Antisipasi Serangan Wereng, Petani di Ciamis Lakukan Penyemprotan

Serangan Wereng

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kelompok Tani Balemoyan Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan penyemprotan akibat serangan wereng coklat di areal pesawahan yang mereka garap.

Kepala Dusun Mekarsari, Awan Dower, mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari Pemkab Ciamis dalam rangka antisipasi wereng terhadap tanaman padi.

Di wilayah Kecamatan Baregbeg, kata Awan, ada 2 desa yang melakukan penyemprotan, yakni di Desa Mekarjaya dan Saguling.

“Dua Kelompok tani dari 2 desa ini memang yang mengajukan agar dilakukan penyemprotan. Kalau yang lain seperti belum, karena kemungkinan hamanya masih di bawah ambang batas,” katanya kepada HR Online, Selasa (18/8/2020).

Untuk penyemprotan ini, pihaknya mengajukan ke Dinas Pertanian dan kemudian POPT atau Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman terjun ke lokasi.

Langkah ini, ujar Awan, merupakan upaya sejak masa tanam yang mana rentan sekali.

Baca juga: Kendalikan Hama Wereng Coklat, Petani Banjar Diimbau Tanam Refugia

“Sesuai hasil pengamatan PPL dan POPT, di sini keberadaan hama werengnya sudah banyak, sehingga perlu diantisipasi sejak awal,” imbuhnya.

Kosim, salah satu petani, mengaku sangat terbantu, apalagi dirinya kerap kesulitan saat hama mulai menyerang dan menimbulkan tanamannya rusak, bahkan mati.

“Mudah-mudahan saja dampak gagal panen dapat dibendung sejak dini. Ini program yang bagus agar petani tidak merugi,” katanya. (Es/R6/HR-Online)

The post Antisipasi Serangan Wereng, Petani di Ciamis Lakukan Penyemprotan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/antisipasi-serangan-wereng-petani-di-ciamis-lakukan-penyemprotan/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service