Fakta Hewan Bintang Rapuh, Binatang Laut yang Tak Memiliki Otak

Fakta Hewan Bintang Rapuh

Fakta hewan bintang rapuh memang sangat menarik. Hewan yang satu ini diperkirakan mirip bintang laut, namun bukan dari spesies yang sejenis. Dilansir dari Greenlane, hewan bintang rapuh ini memiliki habitat cukup banyak.

Hewan yang terbilang cukup unik ini dapat ditemukan di kawasan perairan dangkal. Dimana kemungkinan besar hewan ini dapat ditemukan di seluruh dunia. Mulai dari daerah perairan tropis hingga perairan sedang.

Bahkan untuk di daerah kutub pun juga terdapat hewan unik ini. Distribusi atau penyebaran habitat hewan bintang rapuh cukup luas. Buktinya adalah hewan ini dapat ditemukan di perairan Payau.

Baca Juga: Fakta Hewan Tardigrada, Hewan Terkuat di Bumi Tak Tertandingi

Fakta Hewan Bintang Rapuh

Hewan ini memang sangat unik dan bisa ditemukan dalam jumlah besar. Dilansir dari Greenlane, hewan bintang rapuh ini memiliki habitat di perairan dalam. Tepatnya di kawasan luar Antartika beberapa tahun yang lalu.

Bintang rapuh memiliki nama ilmiah yaitu Echinodermata yang masih memiliki keterkaitan dengan bintang laut. Tak heran jika hewan ini disebut dengan bintang laut ketika sekilas melihatnya. Fakta hewan bintang rapuh ini juga sangat menarik.

Dimana bagian cakram pusat dan lengan bintang rapuh sangat berbeda dengan bintang laut. Hal inilah yang menjadi perbedaan paling signifikan dari bintang rapuh dan bintang laut. Beberapa fakta mengenai bintang rapuh dapat diketahui dari ciri-ciri dan cara hidupnya, diantaranya adalah:

Memiliki Anatomi Tubuh yang Kecil

Ukuran yang dimiliki bintang rapuh cukup kecil yakni hanya beberapa inci saja. Bagian lengan yang dimiliki cukup ramping dan juga panjang. Pada bagian bawah tubuh terdapat tabung yang hampir sama dengan bintang laut.

Perbedaannya adalah bintang rapuh tidak memiliki bagian hisap pada ujungnya. Sehingga tidak dapat digunakan untuk bergerak. Hewan bintang rapuh juga memiliki sistem vaskular air. Kaki tabung yang dimiliki juga dipenuhi oleh air.

Pada bagian cakram pusat merupakan tempat dari organ bintang rapuh. Namun bintang rapuh tidak memiliki otak, melainkan memiliki perut besar. Selain itu, hewan ini juga memiliki otot dan mulut dengan 5 rahang. Hal tersebut menjadi fakta hewan bintang rapuh yang sangat menarik.

Pada bagian lengan terdapat ossicles vertebral yaitu pelat dari kalsium karbonat. Lengan yang dimiliki oleh bintang rapuh juga tidak fleksibel seperti bintang laut. Namun pergerakannya bisa lebih cepat dan menekan ke ruang yang sempit.

Sebagai catatan, bintang rapuh masuk dalam klasifikasi kingdom Animalia. Kemudian memiliki divisi Echinodermata dengan kelas Ophiuroidea dan ordo Ophiurida.

Baca Juga: Hewan Zaman Triassic Ini Punya Kepala Lebih Besar dari Tubuh, Cek Faktanya

Plankton Sebagai Makanan Utama

Fakta hewan bintang rapuh yang selanjutnya adalah perihal makanan. Hewan yang ditemukan di perairan dalam ini memiliki makanan utama yaitu detritus. Organisme ini biasa dikenal dengan plankton, moluska kecil, bahkan ikan kecil.

Ketika terdapat mangsa, maka bintang rapuh akan mengangkat bagian lengan. Kemudian mangsa berupa ikan kecil akan mendekat. Lalu masuk ke perangkap dan dibungkus spiral, kemudian dimakan. Tidak hanya memakan saja, bintang rapuh juga dapat menyaring makanan yang akan masuk.

Makanan tersebut nantinya akan masuk ke dari mulut lalu menuju kerongkongan. Kemudian akan berakhir di perut yang berukuran sangat besar. Faktanya, terdapat 10 kantong perut yang dapat digunakan untuk mencerna mangsanya.

Fakta unik lainnya adalah hewan yang satu ini tidak memiliki anus atau saluran pembuangan. Namun bintang rapuh harus mengeluarkan limbah dan caranya adalah melalui mulut.

Baca Juga: Fakta Genom Tuatara, Satu Nenek Moyang dengan Ular dan Kadal

Sistem Reproduksi

Fakta hewan bintang rapuh juga dapat dilihat dari sistem reproduksinya. Bintang rapuh jantan dan betina memang tidak diketahui dengan jelas bagian alat reproduksi. Namun bagian tersebut nampaknya berada di cakram pusat.

Bintang rapuh betina nantinya akan menghasilkan telur dan menetas menjadi larva. Larva ini disebut dengan Ophiopluteus dan akan berenang bebas. Lalu akan mengendap ke bagian dasar dan membentuk bintang rapuh.

Ada beberapa spesies bintang rapuh yang akan mengerami sang anak. Sebelumnya telur akan diletakkan di bagian pangkal lengan lalu dibuahi. Faktanya, bintang rapuh juga memiliki cara berkembang biak yang lain yaitu dengan fisi.

Perkembangbiakan ini membuat bintang rapuh harus membagi cakram pusat menjadi dua. Hasil pelepasan tersebut akan menjadi dua bintang rapuh. Namun fakta hewan bintang rapuh ini tidak terjadi pada seluruh habitat atau hanya sebagian. (R10/HR Online)

The post Fakta Hewan Bintang Rapuh, Binatang Laut yang Tak Memiliki Otak appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/fakta-hewan-bintang-rapuh-binatang-laut-yang-tak-memiliki-otak/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service