Ide Kreatif dalam Penjualan untuk Meningkatkan Omset

Ide Kreatif dalam Penjualan Untuk Meningkatkan Omset

Mendapatkan ide kreatif dalam penjualan merupakan salah satu solusi jitu untuk menaikkan omset penjualan. Apalagi dengan makin ketatnya persaingan yang ada, tak jarang ide kreatif menjadi kunci sukses bisnis.

Setiap pelaku bisnis harus berpikir di luar kebiasaan. Ide-ide yang tak biasa atau bahkan sedikit gila terpaksa harus muncul saat penjualan terasa mendatar atau bahkan menurun grafiknya.

Tak sedikit para pengusaha sukses yang harus bergelut dengan ide-ide dan pemikiran yang tidak biasa dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Dengan strategi yang demikianlah mereka bisa meraih sukses.

Baca juga: Membuat Promosi Penjualan yang Efektif Agar Cepat Viral

Meskipun promosi pemasaran sangat strategis secara terus menerus, namun jika tak berbarengan dengan ide kreatif dalam penjualan hasilnya tak akan memuaskan. Yang ada malah lebih banyak dana pemasaran yang terbuang percuma.

Beberapa Ide Kreatif dalam Penjualan

Untuk menemukan gagasan yang kreatif memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tak jarang untuk menemukannya butuh waktu berhari-hari atau malah berminggu-minggu.

Nah, untuk membantu Anda menemukan gagasan yang tepat, di bawah ini beberapa ide kreatif dalam penjualan pebisnis yang cukup inspiratif. Gagasan ini cukup efektif karena mampu meningkatkan penjualan secara nyata.

Lomba Posting Produk Anda

Jika penjualan Anda stagnan atau bahkan menurun, cobalah mengadakan lomba posting produk Anda melalui media sosial. Langkah ini termasuk murah tapi cukup efektif. Baik untuk meningkatkan penjualan maupun meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

Baca juga: Contoh Promosi Produk dan Strategi Membuat Iklan Online yang Menjual

Anda tak perlu menyediakan hadiah uang yang besar untuk posting terbaik yang memenangkannya. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan voucher pembelian produk Anda. Restoran dan kafe biasa melakukan cara ini untuk mencari sensasi.

Lomba Foto Selfie

Masih dalam nuansa lomba, kafe atau restoran baru sering melakukan ide kreatif dalam penjualan ini untuk lebih mempromosikan usahanya. Misalnya menyelenggarakan foto selfie. Karena gelaran ini lebih dekat dengan konsumen menyusul banyak orang yang senang selfie.

Apalagi hampir semua orang memiliki smartphone sehingga akan banyak orang yang tertarik untuk mengikutinya. Lomba semacam ini ibaratnya menyediakan wadah bagi suatu hobi yang tengah trend, khususnya anak muda.

Posting Review dan Dapatkan Produknya

Pelaku bisnis yang membutuhkan review atau penilaian dari konsumennya bisa menempuh ide kreatif dalam penjualan ini. Cara ini juga bisa sebagai imbal balik terhadap konsumen yang telah membeli produk atau jasa Anda.

Namun agar tujuan promosi ini mampu meningkatkan penjualan, baiknya pilih melakukan review setelah membeli produk Anda. Sedangkan hadiahnya bisa dengan memberikan gratis produk Anda lainnya atau diskon untuk pembelian selanjutnya.

Makan Sepuasnya Bayar Seadanya

Jenis usaha kuliner memang termasuk yang paling kreatif dalam melakukan promosi. Salah satu ide kreatif dalam penjualan usaha kuliner misalnya dengan promosi ‘makan sepuasnya dan membayar seadanya’.

Lakukan strategi pemasaran ini pada waktu tertentu, seperti saat hari tua atau akhir bulan. Bisa juga dengan memilih hari yang paling sepi di tempat usaha Anda. Langkah ini terbilang efektif untuk memancing konsumen.

Penjualan Secara Paket

Menjual produk secara paket juga merupakan ide kreatif dalam penjualan yang efektif. Langkah ini utamanya untuk mendongkrak penjualan produk yang sepi pembeli atau rendah penjualannya.

Baca juga: Fitur Video Kreatif HP Oppo Reno4 untuk Kreator Konten Pemula

Sama seperti penjualan dalam jumlah besar, harga jual dalam paket ini tentunya juga harus lebih murah jika dengan membeli eceran. Apalagi konsumen umumnya akan selalu mencari barang yang lebih murah.

Itulah beberapa gagasan atau ide kreatif dalam penjualan untuk meningkatkan omset. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa memancing konsumen agar tertarik untuk membeli produk jualan Anda. (R11/HR-Online)

The post Ide Kreatif dalam Penjualan untuk Meningkatkan Omset appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/ide-kreatif-dalam-penjualan/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064