BLT Ketenagakerjaan Cair Lagi, Ini Rekening Bank yang Jadi Prioritas

BLT Ketenagakerjaan Cair Lagi, Ini Rekening Bank yang Jadi Prioritas

BLT Ketenagakerjaan cair lagi minggu ini. Pemerintah bakal kembali mencairkan bantuan langsung tunai bagi pekerja bergaji 5 juta kebawah.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah akan memberikan BLT untuk 3 juta penerima pada gelombang ke 2 ini.

Sebanyak 3 juta nomor rekening bakal menerima transfer uang senilai Rp 1,2 juta. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, BLT Ketenagakerjaan cair dalam waktu dekat. Pihaknya sudah meminta data 3 juta calon penerima ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita minta tak hanya 2,5 juta data saja, namun 3 juta agar penyerapan bantuan bisa lebih cepat lagi,” ujar Ida Fauziyah Senin (31/8/2020).

Pihaknya pun meminta para pekerja agar sedikit bersabar, pasalnya proses pencairan BLT pekerja ini dilakukan secara bertahap.

BLT Ketenagakerjaan cair pertama kali pada Minggu lalu. Sebanyak 2,5 juta pekerja sudah menerima bantuan tersebut dengan nilai Rp 1,2 juta.

Bantuan senilai Rp1,2 juta itu untuk bulan September dan Oktober. Artinya BLT tersebut nilainya Rp 600 ribu perbulan. Untuk jumlah penerima sendiri, pemerintah menyebut ada 15,7 juta calon penerima BLT karyawan.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah menargetkan, penyaluran BLT pekerja itu selesai pada akhir September 2020.

“BLT Ketenagakerjaan cair bertahap, tapi kita targetkan akhir September nanti semua sudah menerima transfer ke rekening bank masing-masing,” ungkapnya lagi.

Pencairan BLT untuk 3 juta pekerja pekan ini bakal menambah jumlah pekerja yang menerima bantuan. Jumlah penerima bantuan akan menjadi 5,5 juta. Tahap pertama 2,5 juta penerima dan tahap kedua 3 juta penerima.

Baca Juga: Syarat Mendapatkan BLT 600 Ribu Harus ke BPJS Ketenagakerjaan?

BLT Ketenagakerjaan Cair Lebih Cepat ke Rekening Bank Pemerintah

Sejumlah pekerja mengeluhkan keterlambatan pencairan BLT pekerja 600 ribu. Mereka mengeluh lantaran bantuan tak kunjung masuk rekeningnya.

Mereka yang kecewa adalah yang memiliki rekening bank swasta seperti BCA, Danamon, CIMB Niaga dan lainnya. Di saat BLT Ketenagakerjaan cair, pemegang rekening BCA malah merana.

Sebagai informasi saja, penerima bantuan pada gelombang pertama kemarin, adalah mereka atau pekerja yang memiliki rekening Bank milik pemerintah seperti, BRI, Bank Mandiri, Bank BNI juga Bank BTN.

Pada gelombang kedua ini, belum kita ketahui, rekening bank mana saja yang menjadi prioritas transfer bantuan.

Namun, kemungkinan BLT Ketenagakerjaan cair sedikit terlambat untuk rekening bank swasta seperti BCA, Danamon dan lainnya.

Hal tersebut lantaran perlu adanya proses pemindahan atau transfer antar bank, dari bank pemerintah ke bank swasta.

Sehingga kemungkinan, pencairan BLT untuk pemilik rekening bank swasta akan terlambat 1 sampai 2 hari.

Hal itu dibenarkan, Kasubag Pemberitaan Kemenaker RI Dicky Risyana, hari Jumat (28/8/2020) lalu.

Baca Juga: BLT Karyawan 600 Ribu Cair, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cek Rekening!

Cara Mengecek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

BLT Ketenagakerjaan cair minggu kemarin. Namun itu baru tahap yang pertama. Tahap kedua, rencananya akan dilakukan Minggu ini.

Tidak semua pekerja dapat bantuan stimulus Covid-19 dari pemerintah ini. Hanya pekerja yang bergaji dibawah 5 juta yang berhak mendapat bantuan.

Selain itu, si pekerja harus terdaftar dan masih aktif sebagai peserta BPJS Tenaga Kerja.  Lalu gimana cara mengecek apakah anda terdaftar atau tidak sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Berikut adalah cara mengecek kepesertaan, apabila sudah terdaftar, anda tinggal menunggu BLT Ketenagakerjaan cair dan masuk rekening milik anda.

Lewat website

Mengecek status kepesertaan dan juga saldo, anda bisa membuka laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Jika belum terdaftar, anda bisa melakukan regsitrasi. Caranya sebagai berikut:

1.Pertama masuk ke halaman https://ift.tt/2n91okr.

2. Pilih registrasi.

3. Isi formulir dengan data yang benar, seperti mengisi nomor KPJ, nama, tangal lahir, nomor KTP, nomor ponsel, email dan sebagainya.

Jika berhasil, anda akan dapat PIN yang masuk lewat SMS ke nomor yang didaftarkan. BLT Ketenagakerjaan cair bagi pekerja yang terdaftar di BPJS Tenaga Kerja.

Berikut cara cek kepsertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui website.

1. Pertama login ke https://ift.tt/2n91okr

2. Masukan email dan kata sandinya.

3. Kemudian pilih menu layanan.

Baca Juga: Daftar BPJS Ketenagakerjaan Mendadak, Bisakah Dapat BLT Karyawan?

Melalui aplikasi BPJSTK Mobile

1. Download aplikasi BPJSTK Mobile di playstore.

2. Segera registrasi untuk dapatkan PIN. Syarat registrasi yakni nomor KPJ, nama, tangal lahir, nomor KTP, nomor ponsel, email dan sebagainya.

3. Jika sudah terdaftar, anda tinggal login untuk mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK.

4. Lalu kamu pilih “Kartu Digital”.

5. Apabila sudah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, kamu tinggal klik tampilan itu.

6. Pada bagian bawah akan nampak terlihat kepesertaan BPJS apakah masih aktif atau tidak aktif.

Itulah informasi mengenai BLTpekerja. Bagi kamu yang sudah terdaftar, nantikan BLT Ketenagakerjaan cair dalam waktu dekat untuk 3 juta peserta atau peneima. (Jujang/R8/HR Online)

The post BLT Ketenagakerjaan Cair Lagi, Ini Rekening Bank yang Jadi Prioritas appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/blt-ketenagakerjaan-cair-lagi-ini-rekening-bank-yang-jadi-prioritas/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service