Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka 15 Agustus, Simak Triknya Biar Lolos!

Kartu Prakerja Gelombang 5

Kartu Prakerja gelombang 5 akhirnya bakal dibuka pemerintah Sabtu, 15 Agustus 2020, tepat pukul 12.00 WIB. Bagi Anda yang pernah gagal mendaftar jadi peserta Kartu Prakerja, bisa kembali mencoba daftar kembali. Namun agar lolos ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Sebelumnya program kartu Prakerja gelombang 4 telah resmi dibuka pada 8 Agustus dan ditutup pada 12 Agustus 2020. Bagi peserta yang tidak lolos saat daftar program Kartu Prakerja gelombang 4 bisa kembali mendaftarkan diri.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Pra Kerja Secara Online

Louisa Tuhatu yang menjabat sebagai Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, mengatakan, gelombang 5 program kartu Prakerja akan dibuka Sabtu, 15 Agustus 2020, tepat pukul 12.00 WIB.

“Mereka yang sebelumnya belum menjadi peserta Kartu Prakerja bisa mendaftar pada gelombang 5 ini,” ungkap Louisa.

Pada gelombang 4, Louisa menuturkan, jumlah pendaftar kartu Prakerja mencapai 1,2 juta orang. Semua berasal dari provinsi yang ada di Indonesia. “Termasuk yang diusulkan juga dari Kemenaker/BPJS-TK,” katanya.

Trik Lolos Kartu Prakerja Gelombang 5

Jika Anda sudah berkali-kali daftar program kartu Prakerja tapi tidak juga lolos, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Anda harus lolos verifikasi data, mulai verifikasi email sampai nomor handphone. Karena itu pastikan email dan nomor handphone Anda masih aktif.

Selanjutnya Anda juga harus lolos verifikasi data. Ketika mendaftar kartu Prakerja, pastikan Anda mengisi data dengan benar. Mulai dari nama lengkap, NIK, usia, sampai data pendidikan. Data pribadi yang Anda isi harus sesuai dengan KTP Anda.

Anda juga akan diminta untuk foto selfie bersama KTP. Pastikan bagian muka menghadap kamera dengan lurus.

Kecerahan foto juga perlu diatur agar hasil foto selfie Anda untuk daftar kartu Prakerja gelombang 5 terlihat cerah, tidak gelap namun juga tidak terlalu terang.

Begitu juga usahakan agar pencahayaan foto tidak terlihat ada bayangan pada latar belakang foto selfie yang Anda buat.

Jika Anda memakai kacamata, sebaiknya buka dulu kacamata Anda saat foto selfie. Begitu juga tidak disarankan memakai topi maupun penutup kepala ketika sedang foto selfie. Kecuali Anda perempuan yang memakai hijab.

Selanjutnya pastikan bagian wajah Anda tidak tertutup rambut. Begitu juga Anda tak perlu memakai masker ataupun penutup wajah lainnya saat foto selfie. Hal ini agar wajah Anda terlihat jelas.

Foto selfie yang Anda ambil juga pastikan dalam posisi portrait dan bukan landscape. Latar belakang foto juga harus polos.

Tips selanjutnya agar lolos saat mendaftar kartu Prakerja gelombang 5, pastikan kuota gelombang masih ada. Jika Anda telat mendaftar, Anda bisa saja tidak lolos sebagai peserta kartu Prakerja, lantaran kuotanya penuh.

Cara Daftar Prakerja Biar Lolos

Jika Anda sudah pernah mendaftar kartu Prakerja pada gelombang, 1, 2, 3, dan 4, namun tidak juga lolos. Maka Anda sudah bisa langsung ke akun Prakerja yang sudah Anda bikin dalam laman akun www.prakerja.go.id.

Namun, bila Anda baru pertama kali mendaftar, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Anda hanya perlu mengakses situs resmi Prakerja www.prakerja.go.id.

Klik ‘daftar sekarang’ lalu masukkan nama lengkap, email (pastikan email masih aktif), dan kata sandi. Selanjutnya Anda akan menerima email konfirmasi. Segera cek email Anda, jika ada pemberitahuan dari kartu Prakerja tinggal ikuti petunjuk untuk mengonfirmasi akun.

Lalu kembali lagi ke situs Prakerja, selanjutnya login dengan cara masukkan kembali email dan kata sandi Anda. Selanjutnya tinggal isi data pribadi seperti yang diminta di situs Prakerja.

Jika Anda sudah pada tahaf foto selfie, pastikan tips di atas untuk pengambilan foto selfie dilaksanakan dengan betul agar lolos kartu Prakerja gelombang 5.

Insentif Kartu Prakerja

Bagi Anda yang sudah mendaftar Kartu Prakerja dan lolos sebagai peserta, Anda akan menerima insentif kartu Prakerja total Rp 3,55 juta.

Rinciannya, Rp 1 juta untuk membeli pelatihan yang ditawarkan sejumlah vendor, seperti Ruangguru, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Jika Anda sudah menyelesaikan pelatihan, pastikan Anda mendapatkan sertifikat dan mengisi surveinya. Karena setelah selesai pelatihan, Anda akan menerima insentif total 2,4 juta yang akan diberikan per bulan, Rp 600 ribu.

Baca Juga: Cara Mencairkan Insentif Prakerja Tahap Kedua Melalui BNI dan LinkAja

Selanjutnya, Anda juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 150 ribu. Insentif tersebut diberikan untuk survey sebanyak 3 kali.

Jika sudah tahu tips untuk lolos kartu Prakerja gelombang 5, pastikan Anda mendaftarkan diri pada 15 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. (Ndu/R7/HR-Online)

.

The post Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka 15 Agustus, Simak Triknya Biar Lolos! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/kartu-prakerja-gelombang-5-dibuka-15-agustus-simak-triknya-biar-lolos/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service