirimkannya kepada pihak museum. Kiriman tersebut ternyata menarik perhatian para peneliti.

Sehingga para peneliti pun terjun langsung ke daerah tersebut. Pada gambar yang terkirim ternyata terdapat serangkaian jejak melekuk. Bentuk jejak kaki tersebut adalah bundar dan dalam.

Jejak kaki ini memang sesuai dengan ciri-ciri dari kaki dinosaurus. Jarak antar kaki satu dengan lainnya terlihat teratur. Tampak kaki yang mendorong lumpur basah di pinggiran pantai.

Penelitian jejak kaki dinosaurus di kawasan Wales membutuhkan jawaban yang pasti. Pihak museum juga berharap bahwa akan ada tanda lain mengenai jejak tersebut. (R10/HR-Online)

The post Penelitian Jejak Kaki Dinosaurus di Pantai Penarth Kawasan Wales appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/penelitian-jejak-kaki-dinosaurus/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service