Layar HP Rusak, Mulai dari Timbul Retakan Hingga Pecah

Layar HP Rusak

Layar HP rusak merupakan gangguan yang bisa saja kita alami kapan saja. Kondisi layar yang rusak pastinya membawa dampak kerugian bagi setiap pemiliknya.

Kerusakan pada layar ini biasanya disebabkan karena kelalaian maupun kecerobohan sang pemilik. Oleh karena itulah, jika anda tak ingin mengalaminya, ada baiknya untuk selalu waspada dan cermat saat menggunakan HP.

Sebenarnya, layar merupakan salah satu komponen yang mudah rusak. Apalagi saat ini, kebanyakan HP yang telah beredar memiliki tipe layar sentuh.

Sehingga memiliki potensi yang tinggi untuk mengalami kerusakan. Bagi anda yang menggunakan HP layar sentuh, tentu saja harus memperhatikan hal tersebut.

Berbagai Jenis Layar HP Rusak

Tidak hanya baterai saja yang menjadi bagian terpenting dari HP, layar pun juga tak kalah penting. Tanpa adanya layar, tentunya HP tersebut sudah dapat kita pastikan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Ketika kita menggunakan HP, layar merupakan bagian yang paling sering kita sentuh. Maka tak heran jika memiliki risiko kerusakan yang lebih besar.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jamur di HP yang Mudah dan Praktis

Selain itu, terdapat beragam kerusakan layar yang sering terjadi. Demi meningkatkan kewaspadaan kita, berikut ini adalah berbagai macam kerusakan layar beserta penyebabnya.

Layar HP Retak

Layar HP rusak, salah satunya adalah terjadi keretakan yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Bentuk retaknya pun juga beragam, ada yang retaknya dapat terlihat seperti goresan kasar dan sangat jelas terlihat.

Bisa juga hanya retakan karena goresan halus yang ketika disentuh kita tidak terasa apapun. Pada dasarnya, terdapat banyak faktor yang menyebabkan layar HP retak. Untuk itulah, anda harus berhati-hati.

Baca Juga : Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih, Sensor Warna Rusak

Diantaranya seperti tertimpa sesuatu yang berat, mengalami benturan, mendapatkan tekanan terlalu kuat, terjatuh, atau penyebab lainnya. Jangan khawatir, meskipun layar HP retak, kebanyakan HP masih dapat digunakan tanpa adanya masalah.

Bahkan bila anda ingin menjual HP tersebut, masih laku tetapi harganya cenderung akan menurun. Namun, jika bagi anda tampilan HP adalah segalanya, maka layar yang retak ini tentu saja menjadi masalah. Bila anda tidak ingin menjualnya, satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti layar dengan yang baru.

Sensitivitas Layar Sentuh yang Mulai Berkurang

Layar HP rusak selanjutnya, karena tingkat sensitivitas layar sentuh yang sudah mulai berkurang. Kondisi layar HP semacam ini tentu saja akan merugikan pemiliknya.

Sebab, sensitivitas layar sentuh yang mulai berkurang dapat memperlama saat beraktivitas, terutama jika digunakan untuk mengetik. Sebenarnya, kondisi layar semacam ini dapat diperbaiki dengan melakukan kalibrasi touchscreen.

Baca Juga : Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Berikut Ini Cara Mengatasinya

Anda pun dapat menggunakan cara yang lain yaitu dengan mengistirahatkan HP sejenak. Pasalnya, penurunan sensitivitas ini dapat juga disebabkan oleh aktivitas HP yang berlebihan.

Bila anda merasa pengguna HP yang belum bisa membatasi penggunaannya yang tepat, ada baiknya mulai saat ini sudah dibiasakan. Tentu saja bertujuan untuk mengatasi kerusakan layar HP semacam ini.

Layar Bur-in

Layar HP mengalami bur-in, sudah dapat dipastikan bila layar HP rusak. Layar bur-in merupakan kerusakan yang paling umum kita temui, terutama ketika beberapa tahun setelah keluaran HP-HP terbaru.

Ini karena layar bur-in banyak terjadi pada HP dengan tipe layar AMOLED maupun IPS. Burn-in sendiri dipicu oleh masalah komponen, yang mana masalah ini berasal dari pabrik.

Sehingga dapat dipastikan jika bukan kesalahan dari penggunanya. Bila layar anda mulai burn-in untuk penanganan paling tepat, silahkan service HP tersebut.

Layar HP Pecah

Di awal kita sudah membahas layar HP rusak karena adanya retakan, kali ini kerusakan yang dapat terjadi bisa lebih parah, yaitu layar pecah. Layar yang pecah terkadang membuat HP tidak dapat terlihat tampilan layarnya.

Baca Juga : Melacak HP Hilang dengan IMEI, Beginilah Caranya!

Bila sudah demikian, tentu saja tidak dapat digunakan seperti semula. Seperti halnya layar HP retak, kondisi pecah yang dialami juga ada yang halus maupun kasar.

Jika pecah halus, maka ketika disentuh tidak akan terasa. Akan tetapi jika pecah kasar, akan sangat terasa pecahan layar tersebut.

Layar pecah ini umumnya disebabkan karena HP tidak sengaja jatuh, kemudian terkena benturan di bagian layar. Untuk memperbaiki layar HP rusak ini, anda juga harus menggantinya dengan yang baru. (R10/HR-Online)

The post Layar HP Rusak, Mulai dari Timbul Retakan Hingga Pecah appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/layar-hp-rusak/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service