Bolehkah Warga Ciamis Rayakan Agustusan? - MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords

Bolehkah Warga Ciamis Rayakan Agustusan?

Ciamis Agustusan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah panitia perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI di beberapa desa di Kabupaten Ciamis mengaku bingung. Pasalnya kemeriahan warga Ciamis dalam merayakan Agustusan tahun ini dalam kondisi berbeda karena wabah Covid-19.

Kemeriahan Agustusan seringkali diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari pertandingan olahraga sampai dengan permainan tradisional. Namun, kali ini berbeda lantaran masih dalam suasana Covid-19.

Hendra, Ketua Karang Taruna Desa Tanjungsari, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis mengatakan, warga Desa Tanjungsari banyak yang menginginkan Agustusan diisi dengan berbagai perlombaan dan pertandingan olahraga seperti biasanya.

“Banyak yang ingin Agustusan seperti biasanya. Seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya kami bingung, apa dibolehkan atau tidak?” ungkap Hendra, Selasa (11/8/2020).

Menurut Hendra, sudah biasa ketika menjelang Agustusan pada 17 Agustus digelar berbagai pertandingan olahraga. Perayaan Agustusan biasanya akan ditutup dengan kegiatan Jalan Sehat dan Hiburan.

“Kami sudah siap apabila harus mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak dan pakai masker, atau misalnya harus ada tempat cuci tangan, kami siapkan sarananya,” katanya.

Warga Ciamis Rayakan Agustusan dengan Protokol Kesehatan

Sementara itu, dr Bayu Yudiawan, juru bicara satuan tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis, mengatakan, pihaknya sudah memberikan imbauan kepada masyarakat terkait peringatan hari kemerdekaan.

“Kami  sudah berikan imbauan kepada masyarakat Ciamis agar perayaan Agustusan ditunda terlebih dahulu, apalagi kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Ditakutkan masyarakat akan banyak melanggar protokoler kesehata,” terangnya kepada Koran HR, Selasa (11/08/2020).

Meskipun begitu, lanjut Bayu, sejumlah kegiatan masih diperbolehkan untuk tetap dilaksanakan. Contohnya olahraga berprestasi untuk kepentingan daerah. Itupun harus mengikuti beberapa aturan, minimalnya atlet tersebut bebas dari Covid .

“Sudah dicontohkan oleh pemerintah pusat dalam perayaan yang dicanangkan, misal pengibaran bendara pusaka juga akan diikuti oleh beberapa orang saja. Maka di daerah pun harus mengikuti itu. Kalau udah terlanjut menggelar kegiatan kalau bisa dicancel yang cancel saja,” tegasnya.

Bayu juga mengingatkan apabila masyarakat akan menggelar kegiatan Agustusan maka harus mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, social distancing, dan menyediakan tempat cuci tangan.

Selain itu juga panitia harus menyemprot area acara dengan disinfektan. Bayu juga mewanti-wanti agar tidak ada orang sakit berada di kerumunan acara. Begitu juga dengan orang dari luar kota tidak diperkenankan untuk ikut dalam kegiatan Agustusan.

“Perlombaan yang sifatnya bisa sampai ada kontak erat, tidak diperbolehkan seperti Tek Jambe dan permainan lainnya. Ditakutkan kegiatan tersebut diikuti banyak anak-anak yang rentan akan penularan,” pungkasnya. (Fahmi/R7/Koran-HR)

The post Bolehkah Warga Ciamis Rayakan Agustusan? appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/bolehkah-warga-ciamis-rayakan-agustusan/

Want to get Attractive Offer Info?