Bentuk Muka Bumi Terdiri Beserta Penjelasan Lengkap

Bentuk Muka Bumi

Bentuk muka Bumi terbagi menjadi dua bagian, yaitu perairan dan juga daratan. Sebagian besar dari Bumi tertutup oleh perairan dan sisanya adalah berupa daratan.

Bagian dari daratan sering kita sebut dengan pulau. Benua masuk kedalam kategori pulau yang terdiri atas benua Amerika, Asia, Eropa, Afrika, Australia, dan Antartika.

Bentuk Muka Bumi

Mengutip dari Mac Millian Dictionary, perairan dan juga daratan mempunyai bentuk yang beraneka ragam. Seperti karakteristik dan bentuknya, permukaan dari Bumi terdiri atas beberapa bentuk. Antara lain adalah sebagai berikut:

Daratan

Daratan menjadi daerah tempat tinggal makhluk hidup seperti manusia. Permukaan daratan juga terbagi menjadi beberapa istilah.

Dataran Tinggi

Dataran ini mempunyai bentuk dan juga ketinggian berbeda-beda. Sehingga, bagian yang luas dan lebih tinggi sering kita sebut dengan istilah dataran tinggi. Ketinggiannya sekitar beberapa ratus meter dari permukaan laut.

Plato

Plato adalah bentuk muka Bumi yang cukup unik. Daerah ini mempunyai posisi lebih tinggi daripada daerah lain, baik dataran tinggi ataupun dataran rendah. Plato mempunyai puncak dengan bentuk datar sehingga dapat untuk melakukan pertunjukan.

Baca Juga: Struktur Penyusun Bumi, Lengkap dengan Karakteristik dan Materialnya

Dataran Rendah

Bentuk dari Bumi yang memiliki daerah yang lebih rendah daripada daerah lain. Sebagian besar wilayahnya adalah subur dan cocok untuk bercocok tanam.

Depresi Kontinental

Bentuknya cukup unik sebagai bentuk daratan. Bagian dari daratannya lebih rendah daripada permukaan air. Daerah seperti ini sering terlihat pada negara Belanda, yakni Amsterdam. Bangunan memiliki letak lebih rendah dari permukaan air. Sehingga terkadang daratan ini tak tampak jika melihat dari daratan lain.

Gunung

Gunung adalah bentuk dengan permukaan daratan yang menonjol serta lebih tinggi dari daerah sekitar. Bentuk Bumi ini terdiri atas kaki gunung, lereng, dan puncak.

Pegunungan

Pegunungan adalah bentuk permukaan yang terbentang panjang. Bentuk muka Bumi berbeda dengan gunung yang mempunyai puncak satu macam saja. Sedangkan pegunungan mempunyai puncak beberapa macam.

Perbukitan

Bentuknya adalah daratan yang lebih tinggi dari wilayah lain dan berupa tonjolan. Bukit tidak terlalu besar dan tinggi, sehingga bukan seperti pegunungan.

Lembah

Lembah adalah jenis dari tampilan Bumi yang berupa cekungan. Temperaturnya lebih hangat dan sekelilingnya terdapat perbukitan.

Jurang

Daratan yang berupa cekungan dan memiliki ukuran yang sempit adalah definisi dari jurang. Bentuk muka Bumi ini tak bisa untuk tempat bermukim, karena terapit oleh tebing yang terjal.

Baca Juga: Akibat dari Revolusi Bumi Terhadap Berbagai Fenomena yang Terlihat

Ngarai

Ngarai terbentuk dari lembah-lembah yang telah terkikis air dalam waktu yang sangat lama. Sehingga, ia membentuk sisi yang tegak lurus.

Sungai

Sungai juga merupakan salah satu bentuk daratan yang cekung dan panjang. Ia menjadi tempat air untuk mengalir dari hulu menuju ke hilir.

Danau

Danau memiliki bentuk yang cekung dan tidak memanjang seperti sungai. Bahkan ia cenderung lebar dan sekelilingnya berupa daratan.

Lautan

Bagian dari bentuk muka Bumi yang kedua adalah lautan. Antara lain meliputi dangkalan, punggung laut, ambang laut, gunung laut, palung laut, lubuk laut, dan pulau karang.

Dangkalan atau Paparan Benua

Muka bumi ini adalah wilayah perairan dengan kedalaman kurang dari 200 meter.

Baca Juga: Teori Bumi Datar, Begini Penjelasan dari Kaum Flat Earth Society

Punggung Laut

Permukaan dari Bumi ini menyerupai bukit tetapi ada dalam lautan.

Ambang Laut

Bentuk muka Bumi selanjutnya adalah ambang laut. Ambang laut adalah daratan yang luas dan berada dalam laut yang dangkal. Ia menjadi pemisah antara dua laut dalam.

Gunung Laut

Sama seperti namanya, gunung juga memiliki tonjolan yang tinggi. Ia adalah berupa gunung yang berada dalam lautan dan mempunyai material vulkanik sama seperti gunung daratan.

Palung Laut

Ini adalah bagian paling dalam dari laut. Bentuknya panjang dengan bentuk V dan merupakan jurang laut yang sempit memanjang ke bawah.

Lubuk Laut

Selanjutnya ada lubuk laut. Lubuk laut ini berupa cekungan besar serta sangat dalam. Bentuknya sama seperti lembah, namun ada dalam lautan.

Pulau Karang

Bentuk muka Bumi ini berupa batuan karang yang banyak. Terbentuknya dari hewan-hewan laut yang mati dan menumpuk dan berubah menjadi pulau karang setelah proses sekian lama. (R10/HR Online)

The post Bentuk Muka Bumi Terdiri Beserta Penjelasan Lengkap appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/09/bentuk-muka-bumi/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service