Pelatihan Kerja Gelombang Terakhir di Ciamis Diikuti 144 Orang

Pelatihan Kerja Gelombang Terakhir di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- UPTD Kursus Latihan Kerja (KLK) Kabupaten Ciamis kembali mengadakan pelatihan kerja gelombang terakhir pada tahun 2020. Pelaksanaan pelatihan tersebut di aula UPTD KLK Ciamis, Jum’at (22/08/2020).

PLT KLK Kabupaten Ciamis, Adang Sobari, menerangkan, pelatihan kerja gelombang ketiga ini merupakan pelatihan terakhir pada tahun 2020, yang mana ada 9 paket pelatihan. 

“Sebanyak 144 orang yang mengikuti pelatihan pada hari ini. Ada yang mengikuti pelatihan di desa dan juga UPTD langsung,” katanya kepada HR Online. 

Adang menambahkan, untuk yang pelaksanaan di desa, nama programnya adalah Mobil Traning Unit (MTU). Program ini sebanyak 4 paket pelatihan, dan 5 paket langsung di UPTD. 

Menurutnya, pihaknya menunjuk 4 desa untuk menggelar MTU, salah satunya adalah Kecamatan Lakbok. 

Adang menyampaikan, ada beberapa materi yang wajib peserta pelatihan kerja kuasai, dan itu sebelum masuk dalam materi pembelajaran.

Materi tersebut antara lain praktisi kewirausahaan, karakter building, kedisiplinan, kesehatan keselamatan kerja (K3K) serta motivasi kerja.

“Pelatihan kerjanya beragam ada otomotif, menjahit, komputer dan pembuatan makanan dari hasil pertanian,” ungkapnya.

Walaupun pelaksanaan kegiatan tersebut masih dalam masa atau situasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), namun UPTD KLK Ciamis tetap memperhatikan protokol kesehatan. Seperti mewajibkan peserta memakai masker, face shield (tutup muka) dan handsanitizer.

“Ada batasan saat proses pembekalan materi, itu sesuai dengan penerapan protokoler kesehatan,” jelasnya.

Adang mengatakan, penyaluran para peserta tersebut ke beberapa perusahaan, biasanya setelah mengikuti pelatihan kerja. Perusahaan itu yang memang sudah bekerjasama dengan UPTD KLK.

“Namun, sekarang sedikit berkurang, sebab situasinya sedang pandemi Covid-19.” ucapnya. 

Menurutnya, hal itu bukan menjadi sebuah masalah. Sebab, gelombang sebelumnya pun sebagian para peserta membuka wirausaha sendiri.

“Setelah mengikuti pelatihan kerja, mereka mempunyai ilmu untuk berwirausaha, sesuai dengan bidang keilmuan yang mereka dapatkan,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online)

The post Pelatihan Kerja Gelombang Terakhir di Ciamis Diikuti 144 Orang appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/pelatihan-kerja-gelombang-terakhir-di-ciamis/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service