Pemkot Banjar Dapat Bantuan PCR Portable, Pemeriksaan Spesimen Cuma 40 Menit

Pemkot Banjar Dapat PCR Portable

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kota Banjar (Pemkot) mendapatkan bantuan satu unit alat polymerase chain reaktion (PCR) portable untuk mempercepat proses pemeriksaan sample spesimen uji usap (swab test) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Penyerahan alat berbentuk koper tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Minggu (30/8/2020) secara serentak se-Jawa Barat melalui virtual zoom.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, H Herman Umar, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. H Agus Budiana, mengatakan, dengan adanya bantuan PCR portable tersebut nantinya hasil pemeriksaan spesimen bisa diketahui lebih cepat.

Hasil pemeriksaan uji usap bisa diketahui hanya dalam waktu 40 menit dengan kuota sekali pemeriksaan sebanyak 8 sample spesimen per jamnya.

“Bantuan yang diterima hanya satu unit. Tapi dengan alat itu bisa menunjang kerja kita jadi lebih cepat,” kata dr H Agus kepada awak media, Senin (31/8/2020).

Meski demikian, kata H Agus melanjutkan, untuk operasional PCR portable ini, Pemkot Banjar belum bisa digunakan langsung saat ini. Hal itu, karena harus menunggu ada pelatihan tekhnis dan arahan dari pemerintah provinsi Jawa Barat.

“Untuk operasionalnya masih menunggu pelatihan dari provinsi. Informasinya besok hari Kamis di Pangandaran jadi satu untuk wilayah Priangan Timur,” katanya.

Selain menyampaikan bantuan alat PCR portable, ia juga mengatakan, pada hari ini Tim Gugus Tugas kembali melakukan pemeriksaan swab test kapada 24 orang santri yang pernah kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di salah satu Pondok Pesantren di Kota Banjar belum lama ini.

Pemeriksaan tersebut merupakan tracking lanjutan setelah pada hari Sabtu Tim Gugus tugas melakukan pemeriksaan swab test kapada 69 orang santri.

“Hari ini ada 24 orang santri. Jumlah seluruhnya ada 93 orang santri hasil penelusuran tim Gugus Tugas yang menjalani swab test. Untuk hasilnya masih menunggu karena baru dikirim ke Lakbesda provinsi,” katanya. (Muhlisin/R7/HR-Online) 

The post Pemkot Banjar Dapat Bantuan PCR Portable, Pemeriksaan Spesimen Cuma 40 Menit appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/pemkot-banjar-dapat-bantuan-pcr-portable/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service