Fungsi Ring Piston Cukup Vital pada Kendaraan dan Cara Kerjanya

Fungsi Ring Piston Cukup Vital Pada Kendaraan dan Cara Kerjanya

Fungsi ring piston pada kendaraan memiliki peranan yang cukup vital. Ring piston memiliki bentuk mirip cincin yang terletak pada dinding piston.

Kondisi ring piston dapat menjadi tolak ukur apakah kendaraan masih memiliki performa yang baik atau tidak. Ring piston adalah salah satu komponen yang mampu mempengaruhi terhadap kinerja mesin.

Terutama dalam proses pembakaran komponen yang satu ini berperan sebagai pembatas antara piston dengan dinding silinder. Komponen yang satu ini jika mengalami kerusakan, maka dapat berakibat knalpot jadi ngebul putih.

Hal ini dikarenakan oli mesin melewati celah piston dan liner silinder. Sehingga mengakibatkan terjadinya kebocoran pada ruang bakar.

Pada umumnya ring piston terbagi menjadi 3 bagian, yaitu paling atas, tengah, dan paling bawah. Ring piston bagian paling atas merupakan ring kompresi satu.

Sedangkan bagian ring tengah merupakan kompresi dua dan ring bagian paling bawah merupakan ring oli. Ring piston atas dan tengah memiliki peranan menjaga kompresi mesin agar dapat menghasilkan daya ledak.

Baca Juga : Klakson Keong Terbaik, Suara Khas dengan Volume yang Keras

Sedangkan pada bagian ring oli yang berada di posisi paling bawah berperan pelumas piston. Selain itu, juga menjaga oli di liner agar tidak ikut naik masuk pada ruang bakar.

Fungsi Ring Piston pada Kendaraan

Ring piston adalah komponen yang dipasang menjadi satu dengan piston. Komponen yang satu ini memiliki diameter yang lebih besar dibanding dengan pistonnya sendiri.

Ring piston berbentuk cincin yang elastis sehingga jika dimasukkan dalam silinder dapat mengembang dan merapat. Ring piston akan menutup celah yang ada.

Bagi anda yang suka dunia otomotif pasti tahu apa saja fungsi ring piston. Namun, bagi anda yang belum tahu apa saja fungsinya, berikut ini ulasannya:

Mencegah Kebocoran Kompresi

Fungsi komponen vital yang satu ini yaitu untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi di dalam ruang bakar. Dimana ruang bakar telah terisi campuran udara dengan bahan bakar.

Baca Juga : Motor Ngebul Saat Mesin Panas Karena Oli Masuk pada Ruang Bakar

Aktivitas inilah yang dapat mempengaruhi keadaan dan kinerja mesin. Jika kompresinya terlalu tinggi, dapat mengakibatkan mesinnya jadi ngelitik.

Sedangkan jika kompresinya berkurang, dapat mengakibatkan lolos power atau tenaga berkurang. Ring piston ini biasa terletak pada bagian atas ruang piston dan biasa disebut dengan ring kompresi.

Mencegah Masuknya Oli Mesin pada Ruang Bakar

Fungsi ring piston berikutnya yaitu mencegah oli mesin masuk pada ruang bahan bakar. Fungsi ini dipenuhi oleh ring kompresi bagian tengah dan sebagian oleh ring oli.

Ring kompresi ini umumnya memiliki sisi luar yang hadapnya ke dinding silinder dengan bentuk tirus. Bentuknya yang tiruslah membuat saat ring piston bergerak turung ring kompresi tengah akan menyapu semua oli mesin yang ada pada dinding silinder.

Baca Juga : Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Berpengaruh pada Kinerja Mesin

Sedangkan pada bagian ring oli sering menggunakan expander. Ring ini memiliki bentuk seperti pegas dan terdapat rongga oli di sekelilingnya.

Pelumasan dinding silinder dapat terjadi karena adanya ring tersebut. Sehingga dinding silinder bisa tetap terlumasi, namun oli mesin tidak sampai menembus masuk ruang bahan bakar.

Menyalurkan Panas dari Piston ke Dinding Silinder

Selain kedua fungsi diatas, ring piston juga dapat menyalurkan panas dari piston ke dinding silinder. Fungsi ini biasanya dilakukan oleh ring paling atas dan bagian tengah.

Seperti yang diketahui jika pembakaran akan menghasilkan suhu yang panas yang cukup tinggi. Hal ini terjadi pada ruang bakar.

Begitu juga dengan piston yang memiliki permukaan sebagai tempat dimana menerima tekanan dan panas yang cukup tinggi. Sebab, kedua ring piston tersebut berfungsi menyalurkan panas dari piston ke dinding silinder.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Injeksi Agar Performa Mesin Bekerja Maksimal

Adanya ring piston inilah membuat temperatur pada permukaan bagian atas piston bisa lebih stabil. Itulah mengapa ring piston termasuk komponen yang memiliki fungsi cukup penting pada kendaraan.

Cara Kerja Ring Piston

Cara kerja ring piston dimulai pada titik mati bawah ke titik mati atas. Disini akan terjadi tekanan gas buang pada ruang bakar, sedangkan pada ring oli berfungsi untuk mengembang ke dinding silinder.

Saat piston bergerak ring oli akan berada pada posisi paling atas. Terjadinya gesekan inilah yang dimanfaatkan untuk menghasilkan kompresi yang sempurna. Fungsi ring piston cukup beragam sehingga mampu mempengaruhi kinerja mesin. (R10/HR-Online)

The post Fungsi Ring Piston Cukup Vital pada Kendaraan dan Cara Kerjanya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/fungsi-ring-piston/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service