Motor Injeksi Susah Hidup, Segera Cari Tahu Apa Penyebabnya

Motor Injeksi Susah Hidup, Segera Cari Tahu Apa Penyebabnya

Motor injeksi susah hidup segera ketahui penyebabnya. Apakah anda pernah mengalami motor injeksi susah nyala padahal sedang terburu-buru? Pastinya merasa kesal bukan jika hal ini anda alami.

Padahal kondisi motor anda dalam keadaan baik-baik saja. Ada beberapa penyebab yang menimbulkan motor injeksi mati begitu saja. Hal ini kerap terjadi saat motor injeksi akan dinyalakan pada pagi hari.

Jika anda sering mengalami hal ini, sebaiknya cari tahu apa penyebab dan solusi untuk mengatasinya. Cara mengatasinya cukup mudah, namun terkadang masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Saat motor injeksi susah hidup, hal yang dialami pemilik kendaraan hanyalah kepanikan. Biasanya sebagian besar orang yang mengalaminya selalu berusaha hingga motor injeksi bisa dinyalakan.

Baca Juga : Motor Ngebul Saat Mesin Panas Karena Oli Masuk pada Ruang Bakar

Sistem injeksi itu sendiri merupakan sistem suplai bahan bakar ke mesin. Sistem ini mencampur bahan bakar dengan udara, kemudian dilanjutkan pada mesin.

Agar dapat memastikan efisiensi bahan bakar, sistem injeksi membutuhkan banyak sensor dan juga ECU (Electronik Unit Control). Dapat disimpulkan bahwa sistem injeksi memiliki peranan penting dengan mesin.

Sehingga jika motor susah dinyalakan, bisa terjadi karena sistem injeksi bermasalah. Anda bisa ketahui apa saja penyebabnya untuk mengatasi motor injeksi susah dinyalakan.

Penyebab Motor Injeksi Susah Hidup

Saat motor yang anda miliki susah hidup, hal ini membuat rasa kesal dan panik. Masih banyak orang yang belum mengetahui apa penyebab motor injeksi susah dinyalakan.

Mungkin bagi anda yang sering mengalami hal ini sudah tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebaiknya cari tahu dulu apa saja faktor yang mempengaruhi motor susah hidup, barulah anda bisa mengatasinya.

Berikut ini ada beberapa penyebab motor susah hidup. Sebaiknya jangan panik dan cek apa saja kerusakan yang dialami. Penyebab motor injeksi susah nyala tersebut diantaranya:

Tegangan Aki Lemah

Penyebab pertama yang bisa menimbulkan motor injeksi tidak hidup yaitu kondisi aki dalam keadaan lemah. Electric starter bisa menyala dengan bantuan banyak daya dari aki untuk dapat memutar dinamo starter.

Selain itu, aki juga bertugas memberikan suplai daya untuk ECU. Jika aki dalam keadaan tegangannya rendah, maka masalah semakin banyak terjadi. Saat aki dalam keadaan ini, maka tegangan ECU juga akan ikut melemah.

Baca Juga : Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Berpengaruh pada Kinerja Mesin

Apalagi jika tegangan yang diterima ECU lebih rendah dari biasanya, maka sistem bisa error. Tidak hanya itu saja, jika tegangan melemah, mengakibatkan sulit untuk distarter.

Jika anda memaksa menyalakan, maka justru aki bisa tekor dan tidak dapat memenuhi suplai kelistrikan pada starter dan ECU.

Busi Basah

Busi dalam keadaan basah juga bisa menjadi penyebab motor injeksi susah hidup. Busi bisa basah jika terkena oli mesin.

Fungsi busi pada motor yaitu menyediakan percikan-percikan api yang bertugas membakar bensin di ruang mesin. Ujung busi yang terpapar mesin juga akan menimbulkan busi terlumuri oli.

Selain itu, jika busi dalam kondisi kotor juga tidak bisa menimbulkan percikan api yang konsisten. Jika hal ini terjadi, proses menyalakan mesin pun akan terganggu.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Mobil Tanpa Keluar Biaya Sedikitpun

Solusi untuk mengatasi penyebab motor injeksi susah hidup ini cukup mudah, anda cukup membersihkan busi atau menggantinya dengan yang baru. Hal ini bertujuan agar mesin motor injeksi bisa dinyalakan kembali.

Brush Starter Aus

Saat brush starter motor injeksi sudah aus bisa diketahui dari saat menekan tombol starter suara motor terdengar melemah. Meski begitu, asalkan kondisi aki masih bagus, semua komponen kelistrikan masih dapat bekerja dengan maksimal.

Indikasi brush starter sudah aus mirip seperti gejala aki yang drop. Cara untuk menguji hal ini bisa dengan menyalakan lampu dan komponen elektronik lainnya.

Saat klakson terdengar tidak seperti biasanya dan lampu redup, bisa jadi terjadi masalah pada aki. Sebaliknya, jika sistem kelistrikan baik-baik saja, bertanda brush starterlah yang rusak.

Ada dua pilihan jika hal ini anda alami. Pertama, mengganti brush starter yang rusak atau membeli seluruh bagian starter.

Banyak penyebab yang menimbulkan motor injeksi susah hidup dan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jika anda sudah tahu penyebabnya, sebaiknya segera atasi agar motor bisa dihidupkan kembali. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Cara Merawat Motor Injeksi Agar Performa Mesin Bekerja Maksima

The post Motor Injeksi Susah Hidup, Segera Cari Tahu Apa Penyebabnya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/motor-injeksi-susah-hidup/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service