BLT BPJS Bank BCA dan Bank Swasta Lain Kapan Cair? Cek Rekening!

BLT BPJS Bank BCA Cair Kapan

BLT BPJS Bank Bca dan bank swasta lainnya sangat dinantikan oleh para pekerja. Padahal pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan untuk para pekerja yang menggunakan bank pemerintah (BRI, BTN, BNI, dan Bank Mandiri) sudah cair pada Kamis, 27 Agustus 2020 lalu.

Kondisi berbeda bagi pemilik rekening bank BCA dan bank swasta lainnya. Tidak ada tanda-tanda pencairan.

Sementara pencairan tahap pertama untuk 2,5 juta karyawan sudah meluncur pada 27 Agustus lalu. Namun karyawan penerima bantuan Rp 600 ribu per bulan ini hanya mereka yang memiliki rekening bank pemerintah.

Baca Juga: BLT Pekerja Tahap Kedua Cair untuk 3 Juta Karyawan, Catat Jadwalnya!

Pemilik rekening Bank BCA dan bank swasta lainnya, seperti Maybank, atau bank daerah seperti BJB nampaknya harus sedikit bersabar.

Pencairan BLT BPJS Bank BCA dan Bank Swasta Lainnya

Sejumlah unggahan Twitter mengumumkan para pekerja yang sudah mendapat pencairan dana BLT BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa akun mengunggah keterangan mutasi yang menyebut ada dana transfer sebesar Rp 1,2 juta untuk subsidi upah/gaji bacth (gelombang) pertama.

Seperti unggahan akun @p_sulaksana yang menyebutkan BLT BPJS Ketegakerjaanya sudah cair. Sementara akun @avaliabel juga mengunggah keterangan mutasi yang sama.

“BLT BPJS rekening bank BCA udah cair neh, kira-kira siapa yang juga udah cair?” tulis akun @P_Sulaksana.

Beberapa akun lainnya menaggapi jika temannya juga sudah mendapat pencairan BLT BPJS Ketenagakejaan lewat rekening bank BCA.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan Cair di Bank Ini! Bank Lain Kapan?

BLT BPJS Bank BCA kemungkinan mulai cair hari ini jika melihat dari beberapa unggahan tersebut. Para pekerja mendapatkan transfer Rp 1,2 juta untuk bantuan selama dua bulan, yakni bulan September dan Oktober.

Total bantuan yang akan mereka terima adalah Rp 2,4 juta. Pencairan dua bulan sekali, sekali cair para pekerja akan mendapatkan Rp 1,2 juta.

Penyebab BPJS BLT Ketenagakerjaan Belum Masuk Rekening

Jika Anda termasuk pekerja yang berhak mendapat bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan ini, namun tak kunjung mendapat transfer ke rekening, ada beberapa alasan kenapa BLT karyawan ini belum juga cair.

Karena pencairan bertahap, kemungkinan Anda akan menerimanya pada gelombang selanjutnya. Pencairan tahap pertama pada 27 Agustus 2020. Sementara, BPJS Ketenagakerjaan juga sudah mengumumkan akan ada data 3 juta karyawan yang diserahkan BPJS kepada Kemenaker.

Baca Juga: Penyebab BLT BPJS Ketenagakerjaan Belum Cair, Ini Alasannya!

Rencana penyerahan data tersebut pada Selasa, 1 September 2020 besok. Apakah akan langsung cair besok? Atau masih menunggu seperti halnya BLT BPJS Bank BCA dan bank swasta lainnya?

Penyaluran bantuan Rp 600 ribu untuk karyawan dengan gaji di bawah Rp 5 juta ini, proses awal perusahaan mendata karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan gaji di bawah Rp 5 juta.

Data karyawan lengkap dengan nomor rekeningnya oleh perusahaan diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan setelah terlebih dahulu melewati proses validasi.

Kemenaker kembali melakukan validasi, terutama untuk masalah nomor rekening. Karena para pekerja harus memberikan nomor rekening yang sesuai dengan namanya.

Soes Hindharno, Kepala Biro Humas Kemenaker mengungkapkan, banyak dari pekerja yang mengirim nomor rekening yang tidak sesuai dengan nama yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk apabila Anda mendaftarkan data BLT BPJS dengan menggunakan Bank BCA atau bank swasta lainnya.

“Kami memiliki waktu 4 hari setelah menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan. Kami mengecek kembali nomor rekening. Karena banyak juga pekerja yang memasukkan nomor rekening mandornya, ini kan kasihan. Jadinya bantuan tidak tepat sasaran,” kata Soes, Sabtu (29/8/2020) lalu.

Sehingga apabila BPJS Ketenagakerjaan sudah menyerahkan data karyawan dan nomor rekening yang valid kepada Kemenaker, maka pihak Kemenaker juga akan melakukan verifikasi dan validasi.

Kemenaker memiliki waktu maksimal 4 hari untuk proses validasi. Ini berarti setelah Selasa, 1 September BPJS menyerahkan data 3 juta karyawan kepada Kemenaker, maka para pekerja tinggal menunggu waktu saja untuk mendapat transfer Rp 1,2 juta langsung dalam rekening masing-masing.

Kenapa Bank BCA dan Bank Swasta Lainnya Telat Mencairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan?

Untuk proses transfer dana BLT karyawan, pemerintah menunjuk bank Himbara (Himpunan Bank Pemerintah) seperti BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri.

Sementara untuk bank swasta, maka masih memerlukan transfer antar bank, prosesnya memakan waktu sekitar 2 hari. Karena itu proses pencairan BLT BPJS Bank BCA dan bank swasta lainnya lebih telat daripada bank pemerintah. (Ndu/R7/HR-Online)

The post BLT BPJS Bank BCA dan Bank Swasta Lain Kapan Cair? Cek Rekening! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/blt-bpjs-bank-bca-dan-bank-swasta-lain-kapan-cair/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service