News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Manfaat Tidur Menggunakan Guling, Tubuh Bisa Lebih Sehat

Manfaat Tidur Menggunakan Guling, Tubuh Bisa Lebih Sehat

Manfaat tidur menggunakan guling. Foto: Net/Ist.

Manfaat tidur menggunakan guling ternyata baik untuk kesehatan. Guling biasanya selalu menjadi pelengkap barang yang ada di kasur selain selimut.

Tidur sambil memeluk guling juga sangat khas bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, tak sedikit orang yang punya ketergantungan dengan keberadaan barang tersebut supaya bisa tidur nyaman.

Meskipun warga negara-negara lain tak banyak menggunakannya, namun ternyata guling memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh yang tak bisa disepelekan.

Merangkum dari berbagai sumber, seseorang yang punya kebiasaan tidurnya menggunakan guling bisa mendapatkan manfaat baik. Berikut ini ulasannya;

Baca Juga : Sederet Manfaat Tidur Memakai Kaos Kaki

10 Manfaat Tidur Menggunakan Guling

Menyangga Tubuh

Salah satu alat ortopedi yang bisa kamu gunakan sambil tidur adalah guling. Itu artinya menggunakan guling dapat membantu kamu mencegah munculnya masalah tulang dan sakit pada seluruh tubuh.

Lebih Aman dari Bantal

Terkadang seseorang akan memeluk bantal saat tidur sebagai gantinya guling. Namun, guling lebih aman dari bantal karena biasanya punya kondisi lebih keras ketimbang bantai. Jadi, menggunakan guling lebih aman saat tidur. Khususnya pada bayi maupun balita.

Menenangkan

Manfaat tidur menggunakan guling berikutnya yaitu bisa menenangkan. Bagi warga Indonesia yang tidurnya sudah terbiasa memeluk guling akan mendapatkan manfaat secara psikologisnya.

Selain itu, jika tidur memeluk guling bisa membuat pikiran dan hati seseorang jadi lebih santai dan tenang santai sebelum mereka tidur.

Baik untuk Postur Tubuh

Baca Juga : Ini Manfaat Tidur Posisi Miring ke Kiri

Jika kamu memiliki masalah pada postur tubuh, misalnya tubuh kurang baik, terutama kalau kondisinya membungkuk. Sebagai solusi tepatnya, kamu bisa mencoba dengan cara tidur memeluk guling.

Dalam hal ini, kamu hanya butuh rutin memeluk guling ketika tidur untuk memperbaiki postur tubuh. Dengan memeluk guling ketika tidur, terutama dalam posisi menyamping atau berdiri tegak bisa meluruskan kondisi punggung.

Hal inilah yang akan membuat postur tubuh kamu menjadi terasa lebih baik. Apalagi jika kamu memiliki masalah pada tulang punggung.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat tidur menggunakan guling yang selanjutnya yaitu untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dengan cara memperbaiki postur tubuh.

Kondisi tersebut muncul saat kamu tidur menyamping atau miring. Pasalnya, tidur dengan posisi badan menyamping dan meletakkan bagian ke antara kaki juga dapat melepaskan ketegangan otot.

Menenangkan Tekanan

Tidur menggunakan guling juga dapat menopang tubuh agar lebih baik. Caranya, letakkan guling pada bagian belakang leher.

Kamu dapat melakukan cara seperti ini agar tekanan otot-otot yang sudah terkumpul seharian akan kembali tenang.

Baca Juga : Inilah 5 Manfaat Tidur Telanjang bagi Kesehatan Tubuh

Membantu Sembuh dari Cedera Punggung

Manfaat tidur menggunakan guling bisa juga untuk membantu melepaskan tekanan pada bagian tulang pinggul. Cara seperti ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita masalah punggung, seperti halnya skoliosis.

Meredakan Otor Tegang

Manfaat guling juga dapat digunakan untuk meredakan otot-otot yang tegang. Cara ini bisa dilakukan ketika kamu merasa pegal, dan mengalami tegang otot di area leher serta pundak.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat tidur menggunakan guling bisa juga menjadi cara yang paling baik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, juga bisa membantu jantung agar tidak bekerja terlalu keras.

Tidur Lebih Nyenyak dan Tenang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, tidur meringkung dan memeluk bisa membuat tidur terasa lebih rileks. Karena, memeluk guling ketika tidur mampu memberi efek psikologis yang baik.

Bagi kamu yang mengalami susah tidur, atau tidurnya tidak nyenyak, bisa mencoba cara ini! Karena sejumlah manfaat tidur menggunakan guling tersebut bisa kamu peroleh ketika tidur memeluk guling. (Eva/R3/HR-Online)

The post Manfaat Tidur Menggunakan Guling, Tubuh Bisa Lebih Sehat appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/manfaat-tidur-menggunakan-guling-tubuh-bisa-lebih-sehat/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.