Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Backup

Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus Dengan Backup

Mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus penting dipahami. Penggunaan layanan WhatsApp kini semakin banyak peminatnya.

Lantaran layanan memberi fasilitas untuk bekerja dengan gratis dan aplikasi chat ini mudah penggunaannya, meskipun untuk orang awam sekalipun.

Selain itu, layanan media sosial ini bisa untuk saling berhubungan dengan teman yang berada jauh dengan penggunanya.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Alasan penggunaan WhatsApp mungkin adanya chatting dan media lain yang penting. Jika pesan penting tiba-tiba hilang dan susah untuk temukan, hal ini akan jadi masalah besar untuk cari jalan keluarnya.

Dengan kejadian seperti ini, ada baiknya untuk selalu lakukan aktivitas backup, baik untuk foto, chat, video, maupun dokumen lainnya. Akan sangat penting untuk pengguna jika sudah tahu tentang mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus sebelum ada backup.

Baca juga: Temukan Perangkat Saya, Solusi Pintar HP Hilang dari Aplikasi Google

Backup sangat penting untuk pengguna lakukan, hal ini bisa jadi solusi ketika masalah terjadi seperti kehilangan data penting. Hilangnya data apapun yang belum ada backup bisa menjadi ancaman untuk penggunanya.

Baik hilangnya data karena sengaja atau tidak sengaja. Untuk bisa backup, maka sebaiknya pengguna aktifkan fitur untuk backup yang ada dalam aplikasi WhatsApp.

Kali ini kami akan jembatani anda yang ingin kembalikan data yang hilang dari aplikasi WhatsApp. Beberapa cara yang bisa pengguna praktekkan seperti:

Google Drive

Apabila tiba-tiba hp rusak yang berakhir dengan install ulang aplikasi WhatsApp, maka jangan panik untuk kembali install aplikasi ini. Untuk yang pertama dipikirkan adalah bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus tersebut.

Banyak faktor yang bisa membuat chat WhatsApp terhapus, misalnya karena kerusakan hp, ganti hp baru, bahkan karena tidak sengaja terhapus.

Salah satu cara yang bisa pengguna pakai yakni dengan media Google Drive. Pertama, pengguna masuk ke layar WhatsApp, kemudian masuk ke Beranda dan pilih Agree Continue.

Baca juga: Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Berikut Ini Cara Mengatasinya

Lalu pengguna masukkan nomor telepon yang sebelumnya pengguna pakai untuk keperluan verifikasi dan pilih Next, lalu OK. Nantinya akan muncul pilihan baru, pengguna tinggal klik Continue, Restore, serta masukkan nama pengguna. Lalu Next.

Setelah lakukan berbagai langkah tersebut, pengguna bisa pakai aplikasi WhatsApp dimana dan kapan saja. Jika ingin gunakan WhatsApp yang sama ketika ganti hp, bisa pakai langkah diatas untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Via Backup Lokal

Cara paling mudah dan cepat dengan media Google Drive seperti yang sudah kami sebutkan caranya pada keterangan atas tadi. Namun ada cara kedua untuk backup melalui backup lokal.

Cara ini bisa pengguna pakai dengan transfer semua data yang ada dalam ponsel ke media lain seperti komputer. Jika tidak, maka bisa simpan pada folder yang bisa dengan mudah temukan data-data tersebut.

Dengan demikian, ponsel akan secara otomatis backup data lokal untuk 7 hari. Lalu jika untuk kembalikan chat yang sudah lama, maka lakukan-langkah berikut ini.

Pertama, download aplikasi File Manajer. Jika sudah terunduh, masuk ke dalam aplikasi tersebut. Cara ini untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Buka bagian SDCARD/ Whatsapp/ Database. Jika data tidak bisa pengguna temukan, maka data tersimpan dalam memori internal, bukan berada SDCard.

Pengguna bisa ganti nama data cadangan yang ingin pulihkan dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12. Kemungkinan besar cadangan data terjadi untuk yang berada lebih lama dengan pakai protokol lebih lama pula.

Misalnya crypt9 atau crypt10, sebaiknya pengguna tidak ubah nomor ekstensinya yang ada. Kemudian pengguna bisa install ulang aplikasi WhatsApp. Nantinya jika muncul pilihan baru, maka klik Restore untuk masuk aplikasi WhatsApp pengguna.

Backup WhatsApp dari Android ke iPhone

Apabila pengguna punya rencana untuk beralih jenis hp lain misalnya Android ke iPhone, maka bisa mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dengan cepat.

Jika sebelumnya sudah ada backup yang pengguna lakukan pada hp Android, maka hal ini tentu miliki keuntungan yang baik untuk penggunanya.

Pasalnya yang sudah terbackup ,maka akan tersimpan di Google Drive. Nantinya Google Drive akan kembalikan data yang sudah terbackup.

Sedangkan pada aplikasi Whatsapp iOS, dapat gunakan iCloud untuk keduanya. Meskipun pengguna miliki iOS Google Drive, masih tidak bisa kembalikan data. iOS hanya akan lakukan komunikasi dengan iCloud. Namun nantinya masih ada pihak ketiga yang bisa pengguna gunakan.

Cara Backup Chat WhatsApp

Sebelum ganti hp atau hilang data pentingnya, maka ada baiknya lakukan backup terlebih dahulu. Hal ini untuk antisipasi jika data hilang dan cara untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Cara mudah saja, dengan aktifkan fitur backup yang ada dalam aplikasi WhatsApp. Nantinya jika sudah aktif fitur ini, maka secara otomatis mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Hasil backup ini akan tersimpan otomatis pada memori hp untuk setiap harinya. Backup ini akan otomatis sesuai dengan pengaturan yang pengguna pakai.

Dengan backup, chattingan bisa untuk cadangan ketika chat WhatsApp terhapus, baik yang sengaja atau tidak sengaja. Sehingga penggunaan backup bisa amankan pesan dan data yang ada dalam aplikasi WhatsApp.

Pastikan untuk sudah backup sebelum hapus aplikasi ini. Nantinya ketika pengguna ganti hp baru, maka bisa langsung masuk ke dalam aplikasi WhatsApp dengan isi data dan chat yang sama.

Namun sebaiknya backup bukan hanya untuk cadangkan WhatsApp saja, bisa untuk semua data yang dalam hp dengan media Google Drive untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Kelebihan Lakukan Backup Sebelum Data Terhapus

Pentingnya lakukan backup data tidak bisa terabaikan. Meski provider yang handal, namun tidak ada salahnya berjaga-jaga jika data dan chat hilang.

Backup bukan sesuatu yang sulit untuk pengguna lakukan. Kini sudah banyak layanan backup yang secara otomatis simpan semua berkas penting.

Dengan backup data, maka pengguna bisa rasakan kelebihannya seperti backup akan permudah dalam penyimpanan data dan keamanannya terjaga.

Lalu pengguna bisa pulihkan dengan cepat jika terjadi kesalahan yang sengaja dan tidak. Nantinya dengan proses cepat dan mudah.

Sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika data atau aplikasi tertentu hilang dan terhapus sebab bisa mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus pula.

Gunakan backup untuk cadangan penyimpanan data apapun. Hal ini untuk lebih menjaga agar tidak terlalu repot jika tidak ada backup.

Kemudian dengan backup data, bisa sinkronkan data dengan cepat pula. Hal ini ketika pengguna sedang tidak berada untuk satu tempat dengan media hp yang berbeda.

Namun pengguna bisa masuk akses aplikasi dan data apapun jika sudah terjadi backup. Tentunya bisa permudah pengguna untuk akses apapun dimana dan kapan saja.

Backup juga bisa untuk lebih hemat waktu. Pasalnya, untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dan data lainnya bisa sita waktu banyak.

Dengan backup, tentu yang sudah terhapus bisa dipulihkan dengan segera tanpa butuh waktu lama. Beda halnya jika tidak ada backup, maka akan butuh waktu untuk cari dan buat yang baru.

Penyebab Gagal Backup Chat WhatsApp

Jika pengguna gagal mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dan data lain lewat Google Drive, dipastikan ada penyebabnya seperti tidak terhubung dengan akun yang pengguna gunakan.

Akun Google harus sama untuk bisa sinkronkan data yang ada, bisa juga karena tidak gunakan nomor telepon yang sama seperti backup dulu.

Baca juga: Aplikasi Bisnis Online Terbaik, Rekomendasi Bagi Pemula

Kegagalan backup bisa juga karena kartu penyimpanan rusak dan juga riwayat chat yang memang sudah rusak. Untuk yang terakhir bisa karena tidak ada data yang tersimpan dalam akun Google Drive dan backup pada memori internal telepon.

Bagi anda yang kesulitan untuk kembalikan chat yang terhapus, bisa pakai cara tersebut yang sudah ada dalam keterangan atas tadi. Nantinya bisa munculkan percakapan yang telah terhapus dengan cepat dan mudah.

Untuk itu, sangat rekomendasi lakukan backup untuk lebih mudah. Jangan sepelekan aktivitas backup data yang nantinya bisa untungkan bagi anda jika ada kesalahan, misalnya chat terhapus.

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus bisa dengan solusi diatas. Sangat mudah jika sebelumnya sudah lakukan backup data. Pastikan anda memperhatikan cara ini agar tak perlu panik ketika mengalaminya. (R10/HR-Online)

The post Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Backup appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/mengembalikan-chat-whatsapp-yang-terhapus/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064