News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Manfaat cokelat untuk kesehatan tubuh. Foto: Ilustrasi/Net.

Manfaat cokelat untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang berupa asam oleat, flavonoid, dan kafein. Kemudian, alkaloid berupa phenethylamine dan theobromine.

Selain itu, cokelat juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, zat besi, vitamin A, dan sedikit mengandung vitamin B12.

Cokelat merupakan makanan yang banyak disukai orang di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak dan mudah didapat, setelah diolah cokelat juga memiliki beragam bentuk menarik.

Di balik kelezatannya ternyata cokelat memiliki beragam manfaat sehat bagi tubuh jika dikonsumsi secara benar. Banyak ragam jenis cokelat yang dijual di pasaran, namun tidak semua cokelat punya manfaat baik bagi kesehatan.

Seperti halnya cokelat batangan yang banyak mengandung gula. Cokelat batangan biasanya banyak campuran, dari mulai kacang sampai karamel. Sedangkan, cokelat yang memberikan manfaat sehat adalah jenis dark chocolate. Selain warnanya yang lebih gelap, dark chocolate rasanya lebih pahit.

Lantas, apa saja manfaat sehat yang bisa didapat jika mengonsumsi cokelat secara benar? Dirangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak ulasan berikut ini.

10 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh

Mengatur Kadar Kolesterol

Cokelat mengandung antioksidan polifenol berupa flavonoid. Kandungan zat tersebut dipercaya mampu membantu turunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Begitu pula sebaliknya, cokelat dapat membantu meningkatkan kolesterol jahat. Oleh sebab itulah cokelat disebut sebagai mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat cokelat untuk kesehatan berikutnya adalah bisa membantu turunkan tekanan darah. Kandungan antioksidan di dalam cokelat mampu merangsang terbentuknya senyawa nitrat oksida di dalam tubuh.

Senyawa tersebut memiliki peran sangat penting untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga, tekanan darah bakal tetap normal.

Mencegah Diabetes

Mengonsumsi cokelat juga bisa mencegah diabetes. Penyebab penyakit tersebut akibat adanya gangguan sistem kerja pada hormon insulin.

Hasil penelitian American Journal of Clinical Nutrition, mengungkap, rutin mengonsumsi dark chocolate bisa tingkatkan sensitivitas insulin. Apabila sensitivitas insulin meningkat, kadar gula darah juga menjadi normal.

Baca Juga : Manfaat Cokelat Hitam, Lebih Berkhasiat Dibanding Cokelat Biasa?

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat cokelat untuk kesehatan juga salah satunya bisa menjaga jantung agar tetap sehat. Hal itu karena cokelat mampu turunkan jumlah kolesterol jahat, dan melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

Kalau aliran darah berjalan baik dan kadar kolesterolnya normal, maka risiko terkena penyakit kardiovaskular, baik serangan jantung maupun stroke akan berkurang.

Membantu Turunkan Berat Badan

Banyak yang beranggapan bahwa cokelat menjadi salah satu penyebab berat badan naik. Padahal, jenis cokelat tertentu justru bisa membantu menurunkan berat badan.

Cokelat yang diserap tubuh dalam waktu lama akan menimbulkan efek kenyang lebih lama juga. Jika Anda saat ini tengah menjalani proses penurunan berat badan, tak perlu takut lagi untuk mengonsumsi cokelat.

Namun tentunya bukan sembarang cokelat yang bisa membantu turunkan berat badan. Anda bisa pilih cokelat yang tidak mengandung gula dan susu supaya kandungan kalori dalam cokelat tetap terjaga.

Membantu Pemulihan Otot

Manfaat cokelat untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu dapat membantu memulihkan otot secara cepat. Setelah melakukan latihan, butuh waktu untuk pemulihan otot sebelum bisa dilatih lagi.

Cokelat dipercaya mampu memulihkan otot secara cepat. Jadi cocok dikonsumsi oleh Anda yang tengah melakukan latihan secara intensif guna pembentukan tubuh.

Menjaga Saluran Pencernaan

Banyak yang beranggapan jika orang yang punya gangguan pada pencernaan, seperti asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi cokelat.

Tapi di lain sisi, cokelat memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan. Kandungan probiotik dalam cokelat dapat membantu menjaga sistem pencernaan supaya bisa bekerja dengan baik.

Melindungi Kulit

Manfaat cokelat untuk kesehatan kulit berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Senyawa ini dipercaya mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Selain itu, mengonsumsi cokelat secara benar juga bisa melancarkan peredaran darah ke kulit. Dengan begitu, kulit pun akan lebih sehat, tentunya akan tampak lebih cantik.

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini dengan cara rutin mengonsumsi cokelat karena makanan tersebut mampu menjaga kesehatan kulit.

Kandungan antioksidan di dalamnya dapat menangkal radikal bebas sebagai salah satu pemicu terjadinya penuaan dini. Jadi wajar saja kalau cokelat dipercaya bisa membuat Anda terlihat awet muda.

Memperbaiki Mood

Cokelat juga dipercaya bisa memperbaiki mood, dan hal ini pun sudah sering jadi pembahasan. Kandungan senyawa di dalam cokelat bisa meningkatkan hormon serotonin dan dopamin dalam otak.

Kedua hormon tersebut berperan untuk memberikan rasa nyaman dan senang. Jadi bukan mitos kalau cokelat itu bisa meningkatkan mood seseorang dan membuatnya lebih bahagia. Namun, efek ini bisa berbeda setiap orangnya.

Perlu diingat pula bahwa setiap mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan, tidak berarti bisa diandalkan sebagai pengobatan.

Adapun manfaat cokelat untuk kesehatan bisa digunakan sebagai pencegahan penyakit, serta menjaga kesehatan tubuh.

Jangan lupa pula selalu terapkan pola hidup sehat supaya Anda terhindar dari beragam penyakit. Jaga asupan makanan, rutin berolahraga, dan menjaga pola tidur adalah hal yang wajib dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh. (Eva/R3/HR-Online)

The post Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/manfaat-cokelat-untuk-kesehatan-tubuh-bisa-turunkan-berat-badan/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.