Kemah Kemerdekaan di Puncak Panyuguhan Pispun Situmandala Ciamis

Kemah Kemerdekaan di Puncak Panyuguhan Pispun Situmandala Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Pemuda di Desa Situmandala, kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, menggelar acara kemah kemerdekaan, di puncak Panyuguhan Pispun, Minggu (16/8/2020).

Kemah tersebut digelat dalam rangka menyambut Hari Ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75.

Kemah yang dilakukan tepat pada malam 17 Agustus atau hari kemerdekaan ini, juga diisi dengan diskusi wisata serta hiburan lainnya.

Tak ketinggalan api unggun mewarnai acara kemah kemerdekaan tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Karang Taruna Desa Situmandala, Dian Diarto, mengatakan, kegiatan kemah atau kemping tersebut dilakukan sebagai refleksi hari kemerdekaan RI ke 75.

Kata dia, sesuai dengan moto pariwisata Ciamis yakni “pelesir mikir jeung dikir”, para pemuda yang mengikuti kegiatan kemah tak hanya sekedar bermalam di alam terbuka saja.

“Kita tak hanya mendirikan tenda dan menginap, tapi kita juga berpikir dan berdiskusi untuk memajukan wisata desa,” ujar Dian.

Kegiatan kemah di alam terbuka ini lanjut Dian, bukan semata-mata ingin mengenalkan Desa Situmandala yang memiliki puncak untuk dijadikan tempat kemping.

“Namun, kemah kali ini kita juga berdiskusi untuk memajukan wisata desa yangmana nantinya juga akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Kegiatan kemah kemerdekaan kali ini tambah Dian, mengambil tema “ku wisata boga carita”.

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu makna merdeka itu ialah bersatu. Akan tetapi makna bersatu in harus diartikan untuk segala hal.

“Sebab itu kami mengadakan kemah kemerdekaan di puncak Panyuguhan Pispun Desa Situmandala ini sebagai wahana untuk menyatukan pikiran guna perkembangan wisata Desa Situmandala khususnya puncak Panyuguhan Pispun,” jelasnya.

Berharap Jadi Destinasi Wisata

Sementara itu Ketua Pokdarwis Panyuguhan Pispun Desa Situmandala , Rasdianto menyebut, kemah ini merupakan momentum bagi para pemuda untuk mendiskusikan bagaimana memajukan pariwisata di Desa Situmandala.

Kata dia, semenjak 6 bulan kebelakang, para pemuda dan masyarakat disana bergotong royong menata alam Desa Situmnadala agar bisa menjadi destinasi wisata.

“Alhamduliah berkat kerjasama dan gotong royong, puncak Panyuguhan Pispun bisa dijadikan tempat kemah kemerdekan,” katanya.

Menurutnya, puncak Panyuguhan Pispun mesti dijadikan tempat wisata baru di kabupaten Ciamis.

Pasalnya, puncak panyuguhan pispun menawarkan keindahan alam di atas puncak gunung dan juga sunrise dan sunset di pagi dan sore hari.

“Ditambah lagi city light ketika malam hari akan menjadi kesan tersendiri bagi para pengunjung apalagi yang sekarang akan berkemah,” pungkasnya. (Heri/R8/HR Online)

The post Kemah Kemerdekaan di Puncak Panyuguhan Pispun Situmandala Ciamis appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/kemah-kemerdekaan-di-puncak-panyuguhan-pispun-situmandala-ciamis/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service