News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Minta Mendagri Tidak Menunda Pilkades Serentak di Ciamis

Bupati Minta Mendagri Tidak Menunda Pilkades Serentak di Ciamis

Mendagri Tidak Menunda Pilkades serentak di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, dirinya bakal mendatangi Menteri Dalam Negeri untuk meminta agar Mendagri tidak menunda Pilkades serentak di Ciamis.

“Kita mau langsung datang ke Kemendagri sekarang untuk menjelaskan bahwa tahapan demi tahapan penyelenggaraan Pilkades serentak di Kabupaten Ciamis sudah dilaksanakan. Ciamis juga terbilang sebagai zona hijau Covid-19,” ujar Herdiat di Pendopo Ciamis, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga: Mendagri Tunda Pilkades Serentak, Bagaimana dengan Ciamis?

Setelah sempat tertunda lantaran Covid-19, Pemkab Ciamis akhirnya melanjutkan kembali tahapan Pilkades sejak Juli 2020. Rencananya Pilkades serentak di 143 desa di Ciamis bakal digelar pada 15 Agustus mendatang.

Namun surat edaran Mendagri nomor 14/4528/SJ meminta agar Pilkades ditunda, alasannya mendahulukan Pilkada serentak. Penundaan Pilkades serentak menunggu selesai Pilkada pada 9 Desember 2020.

Karena itu, Herdiat akan berkoordinasi dengan Mendagri perihal penyelenggaraan Pilkades serentak di Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Apdesi Ciamis: Penundaan Pilkades Meresahkan

Herdiat berjanji akan mengupayakan agar Pilkades bisa tetap berlangsung di Ciamis sesuai jadwal.

“Kasihan para calon, kalaupun ini ditunda akan lebih rawan. Diketahui bahwa tahapan Pilkades serentak sekarang sudah masuk tahapan kampanye, dan akan memasuki masa tenang,” katanya.

Herdiat menegaskan, panitia penyelenggara Pilkades serentak di Ciamis sudah berkomitmen untuk menerapkan protokoler kesehatan. Selain itu juga sudah menyusun regulasi bagaimana protokoler kesehatan dilakukan di setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades.

“Inisisasi mengenai pengumpulan massa, akan ada banyak TPS, yang tadinya hanya 1 TPS per desa sekarang bisa 4 sampai 5,” jelasnya.

Baca Juga: Ditunda Mendagri, Tahapan Pilkades Serentak di Ciamis Terus Berlanjut

Herdiat mengungkapkan, di kabupaten Ciamis sekarang masuk zona hijau karena selama 2 Minggu tidak ada kasus terkonfirmasi positif  Covid-19. Selain itu tahapan demi tahapan sudah dilaksanakan, kondisi ini berbeda dengan kota/kabupaten lainnya. Sehingga tidak ada alasan Mendagri untuk menunda Pilkades serentak di Ciamis.

“Mudah mudahan besok sudah ada keputusan dan penyelenggaraan Pilkades serentak bisa dilaksanakan. Tunggu keputusan kalaupun sudah ada hasilnya, kami akan langsung informasikan,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

The post Bupati Minta Mendagri Tidak Menunda Pilkades Serentak di Ciamis appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/bupati-minta-mendagri-tidak-menunda-pilkades-serentak-di-ciamis/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.