Manfaat Mandi Air Hangat, Redakan Stres Hingga Sembuhkan Penyakit

Manfaat Mandi Air Hangat, Redakan Stres Hingga Sembuhkan Penyakit

Manfaat mandi air hangat benarkah memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh? Sebagian orang masih beranggapan bahwa mandi dengan air hangat sangat baik ketimbang menggunakan air dingin. Namun sebagian lagi masih meragukannya.

Mandi, seperti dikutip dari Wikipedia, merupakan aktivitas mencuci tubuh dengan menyiramkan air ke seluruh tubuh ataupun dengan cara merendam badan ke dalam bak mandi, kolam, sungai, atau laut.

Mandi sangat penting dilakukan manusia untuk membersihkan tubuh dari berbagai debu, kotoran, dan bau. Mandi juga berguna untuk membuang sel-sel kulit yang telah mati. Pendek kata, mandi berguna untuk menjaga kesehatan.

Kebudayaan dan kebiasaan setiap daerah atau negara tentunya juga berlainan. Termasuk perilaku saat mandi, tempat mandi, frekuensi, maupun peralatan yang digunakan. Begitu juga manfaat mandi air hangat juga relatif berlainan.

Baca juga: Obat Panas Batuk Pilek Anak Alami untuk Penanganan Darurat

Masyarakat Indonesia biasanya melakukan mandi sebanyak dua kali sehari. Yaitu pada pagi setelah bangun tidur dan sore hari setelah beraktivitas. Namun frekuensi mandi ini bisa bertambah atau berkurang tergantung kebiasaan.

Penggunaan jenis air panas atau dingin untuk mandi mendorong kebiasaan mandi dengan jenis air tertentu. Masyarakat menengah ke atas yang memiliki keran air panas dan dingin umumnya lebih sering mandi dengan air hangat.

Ragam Manfaat Mandi Air Hangat

Begitu juga kebiasaan berendam umumnya dilakukan dengan air panas atau hangat. Begitu juga tempat spa yang menggunakan uap panas untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini berbagai manfaat mandi air hangat untuk kesehatan tubuh.

Meredakan Stres

Mandi air hangat umumnya dilakukan masyarakat untuk meredakan stres. Air hangat berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga membuat tekanan bisa berkurang.

Karena itu agar hasil ini lebih efektif, mandi dengan menggunakan air hangat perlu dilakukan dengan santai yang akan lebih memberikan efek yang menenangkan. Menikmati setiap guyuran air hangat ke tubuh membuat pikiran lebih fresh.

Mengatasi Penyakit

Salah satu manfaat mandi air hangat adalah uap panasnya yang jika terhirup sangat baik untuk tubuh. Uap panas ini bisa berfungsi sebagai dekongestan. Apalagi jika air hangat ditambahkan dengan sedikit minyak esensial seperti minyak zaitun atau minyak kayu putih.

Selain akan memberikan efek relaksasi, mandi dengan campuran air hangat ini berguna juga untuk melegakan tenggorokan dan mengatasi dahak akibat flu. Air hangatnya juga berguna melancarkan aliran darah dan meredakan penyakit flu.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Untuk Anda yang sering mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia, salah satu cara yang cukup efektif untuk dilakukan adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Jika ada bath up, berendam akan lebih efektif.

Manfaat mandi air hangat akan membuat suhu tubuh ikut meningkat yang akan melancarkan aliran darah dan baik untuk tubuh. Setelah mandi, proses penurunan suhu tubuh akan membuat tubuh merasa kantuk dan ingin tidur.

Meredakan Sakit Kepala

Gangguan sakit kepala biasanya dipicu karena adanya penyempitan pembuluh darah di sekitar kepala. Mandi dengan menggunakan air hangat berguna untuk melebarkan pembuluh dan melancarkan aliran darah. Ini berguna untuk meringankan sakit kepala.

Membuat Kulit Lebih Lembap

Menggunakan air hangat untuk mandi juga berguna dalam melebarkan pori-pori tubuh. Ini akan membersihkan semua kotoran dan minyak dari tubuh dengan lebih sempurna ketimbang menggunakan air dingin. Kulit pun menjadi lebih lembap dan kencang.

Meningkatkan Mencerdaskan dan Kesehatan Syaraf

Sebuah riset juga perah dilakukan untuk melihat manfaat mandi air hangat dalam menstimulasi atau merangsang protein otak yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

Protein otak ini berkaitan dengan kecerdasan dan ketahanan sel-sel saraf. Ternyata mandi dengan air hangat mampu meningkatkan jumlah protein otak sehingga sangat baik dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan dan menjaga syaraf otak.

Membuang Racun

Mandi dengan air hangat berguna untuk melancarkan aliran darah. Namun air hangat juga membuat kita berkeringat. Proses serupa juga saat kita sedang melakukan di tempat spa.

Proses ini ternyata sangat berguna untuk meningkatkan sirkulasi sistem getah bening. Yang lebih menarik lagi, proses ini sangat penting untuk membuang racun yang terdapat di dalam tubuh.

Melancarkan Pernafasan

Manfaat mandi air hangat lainnya adalah dalam melancarkan dan melegakan pernafasan. Hal ini karena suhu air hangat yang tinggi akan membuat kapasitas paru-paru lebih meningkat. Ini juga akan meningkatkan oksigen yang dihirup.

Baik untuk Diabetes dan Kesehatan Jantung

Sejumlah riset menemukan efek air hangat untuk mandi tak ubahnya seperti kita melakukan sauna di spa. Ini berguna untuk mengendalikan gula darah yang sangat baik untuk para penderita diabetes.

Baca juga: Gejala Gula Darah Tinggi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Meningkatnya kadar oksigen dalam darah sangat penting untuk tubuh. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah risiko terjadinya serangan jantung.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat mandi air hangat juga telah terbukti dengan banyak penelitian tentang hal ini. Beberapa subyek yang diminta untuk mandi atau berendam dalam air hangat dapat membakar kalori dalam jumlah yang signifikan.

Berendam atau mandi dengan air panas sekitar 30 menit setiap hari mampu mengurangi kalori tubuh mencapai sekitar 2 kg atau 2,5 pon perbulan. Dengan melakukannya secara rutin tentunya juga akan menurunkan berat badan berlebih.

Meredakan Hipertensi

Hasil riset lainnya juga menemukan manfaat mandi dengan air hangat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Mandi dengan cara berendam maupun mengguyurkan air ke tubuh selama beberapa menit sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

Ketentuan tentang Mandi Air Hangat yang Bermanfaat

Meskipun ada begitu banyak manfaat mandi air hangat namun jika Anda melakukannya setiap hari secara terus menerus tentunya akan menimbulkan efek yang kurang baik.

Banyak ilmuwan yang juga telah melakukan riset tentang frekuensi maupun waktu terbaik untuk mandi dengan menggunakan air hangat. Termasuk berapa lama waktu mandi dilakukan.

Ada beberapa kesimpulan dari hasil riset yang perlu diketahui. Salah satunya adalah waktu mandi dengan air hangat yang sangat baik dilakukan adalah sekitar satu hingga dua jam sebelum tidur.

Selain itu waktu mandi sebaiknya jangan terlalu lama, melainkan cukup sekitar 10 menit saja. Ini merupakan langkah ideal dalam melancarkan aliran darah di dalam tubuh sehingga berguna untuk mengatasi berbagai gangguan.

Itulah berbagai keutamaan dan manfaat mandi air hangat yang sangat baik untuk kesehatan. Meskipun demikian, berendam dengan air hangat sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena ada efek sampingnya yang tidak baik untuk tubuh. (R11/HR-Online)

The post Manfaat Mandi Air Hangat, Redakan Stres Hingga Sembuhkan Penyakit appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/manfaat-mandi-air-hangat/

Tags :

bm

Jasa Whatsapp Blast

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Whatsapp Blast
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064