Harga Bahan Pokok di Pasar Milik Pemkab Ciamis Fluktuatif - MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords

Harga Bahan Pokok di Pasar Milik Pemkab Ciamis Fluktuatif

Harga Bahan Pokok di Pasar Milik Pemkab Ciamis Fluktuatif

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sejumlah komoditi bahan pokok seperti sayuran di sejumlah pasar di Kabupaten Ciamis mengalami penurunan harga.

Sebelumnya, kenaikan harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang cukup signifikan terlebih menjelang hari raya Idul Adha.

Meski demikian, penurunan harga tersebut tidak semua pasar mengalami hal tersebut.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan (DKUKP) Kabupaten Ciamis, Dafid Firda, mengatakan, setelah pihaknya melakukan cek harga ke setiap pasar yang ada di Kab Ciamis seperti pasar Ciamis, Pasar Kawali, Sindangkasih dan pasar Banjarsari.

Dari keempat pasar tersebut khususnya komoditi sayuran ada yang mengalami kenaikan dan ada juga yang justru turun.

“Untuk mengetahui harga maka kami melakukan ceking harga ke setiap pasar, hal tersebut guna mengetahui ketersedian bahan pokok masyarakat dan barang penting lainnya, sehingga bisa diketahui bahan pokok apa saja yang mengalami kenaikan dan penurunan harga,” ungkap David, Selasa (18/8/2020).

Kata Dafid, dari laporan yang diberikan bidang perdagangan, di Pasar Ciamis ada penurunan harga jual seperti cabe merah lokal dari Rp 60.000 jadi Rp 40.000 per-kilogram.

Cabe hijau dari Rp 40.000 jadi Rp 35.000, wortel Rp 14.000 jadi Rp 10.000, Kol Rp 12.000 jadi Rp 6.000 dan untuk buncis harganya anjlok dari Rp 16.000 jadi Rp 6.000.

Namun sebaliknya di tiga pasar lainnya seperti Pasar Sindangkasih, Kawali dan Banjarsari, komoditi sayuran malah naik, namun tidak terlalu tinggi, hanya sekitar selisih Rp 3.000 sampai Rp 5.000 kenaikan harganya.

“Meski ada kenaikan dan penurunan harga, akan tetapi ketersediaan bahan pokok masyarakat di minggu kedua bulan agustus tahun 2020 masih cukup terkendali, sehingga ketika masyarakat membutuhkan barang masih tersedia,” jelasnya.

Kenaikan Harga Bahan Pokok Tergantung Ketersediaan Barang

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Emud Darmudi, mengatakan, untuk perubahan harga bahan pokok sendiri disesuaikan dengan ketersediaan barang, karena biasanya apabila barang stok sedikit maka akan mengalami kenaikan dan jika banyak bisa naik ataupun turun harga sesuai permintaan pasar.

Perubahan kenaikan harga paling rendah adalah telur ayam dari Rp 24.000 jadi Rp 25.000, sedangkan perubahan kenaikan harga paling tinggi dari bahan pokok gula merah kelapa Rp 13.000 jadi Rp 16.000.

“Untuk daging sapi harganya tidak mengalami perubahan di semua pasar yaitu RP 120.000 dan daging ayam terjadi fluktuatif harga mulai dari Rp 38.000 hingga Rp 40.000 perkilogramya,”katanya

Emud melanjutkan, komoditi yang mengalami kenaikan diakibatkan karena ketersedian di pasar berkurang, sedangkan permintaan konsumen meningkat, sementara komoditi sektor hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri dan bahan bangunan relatif cukup stabil baik harga dan juga stok barang. (es/R8/HR Online)

The post Harga Bahan Pokok di Pasar Milik Pemkab Ciamis Fluktuatif appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/harga-bahan-pokok-di-pasar-milik-pemkab-ciamis-fluktuatif/

Want to get Attractive Offer Info?