Lampu Kabut Mobil Membantu Visibilitas Saat Berkendara Lebih Baik

Lampu Kabut Mobil Membantu Visibilitas saat Berkendara Lebih Baik

Lampu kabut mobil biasa disebut juga dengan foglamp. Lampu merupakan komponen penting yang ada pada setiap kendaraan.

Selain untuk menerangi di saat berkendara malam, juga mampu memberikan penerangan saat cuaca buruk. Pada kendaraan roda empat sering diketahui jika terdapat lampu kabut yang membantu keselamatan saat berkendara.

Saat ini lampu kabut sudah menjadi komponen lengkap yang dipasang oleh setiap pabrik. Lampu jenis yang satu ini membantu pengendara meningkatkan penglihatan saat berada di jalan yang berkabut.

Selain itu, foglamp juga bisa membantu memberikan visibilitas saat sedang berkendara dalam keadaan hujan lebat. Hampir semua kendaraan kini sudah dilengkapi lampu kabut dari pabrikan.

Selain untuk menambah fitur kendaraan, lampu kabut juga mampu menarik minat konsumen. Lampu kabut mobil banyak fungsinya sehingga dapat membantu penglihatan anda semakin jelas.

Lampu pada mobil memang bervariasi semua tergantung dari pemilik kendaraan tersebut. Jika anda masih merasa kurang puas dengan jenis lampu yang ada pada bawaan pabrik, bisa menggantinya.

Jika tidak, anda justru dapat memodifikasi atau menambahkan lampu jenis lainnya. Tidak semua orang tahu akan dunia otomotif.

Baca Juga : Lampu Mobil Mati Sebelah, Jangan Panik Segera Periksa Kerusakan

Sehingga masih banyak juga yang memilih menikmati komponen mobil yang ada pada kendaraan dari pabrik. Salah satu komponen yang penting yaitu lampu.

Jadi, tidak ada salahnya jika anda memilih kendaraan dengan tambahan fitur lampu kabut. Sebab fungsi lampu kabut cukup mempengaruhi pandangan saat cuaca sedang buruk.

Fungsi Lampu Kabut Mobil

Sama seperti lampu pada umumnya, fungsi foglamp juga membantu visibilitas pengemudi saat berada di jalan. Namun, foglamp memiliki fungsi yang lebih spesifik.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Mobil Tanpa Keluar Biaya Sedikitpun 

Fungsinya yaitu mampu membantu penglihatan pengendara mobil saat berada di jalan berkabut. Selain itu, saat kondisi cuaca sedang hujan lebat, lampu kabut juga mampu membantu penglihatan lebih jelas.

Sebab kabut dan hujan lebat akan mengurangi visibilitas saat sedang berkendara. Oleh karena itu, sebaiknya nyalakan lampu kabut untuk memperoleh visibilitas yang lebih baik.

Selain itu, lampu kabut juga bisa bermanfaat saat anda berkendara di malam hari. Cukup banyak bukan fungsi lampu kabut mobil bagi pengendara?

2 Jenis Lampu Kabut Mobil

Foglamp pada mobil terdiri dari dua jenis yaitu font foglamp dan rear foglamp. Pada umumnya lampu ini terpasang pada sisi kanan dan kiri bumper. Sementara posisi rear foglamp menyatu bersama lampu belakang.

Lampu kabut dirancang khusus untuk mengimbangi kemampuan headlamp saat kondisi jarak pandang terbatas. Namun, masih banyak orang beranggapan jika lampu kabut ini hanyalah sebagai aksesoris tambahan.

Padahal jika dilihat dari fungsinya, lampu kabut justru dapat membantu memberikan keselamatan pengemudi dan pengendara lain. Lampu kabut diletakkan dibawah karena fungsinya untuk mencari jejak kendaraan di depan saat jalan berkabut.

Sehingga lampu akan menyinari pembatas jalan saat berkabut atau hujan. Pada kendaraan yang belum memiliki fitur lampu kabut sudah tersedia dudukannya.

Baca Juga : Cara Parkir Paralel Mobil Matic dengan Fitur Shift Lock

Biasanya terdapat dudukan foglamp di bumper untuk lampu kabut aftermarket. Sebaiknya bawa pada bengkel mobil resmi jika ingin melakukan pemasangan lampu pada mobil anda.

Hal ini bertujuan untuk menghindari pemasangan rangkaian kelistrikan lampu yang tak standar. Sebaiknya pemasangan lampu kabut dipasang saat masa garansi habis.

Sebab, jika tidak, justru menggugurkan garansi mobil itu sendiri. Memasang lampu kabut mobil setelah garansi habis adalah pilihan yang tepat.

Cara Pasang Lampu Kabut

Fungsi lampu kabut mampu mempengaruhi kinerja jarak pandang pengemudi saat berada di jalan yang berkabut atau hujan lebat. Cara pasang lampu ini pun cukup mudah.

Anda bisa pasang sendiri tanpa harus pergi ke bengkel resmi. Jika anda ingin melakukan pemasangan, sebaiknya gunakan yang standar.

Baca Juga : Kaca Mobil Belang, Bisa Dikarenakan Jamur yang Menempel

Jika anda ingin melakukan pasang foglamp modifikasi bergaya rally, sebaiknya bawa pada bengkel resmi. Beli lampu kabut lengkap sehingga mudah untuk memasangnya.

Cara pasang lampu kabut adalah parkirkan mobil jangan lupa gunakan rem parkir, buka klip bumper yang bisa dijangkau. Cari dudukan yang akan dipasang.

Lepas klip penutup dudukan untuk pemasangan lampu dan kencangkan dengan baut. Pasang kabel dan lampu sesuaikan dengan urutan kabel dan pasang dengan rapi. Maka lampu kabut mobil anda bisa dinyalakan. (R10/HR-Online)

The post Lampu Kabut Mobil Membantu Visibilitas Saat Berkendara Lebih Baik appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/lampu-kabut-mobil-membantu-visibilitas/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service