News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Manfaat Buah Genitri untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Hipertensi

Manfaat Buah Genitri untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Hipertensi

Manfaat buah genitri untuk kesehatan. Foto: Net/Ist.

Manfaat buah genitri untuk kesehatan bisa Anda dapatkan cukup mudah. Tanaman genitri ini mungkin masih terdengar asing bagi masyarakat Indonseia. Genitri merupakan jenis buah atau biji yang berasal dari pohon bernama genitri.

Mungkin jenis buah yang satu ini cukup asing terdengarnya karena bukan jenis buah yang biasa dikonsumsi. Buah genitri mengacu pada buah atau biji dari pohon yang memiliki nama sama, yaitu pohon genitri. Di India buah genitri ini bernama rudraksa.

Buah berbentuk bulat dengan warna coklat muda sampai coklat tua ini ukurannya bervariasi, yaitu antara 0,5 hingga 2 centimeter. Tekstur pada permukaannya seperti kayu yang telah diukir dan terlihat rapih.

Mereka yang menganut kepercayaan Hindu menganggap buah rudraksa suci dan sakral karena terbentuk dari air matanya Dewa Siwa. Sesuai namanya, Rudra yang artinya Dewa Siwa, serta Aksa yang artinya mata. Sehingga buah ini terkenal dengan sebutan rudraksa.

Pohon rudraksa banyak tumbuh di daerah India dan Asia Selatan. Namun, pohon tersebut juga banyak tumbuh di Indonesia. Bahkan, Indonesia mengklaim sebagai penghasil genitri terbesar dunia.

Baca Juga : 11 Manfaat Buah Langsat yang Ampuh untuk Kulit dan Atasi Sembelit

8 Manfaat Buah Genitri untuk Kesehatan

Buah ataupun biji genitri punya banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya ini bukan dengan cara mengonsumsi seperti buah atau biji-bijian pada umumnya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan beragam manfaat dari buah genitri untuk kesehatan tubuh;

Media Berdoa

Membuat kalung, gelang, atau tasbih menggunakan buah atau biji genitri sangatlah mudah lantaran buah ini memiliki ukuran yang kecil.

Karena stigmanya sebagai buah yang terbentuk dari tetesan air mata dewa. Maka orang sering memanfaatkannya sebagai media untuk berkomunikasi atau berdo’a kepada Sang Ilahi.

Menghilangkan Stres

Manfaat lainnya dari buah genitri adalah untuk mencegah stress dan depresi. Saat seseorang mengalami depresi dan stress, biasanya mereka akan merasa gelisah, dan susah beraktivitas dengan normal.

Buah genitri bisa membantu menghilangkan rasa tersebut jika Anda sedang stres atau depresi. Hal ini bukan mitos karena sudah teruji secara ilmiah, yang mana buah genitri punya kemampuan menginduksi listrik serta gelombang elektromagnetik.

Hal inilah yang dapat memengaruhi sistem otak pusat, dan mengatur kesehatan serta aktivitas otak. Selain itu, juga akan memberi efek rileks melalui gelombang elektromagnetik yang menghantarkannya ke otak.

Karena memiliki efek tersebut, tak heran jika biji genitri sering menjadi kerajinan kalung. Bila menggunakan kalung ini bisa berdampak pada tubuh menjadi terasa rileks. Pikiran pun terasa lebih positif, dan stres maupun depresi akan hilang atau berkurang.

Baca Juga : Manfaat Buah Salak dan Bijinya Ampuh Atasi Diare Hingga Cegah Diabetes

Meredam dan Menurunkan Hipertensi

Manfaat buah genitri berikutnya yaitu untuk meredakan sekaligus menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan khasiatnya dengan cara meminum air rendaman biji genitri.

Caranya, ambil segenggam buah atau biji genitri, kemudian rendam dengan air selama satu malam. Setelah itu, pada pagi harinya saat perut masih kosong minumlah air hasil rendaman tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mengalungkan biji buah genitri guna meredam tekanan darah tinggi. Karena buah genitri bermanfaat untuk menurunkan hipertensi.

Anti Peradangan

Manfaat buah genitri yang selanjutnya yaitu untuk mencegah serta mengurangi peradangan, baik luar maupun peradangan dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup gunakan larutan buah genitri. Larutan ini mampu mengobati peradangan dan anti pembengkakan.

Penyerap dan Penghisap Polutan

Kondisi lingkungan kian memburuk sehingga kondisi polutan di udara ikut memburuk. Beragam jenis polutan seperti Nitrogen Oksida, Sulfur Oksida, dan Karbon Monoksida akan terserap dan tersimpan dalam biji genitri.

Dengan begitu, secara tidak langsung polutan yang mendekat ke tubuh kita bakal berkurang, lantaran sebagian polutan sudah berhasil terserap dan terhisap biji genitri ini.

Meningkatkan Kinerja Jantung

Manfaat buah genitri berikutnya adalah untuk menigkatkan kinerja jantung. Karena, buah genitri mampu memberikan sinyal elektromagnetik positif pada organ dalam tubuh.

Melalui kalung, gelang, atau aksesoris lainnya yang terbuat dari biji genitri ini dapat mengoptimalkan sekaligus meningkatkan kinerja jantung. Jika kinerja jantung Anda masih optimal, maka Anda bakal merasa lebih bugar dan sehat.

Selain itu, imun tubuh juga akan terjaga, memperkecil risiko terserang jantung coroner, dan mencegah stroke. Sehingga, Anda akan selalu fit saat beraktivitas.

Baca Juga : Manfaat Buah Kedondong untuk Diet, Jantung Hingga Kontrol Kolesterol

Sebagai Aksesoris

Manfaat lainnya biji genitri yaitu sebagai aksesoris, baik kalung, gelang, dan manik-manik. Aksesoris yang terbuat dari biji genitri ini memiliki kualitas sangat baik.

Hal itu karena sifat biji atau buah genitri sangat keras, sehingga akan kuat dan tahan lama ketka menjadi aksesoris tubuh.

Sebagai Benda Kolekasi dan Investasi

Manfaat buah genitri bisa Anda gunakan juga sebagai investasi. Karena kualitas bijinya sangat baik, maka Anda bisa memulai untuk berbisnis genitri.

Semakin kecil, semakin rumit motif yang terdapat pada biji genitri maka harganya pun akan semakin mahal. Apalagi kalau Anda tunjukkan kepada kolektor benda seni. (Eva/R3/HR-Online)

The post Manfaat Buah Genitri untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Hipertensi appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/manfaat-buah-genitri-untuk-kesehatan-bisa-turunkan-hipertensi/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.