Cara Menguatkan Sinyal Wifi Agar Berselancar Melesat Tanpa Kendala

Cara Menguatkan Sinyal Wifi

Cara menguatkan sinyal wifi ini mengiringi tentang kebutuhan masyarakat yang makin vital. Koneksi dari jaringan internet sudah tak perlu menjadi pertanyaan lagi.

Tentunya sudah harus tersedia kapanpun dan juga berada pada tempat manapun tak terkecuali. Koneksi jaringan ini bukan hanya disediakan oleh layanan provider saja. Akan tetapi, terdapat jaringan wifi yang sengaja terpasang guna memberikan koneksi semakin kuat.

Banyak yang menggunakan koneksi dari wifi, seperti gedung-gedung perkantoran, sekolah-sekolah, hingga tersedia untuk rumah tangga. Hal tersebut karena wifi mampu memberikan kelancaran demi aktivitas belajar mengajar.

Perlu mengingat saat ini aktivitas belajar dan juga perkantoran lebih banyak terlaksana dengan sistem online. Jadi, dengan menggunakan jaringan wifi, akan mendukung semua aktivitas tersebut.

Cara Menguatkan Sinyal Wifi

Agar lebih efisien, maka aktivitas berjalan dengan koneksi wifi. Sebagian besar dari masyarakat lebih suka menggunakan jaringan wifi untuk menjelajahi dunia internet.

Sehingga dengan alasan ini, banyak yang memasangnya di tempat mereka beraktivitas. Akan tetapi, sadarkah anda jika koneksi dari sinyal wifi ini sering atau dapat terjadi naik dan turun.

Baca juga: Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Berikut Ini Cara Mengatasinya

Bahkan sering terjadi melemah dan menyisakan kekuatan satu bar saja. Dengan demikian, koneksinya langsung lemot, padahal sedang asyik menikmati berselancar dunia maya.

Sebenarnya cara menguatkan sinyal wifi bisa saja mengandalkan kuota dari smartphone anda, akan tetapi resikonya anda harus rajin membeli kuota yang tak murah tersebut sekitar 4-5 kali dalam sebulan. Tentu sangat menjengkelkan, bukan hemat malah boros.

Jika anda adalah orang yang pernah atau bahkan sering mengalami hal tersebut, jangan khawatir lagi. Kini ada cara yang ampuh untuk menjadikan koneksi wifi rumah anda tersebut menjadi kuat dan gas pol untuk berselancar.

Berikut adalah langkah atau cara menguatkan sinyal wifi di rumah anda, antara lain:

Memakai Router dari Teknologi Terbaru

Cara untuk menguatkan wifi rumah ataupun kantor anda yakni dengan mengganti perangkat atau modem router yang lama menjadi memiliki teknologi terbaru. Jangan khawatir untuk tak mendapatkannya, karena saat ini banyak yang menyediakan modem router dengan versi paling baru.

Bahkan modem tersebut lengkap dengan teknologi yang telah berkembang semakin canggih. Teknologi router yang makin canggih dan paling baru alias gress ini tampak lebih beda. Perangkat modem router wireless mempunyai tipe yang berbeda-beda.

Seperti tipe AC, N, A, dan tipe B. Dengan adanya tipe yang berbeda-beda ini, juga dapat mengetahui dari penjelasan dari masing-masing modem router tersebut. Kemudian hal tersebut menjadi salah satu cara menguatkan sinyal wifi.

Ubahlah Posisi Router

Penggunaan jaringan wifi untuk rumah memang sangat memudahkan aktivitas berselancar. Namun, biasanya terjadi kendala melemahnya koneksi sinyal. Cara untuk menguatkan bisa menggunakan modem router yang baru, seperti penjelasan terdahulu.

Baca juga: Sinyal Telkomsel Hilang, Ternyata Ini Penyebabnya!

Namun, ada baiknya jangan buru-buru membeli yang baru. Bisa saja modem router anda hanya salah posisi. Hal itu dapat menjadikan sinyal tiba-tiba jelek. Caranya, pindahkan router anda ke tempat yang lebih terbuka.

Cara menguatkan sinyal wifi ini dapat menjadi langkah tepat bagi anda. Letakkan pada meja, dinding, ataupun langit-langit rumah anda. Untuk lebih aman, anda bisa meletakkan router tersebut tepat pada ruang yang mampu menjangkau seperti ruang tengah.

Misalkan cara memindah router tersebut belum juga berhasil menjadikan sinyal kuat, maka ada cara lain lagi yang dapat anda lakukan. Arahkan antena router agar tegak lurus.

Jauhkan dari Perangkat yang Lain

Cara menguatkan sinyal wifi berikutnya adalah dengan menjauhkan dari perangkat elektronik lain. Cek apakah ada perangkat elektronik lain yang terdapat berdampingan dengan router wifi anda.

Misalkan saja peralatan elektronik tersebut seperti telepon wireless, microwave, atau yang lainnya. Hal itu dapat mengakibatkan melemahnya sinyal karena perangkat elektronik tersebut berada pada satu saluran dengan router wifi anda.

Jadi, dengan menjauhkan perangkat-perangkat tersebut dapat menguatkan kembali wifi rumah anda agar dapat ngegas berselancar semau anda.

Mengganti Password Wifi

Sudahkah anda memakai ketiga cara menguatkan sinyal wifi tersebut? Seperti menjauhkan dari perangkat lain, memindahkan posisi modem router, hingga membeli modem router yang baru, namun masih saja sinyal lemah?

Maka, ada kemungkinan terdapat sesuatu hal yang mengganggu. Misalkan saja ada orang yang menyusup ingin memakai sinyal wifi anda. Sehingga, untuk menguatkan wifi dapat dengan mengganti kode password yang sulit ditebak.

Jadi, orang lain tak akan menjadi penyusup yang dapat mengganggu kelancaran aktivitas jaringan wifi rumah anda. Caranya dapat dengan mengganti SSID wifi anda.

Kontrol Bandwidth

Anda dapat mengontrol pemakaian bandwith sebagai cara menguatkan sinyal wifi supaya tak terjadi kebocoran. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan koneksi dari wifi anda menjadi lemot. Cara ini cukup berhasil membuat koneksi melesat untuk berselancar.

Pakailah Channel Kosong

Hal ini dapat anda lakukan jika tempat anda berdomisili tersebut terdapat pengguna wifi yang lumayan banyak. Sehingga, dapat menjadikan channel bermasalah.

Pilihlah channel wifi yang kosong atau dapat memilih yang penggunanya tak banyak. Perebutan sinyal wifi dapat berkurang dan mampu membuat sinyal anda lancar kembali.

Membuat Alat Penguat Sinyal Sendiri

Selain cara menguatkan sinyal wifi dengan memperbaiki teknisnya, maka cara selanjutnya dapat anda lakukan adalah dengan membuat alat sendiri. Bisa dengan memakai kaleng bekas.

Sinyal wifi ini menggunakan udara sebagai penghantar. Kemudian, agar sinyal tak kemana-mana, maka anda dapat memanfaatkan kaleng bekas untuk mengarahkan tujuan dari sinyal wifi tersebut.

Baca juga: Bahaya WiFi Publik, Ancaman Peretasan Mengintai!

Bukan hanya dapat memakai kaleng bekas saja, akan tetapi dapat memakai bahan lain yang tertutup. Misalkan alumunium foil atau juga tutup panci. Cara ini dapat anda lakukan dengan mudah.

Menggunakan Aplikasi yang Tepat

Menguatkan wifi yang melemah dapat anda lakukan pada saat tetangga anda bisa saja juga memakai saluran router yang sama dengan router anda. Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu jaringan anda dan menjadi melemah.

Solusi yang tepat cara menguatkan sinyal wifi anda adalah dengan memakai aplikasi yang telah tersedia pada Google Play Store. Aplikasi pada Google Play Store dapat anda unduh dengan memakai smartphone Android anda.

Berikut adalah aplikasi penguat sinyal router, antara lain:

Aplikasi Wifi Manager

Developer dari aplikasi Wifi Manager adalah orang yang berasal dari Rusia dengan nama Kostya Vasilyev. Ia mengembangkan aplikasi ini untuk memperkuat sinyal router pada wifi anda.

Aplikasi ini merupakan paling laris karena telah mencapai unduhan sekitar 10 juta lebih pengguna smartphone berbasis Android. Anda juga dapat mengunduhnya dengan mengakses Google Play Store melalui smartphone anda.

Jangan khawatirkan kapasitas penyimpanan, yang anda perlukan hanyalah sebesar 2,2 MB saja. Cukup ringan bukan?

Aplikasi Wifi Master Key

Link Sure Network telah mengembangkan aplikasi ini sebagai cara menguatkan sinyal wifi. Mereka memiliki markas yakni Singapura. Kecepatan aplikasi ini dalam memperkuat sinyal wifi telah mencapai unduhan lebih dari 10 juta pengguna.

Aplikasi ini nyatanya mampu dengan baik dalam memperkuat sinyal wifi. Jika sinyal telah terdeteksi 100 persen, maka sudah pasti kualitas kecepatan sinyal dari router wifi anda bagus. Untuk pengunduhan dapat menyediakan ruang memori smartphone anda sekitar 8,7 MB.

Aplikasi Wifi Signal Booster Plus Extender

Aplikasi ini adalah paling baik karena dapat memperkuat sinyal sekaligus mengetahui keadaan sinyal wifi anda. Karena aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang jaringan mana yang memiliki sinyal lemah ataupun kuat.

Sehingga, anda dapat memilih untuk melakukan internetan. Aplikasi penguat wifi ini telah mencapai pengunduhan lebih dari 100 ribu kali pada Google Play Store. Memori penyimpanan hanya memerlukan sekitar 2,6 MB saja.

Aplikasi Wifi Doctor Speef and Fast

Aplikasi cara menguatkan sinyal wifi adalah Wifi Doctor Speef and fast. Sesuai dengan kegunaannya, aplikasi ini sangat mampu menyelesaikan permasalahan anda tentang sinyal wifi yang lemah.

Kemudian aplikasi ini juga dapat mengecek tentang jaring wifi apa saja yang terhubung pada ponsel anda. Dengan begitu, anda dapat mengetahui aman atau tidaknya jaringan wifi tersebut. Dengan mengunduhnya melalui smartphone Android via Goole Playstore, anda dapat menyediakan kapasitas memori sebesar 5,5 MB.

Aplikasi Network Master Speed Test

Dengan aplikasi penguat wifi ini, anda dapat memiliki kecepatan dalam berselancar. Kemudian anda juga dapat menguji tentang kecepatan dari sinyal wifi anda.

Lalu, anda juga dapat mengetahui siapa saja yang telah menggunakan sinyal wifi bersama dengan anda. Untuk mendapatkan aplikasi ini, anda hanya akan menghabiskan memori sekitar 5,1 MB. Cara menguatkan sinyal wifi dapat anda lakukan dengan mengunduh aplikasi ini. (R10/HR-Online)

The post Cara Menguatkan Sinyal Wifi Agar Berselancar Melesat Tanpa Kendala appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/cara-menguatkan-sinyal-wifi/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service