Herbal Obat Cacar Api Tradisional yang Ampuh dan Murah

Herbal Obat Cacar Api Tradisional yang Ampuh dan Murah

Apakah ada herbal obat cacar api tradisional yang ampuh? Pertanyaan semacam ini sering terlontar saat seseorang terserang cacar api atau ruam kulit yang panas dan gatal. Tak jarang rasa sakit ini seperti tersengat semut api.

Cacar api merupakan salah satu jenis penyakit yang sering terjadi dan sangat mengganggu. Penyakit ini biasanya menyerang pada daerah-daerah tertentu dari tubuh kita, seperti bagian punggung, dada, maupun ketiak.

Penyakit cacar api, seperti mengutip dari Wikipedia, virus yang bernama varicella zoster yang menjadi penyebabnya. Karena itu pula penyakit ini juga populer dengan sebutan herpes zoster, cacar ular, atau shingles.

Cacar api merupakan penyakit yang menular melalui kontak langsung dengan penderita. Penyakit ini juga bisa menular melalui pernapasan atau jika kita menggunakan barang yang kontak dengan penderita.

Risiko penularan juga makin meningkat pada orang lanjut usia maupun orang yang sedang menurun kekebalan tubuhnya. Termasuk orang yang sedang sakit juga akan lebih mudah tertular cacar api.

Pilihan Herbal Obat Cacar Api Tradisional yang Ampuh

Apabila Anda mengalami penyakit cacar api, sebaiknya cepat lakukan langkah pengobatan. Apalagi rasa nyerinya yang sangat mengganggu. Meskipun banyak obat tersedia di apotek, Anda bisa menggunakan bahan herbal yang telah digunakan secara turun temurun.

Baca juga: Obat Panas Batuk Pilek Anak Alami untuk Penanganan Darurat

Berikut ini beberapa pilihan herbal sebagai obat cacar api tradisional yang sudah teruji khasiatnya. Herbal ini sudah lama menjadi pilihan masyarakat Indonesia dan berguna sebelum Anda memeriksakan ke dokter jika kondisi tak kunjung membaik.

Kulit Buah Semangka

Selain terkenal dengan rasanya yang enak, buah semangka juga bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit cacar api. Dalam hal ini dengan menggunakan kulit buahnya yang tebal.

Keutamaan kulit buah semangka sebagai obat cacar api tradisional memang sangat efektif. Bahan ini juga tidak akan meninggalkan bekas luka atau bekas cacar pada kulit Anda setelah sembuh.

Cara membuatnya adalah dengan memarut kulit buah semangka. Kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terkena cacar api. Lakukan cara ini pada saat malam hari secara rutin selama kurang lebih satu minggu hingga mereda sakitnya.

Jagung Muda

Jagung muda dapat Anda gunakan sebagai herbal obat cacar api tradisional yang cukup efektif. Hal ini karena kandungan beta-karoten, lycopene, vitamin C dan A yang sangat baik untuk melindungi kulit dan menyembuhkan cacar api.

Kandungan antioksidan dan zat pati dalam jagung juga berkhasiat untuk mengangkat sel kulit yang telah mati. Karena itulah bahan makanan ini juga berguna sebagai masker untuk perawatan kulit wajah.

Untuk menggunakannya tinggal mencuci bersih jagung muda terlebih dahulu lalu parut hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar api. Lakukan secara berulang beberapa hari hingga sembuh.

Untuk menghilangkan bekas noda cacar air pasca sembuh, Anda juga bisa menggunakan jagung muda ini sebagai masker kulit.

Air Kelapa

Obat cacar api tradisional lainnya adalah dengan menggunakan air kelapa. Air kelapa kaya antioksidan, potasium, mangan, magnesium, dan vitamin C yang sangat baik untuk kulit dan menyembuhkan cacar api.

Untuk cara menggunakannya sangat mudah dan cepat. Siapkan saja air kelapa sebanyak 1 gelas kemudian campur dengan 3 sendok madu. Setelah itu Anda bisa minum ramuan tersebut.

Anda juga bisa mengoleskannya pada kulit yang terkena cacar api. Lakukan cara ini dengan rutin dan benar agar penyakit cacar api segera mengering dan sembuh. Selama pengobatan harus menghindar dari air.

Temulawak

Apabila Anda ingin mengatasi penyakit cacar api dengan mudah dan bisa mengolah sendiri, Anda bisa menggunakan temulawak sebagai herbal obat cacar api tradisional yang ampuh.

Temulawak mengandung beberapa zat aktif yang sangat berkhasiat. Seperti germakron yang bersifat antiradang dan ampuh mengatasi pembengkakan dan zat tumeron yang bersifat antimikroba. Sehingga efektif untuk menyembuhkan cacar api.

Mengkonsumsi temulawak bisa secara langsung atau dengan mengoleskannya pada kulit yang mengalami ruam merah akibat cacar api. Dengan menggunakan herbal ini bisa membantu meredakan rasa panas dan gatal karena penyakit cacar api.

Rimpang Kunyit

Banyak orang Indonesia yang secara turun temurun mengenal dan menggunakan kunyit sebagai herbal serba guna. Rimpang ini juga sebagai obat herbal yang efektif untuk mengatasi infeksi pada kulit, termasuk cacar api.

Kunyit juga memiliki khasiat sebagai obat cacar api tradisional yang cukup ampuh. Bahan ini dapat membantu menyembuhkan penyakit cacar api dan mengatasi gejala akibat gangguan ini.

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan atau menumbuk kunyit. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena cacar api. Anda juga bisa meminum air rebusan kunyit untuk mengatasi penyakit ini.

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Cacar Api

Orang yang menderita cacar api pada umumnya akan mengalami rasa nyeri dan panas di bagian tubuh yang terkena cacar api. Nyeri dan panas ini sangat mengganggu, bahkan bisa membuat penderita kesulitan untuk tidur.

Penyakit herpes zoster berbeda dengan jenis herpes lainnya. Saat terinfeksi pertama kali, orang akan merasakan rasa nyeri seperti terbakar. Apabila kulit mendapat sentuhan akan terasa sensitif dan ini bisa bertahan hingga beberapa hari.

Gejala penyakit cacar air yang paling tampak adalah timbulnya ruam kulit. Ciri bintik berwarna kemerahan pada kulit ini biasanya muncul secara bertahap selama beberapa hari. Makin lama kulit yang terkena ruam bisa melebar.

Namun timbulnya ruam kemerahan ini tak selalu terjadi. Karena ada juga kasus yang tanpa ciri semacam ini. Sebagai gantinya, bagian kulit yang terserang mengalami kaku atau pengerasan jika ditekan.

Selain itu bintil kemerahan ini biasanya akan berair dan mengalami pecah. Proses dari sejak timbulnya bintil ruam hingga kulit terasa mengeras bisa berlangsung beberapa minggu.

Jika seseorang terkena penyakit cacar air perlu segera penanganan. Pemberian herbal obat cacar api tradisional bisa menjadi solusi darurat agar penyakit ini tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Baca juga: Produk Masker Wajah Terbaik untuk Perawatan Kulit Kusam

Jika ruam timbul pada sekitar mata akan bisa menimbulkan gangguan saraf mata. Tanpa penanganan yang cepat, penyakit ini bisa menimbulkan kebutaan pada mata. Begitu juga jika virus menyerang syaraf lain.

Selain segera mencari pengobatan, saat terkena penyakit ini sebaiknya tidak menggaruk bintil ruam meskipun terasa gatal dan panas. Sangat penting pula menjaga kebersihan untuk mencegah penularannya maupun menjauhi anggota keluarga yang rentan, seperti anak-anak atau orang lanjut usia.

Itulah beberapa bahan herbal yang ampuh sebagai obat cacar api tradisional. Selain mudah mendapatkannya dengan harga murah, Anda bisa membuatnya sendiri. Namun jika kondisi tak segera membaik, segera periksakan ke dokter. (R11/HR-Online)

The post Herbal Obat Cacar Api Tradisional yang Ampuh dan Murah appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/herbal-obat-cacar-api-tradisional/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064