News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Langkah Mudah Usaha Ternak Belut yang Dijamin Menguntungkan

Langkah Mudah Usaha Ternak Belut yang Dijamin Menguntungkan

Langkah Mudah Usaha Ternak Belut yang Dijamin Menguntungkan

Usaha ternak belut belakangan ini banyak dijalankan orang karena potensi keuntungannya yang menggiurkan. Namun bagaimana sih langkah mudah dalam berternak belut yang bisa dijamin menguntungkan? Mari simak ulasannya.

Belut, seperti dikutip dari Wikipedia, merupakan jenis ikan dengan bentuk seperti ular yang tergolong dalam suku Synbranchidae. Keluarga hewan ini diketahui ada empat genera yang berjumlah 20 jenis.

Bentuk belut juga mirip ikan sidat yang sering membuat orang salah membedakannya. Ciri khas belut antara lain tidak bersisik, tidak memiliki sirip, tidak bertulang rusuk, dan bukaan insang kecil yang bisa bernafas di udara.

Baca juga: Usaha Ternak Cacing, Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Omset 300 Juta Per Bulan

Popularitas belut meningkat setelah banyak penghobi dan pengusaha makanan memanfaatkan hewan mirip ular ini sebagai bahan bakunya. Tingginya kebutuhan pasar mendorong banyak orang menjalankan usaha ternak belut.

Saat ini sudah banyak hasil olahan makanan yang dibuat dari belut. Seperti camilan keripik belut, peyek belut, hingga makanan ringan dari belut lainnya. Belut juga enak diolah menjadi masakan seperti banyak disajikan di rumah makan.

Tahapan Penting dalam Usaha Ternak Belut

Belut yang banyak dibudidayakan saat ini adalah jenis belut sawah. Selain ditangkap langsung, hewan ini juga sudah mulai banyak dibudidayakan. Media lumpur merupakan pilihan yang tepat agar sesuai dengan habitat aslinya.

Bagi Anda yang ingin mencoba berternak belut sebaiknya mengenal cara budidayanya yang benar. Karena belut berbeda dengan jenis ikan air tawar lainnya. Berikut ini beberapa langkah penting usaha ternak belut yang sebaiknya Anda tahu.

Persiapkan Kolam Belut

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika ingin melakukan bisnis budidaya belut adalah mempersiapkan kolamnya. Anda bisa memilih dan menggunakan bentuk kolam permanen ataupun semi permanen.

Baca juga: Potensi Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan

Kolam jenis permanen yang sering digunakan antara lain kolam tanah, tembok, maupun di areal sawah. Sedangkan untuk media kolam semi permanen biasanya akan menggunakan kolam terpal, jaring dan juga kontainer plastik.

Memilih Bibit Belut Unggulan

Agar usaha ternak belut dapat memberikan hasil panen yang optimal, sebaiknya pilih dan gunakan bibit belut unggul. Benih ini bisa didapatkan melalui hasil tangkapan maupun budidaya.

Memang ada kelebihan kedua jenis bibit belut ini. Kelebihan bibit hasil tangkapan umumnya memiliki rasa yang lebih gurih sehingga harga jualnya lebih tinggi. Sedangkan bibit hasil budidaya lebih mudah diperoleh dan lebih seragam.

Penebaran Bibit Belut

Untuk penebaran benih untuk usaha ternak belut, sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore. Hal ini penting agar belut tidak mengalami stres. Untuk bibit dari tangkapan, sebaiknya dikarantina terlebih dahulu 1 hingga 2 hari.

Mengontrol Media Kolam

Setelah benih belut ditebar, selalu kontrol media kolamnya. Sirkulasi air di dalam kolam diatur agar jangan terlalu deras. Begitu juga kedalaman air juga perlu diatur karena akan berpengaruh terhadap postur tubuh belut.

Pemberian Pakan

Agar usaha ternak belut bisa optimal, Anda juga perlu menjaga pemberian pakan belut secara teratur dan tidak boleh terlambat. Perlu diketahui bahwa belut merupakan jenis hewan yang rakus sehingga pakan sangat penting.

Baca juga: Ini Strategi Disnak Bangkitkan Usaha Ternak Ayam Sentul di Ciamis

Jika Anda terlambat dalam memberikan makan, maka dapat membuat belut saling memangsa yang bisa berakibat fatal. Pakan belut juga perlu diberikan dalam takaran yang bisa disesuaikan dengan berat populasi belut tersebut.

Itulah sejumlah informasi penting dalam memelihara dan budidaya belut. Dengan mengenal dan memperhatikan setiap tahapannya, diharapkan usaha ternak belut akan memberikan hasil panen yang optimal dan menguntungkan. (R11/HR-Online)

The post Langkah Mudah Usaha Ternak Belut yang Dijamin Menguntungkan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/langkah-mudah-usaha-ternak-belut/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.