Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah yang Cantik Alami

Manfaat Masker Jeruk Nipis

Manfaat masker jeruk nipis untuk kulit wajah ternyata cukup banyak. Hal ini karena kandungan nutrisi jeruk nipis berkhasiat sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Karena itu masker jeruk nipis sangat baik untuk perawatan kulit tubuh.

Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia) adalah jenis tanaman yang masuk dalam keluarga Rutaceae. Buah yang dikenal dengan nama jeruk pecel ini dikenal kaya dengan kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk tubuh.

Kandungan utama jeruk nipis antara lain asam sitrat, asam amino, minyak asiri, vitamin B1 dan C, kalsium, zat besi, dan fosfor. Buah ini juga mengandung lemak baik, asam sitrun, glikosida, dan damar.

Manfaat masker jeruk nipis juga karena kandungan fitokimia dari senyawa saponin dan flavonoid buah ini. Senyawa ini berkhasiat sebagai antioksidan, anti inflamasi, dan membantu menghambat sintesis prostaglandin.

Kandungan minyak asiri atau minyak esensial dalam jeruk nipis cukup besar. Didalamnya terkandung limonen, sitral, kadinen, felandren, lemon kamfer, aktilaldehid, gerani-lasetat, nonildehid, dan linali-lasetat.

Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit Tubuh

Kandungan nutrisi jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan dan perawatan kulit wajah dan tubuh. Berikut ini berbagai manfaat masker jeruk nipis untuk kulit wajah agar selalu terlihat cantik alami.

Merapatkan Pori-pori

Kandungan astringent dalam jeruk nipis berkhasiat merapatkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak. Fitokimia ini berguna dalam menjadikan kulit terlihat lebih terang. Astringent banyak digunakan produk kecantikan untuk perawatan wajah.

Mengurangi Bakteri

Manfaat masker jeruk nipis juga baik untuk wajah berjerawat maupun bernoda. Ini karena pori-pori tersumbat minyak, sel kulit mati, dan kotoran yang menempel. Termasuk bakteri. Kondisi ini bisa memicu peradangan dan membuat wajah memerah.

Jeruk nipis memiliki sifat antibiotik alami. Hasil penelitian yang diterbitkan jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menyebutkan saat peneliti terserang bakteri, termasuk E. Coli dan Staphylococcus aureus, bisa diatasi dengan jeruk nipis.

Mengelupaskan Kulit Mati

Manfaat masker jeruk nipis lainnya adalah membantu proses pengelupasan kulit mati. Ini penting agar sel-sel yang terkelupas tidak menyumbat pori-pori sehingga bisa mencegah flare-up dari jerawat dan noda.

Khasiat zat asam dalam jeruk nipis ini dikenal dalam perawatan yang diterapkan spa. Kandungan juga berguna menambah rasa dan aroma. Selain akan membuat wajah lebih cerah dan terang juga lebih wangi.

Cara Mengambil Manfaat Masker Jeruk Nipis

Seperti buah jeruk lainnya, jeruk nipis juga bersifat fotosintesis yang akan bereaksi terhadap paparan sinar matahari. Sebelum mengambil manfaat masker jeruk nipis Anda perlu mencari tempat yang nyaman dan terhindar dari matahari.

Untuk menggunakan masker jeruk nipis, sebaiknya luangkan waktu sekitar 25 hingga 30 menit. Kemudian bersihkan make-up dari wajah dan cuci wajah sambil ditepuk lembut hingga kering.

Selanjutnya oleskan masker yang dibuat dari campuran jeruk nipis, madu, gula dan garam pada wajah dan leher secara merata. Dalam mengoleskannya sebaiknya jangan sampai terkena mata, sebab akan terasa perih.

Setelah itu pijat wajah yang telah diolesi masker dengan gerakan melingkar sekitar 3-5 menit. Setelah rata, diamkan sekitar 15-20 menit agar meresap. Proses ini akan melembabkan dan membuat kulit wajah lebih cerah.

Terakhir, bilas wajah Anda sambil menepuk hingga kering. Kulit wajah pun akan terasa lebih bersih dan lebih lembut. Untuk hasil yang optimal sebaiknya lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

Itulah informasi tentang manfaat masker jeruk nipis untuk kulit wajah cantik alami dan sehat. Masker buah ini juga baik digunakan untuk wajah berjerawat atau bernoda agar secepatnya lenyap tanpa bekas. (R11/HR-Online)

The post Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah yang Cantik Alami appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/manfaat-masker-jeruk-nipis/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service