Anatomi Organ Tubuh Manusia, Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Anatomi Organ Tubuh Manusia

Anatomi organ tubuh manusia adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh manusia. Anatomi ini terdiri atas jaringan sel, organ, dan juga sistem organ.

Sementara itu, sistem organ adalah bagian-bagian yang menyusun tubuh tersebut. Sistem dari organ tubuh itu mempunyai fungsi dan juga struktur yang khas.

Masing-masing dari bagian sistem saling tergantung dari organ yang satu kepada organ yang lain. Hal tersebut berlaku baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Anatomi Organ Tubuh Manusia

Seperti yang telah diketahui dari penjelasan tentang apa itu anatomi tubuh manusia, maka dapat dipahami jika terdapat beberapa bagian tubuh yang mempunyai struktur dan juga fungsi yang berbeda. Berikut adalah penjelasannya.

Sistem Rangka

Manusia dilengkapi dengan tubuh yang juga didukung sistem rangka. Sistem ini dihubungkan oleh ligamen, tendon, serta tulang rawan.

Baca juga: Struktur Membran Plasma Beserta Bagian Penting Lainnya

Tulang disusun oleh kerangka aksial serta kerangka apendikular. Fungsi dari sistem rangka adalah sebagai penggerak, penopang, dan juga memberikan bentuk bagi tubuh. Kemudian juga melindungi organ dalam dan tempat melekatkan otot.

Sistem Otot

Terdiri atas 650 otot yang berfungsi sebagai pembantu pergerakan aliran darah dan juga fungsi tubuh yang lain. Sistem anatomi organ tubuh manusia ini terbagi dalam tiga jenis.

Dimana berupa otot polos yang ada di organ pencernaan, otot rangka yang ada pada tulang, dan juga otot jantung yang ada di jantung sebagai pemompa darah.

Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran ini terdiri atas pembuluh darah, jantung, dan sebanyak 5 liter darah dibawa oleh pembuluh darah. Sistem ini juga didukung dengan adanya jantung yang memiliki ukuran segenggam kepalan tangan. Kemudian waktu istirahat, jantung akan memompa darah ke semua bagian tubuh dengan mudah.

Sistem Pencernaan

Dikutip dari Wikipedia, sistem pencernaan yakni sekelompok organ bekerja sama dalam penerimaan makanan, lalu mengubah dan juga memprosesnya. Proses tersebut dapat berupa energi dan menyerap nutrisi makanan ke aliran darah.

Baca juga: Ciri Otot Lurik Sebagai Otot Gerak Beserta Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Kemudian anatomi organ tubuh manusia ini juga membuang sisa makanan atau membuang makanan yang tak dapat dicerna tubuh.

Sistem Endokrin

Sistem ini terdiri atas kelenjar-kelenjar yang mengeluarkan sebagian hormon ke darah. Kelenjar tersebut meliputi kelenjar pituitari, hipotalamus, kelenjar pineal, kelenjar paratiroid, dan kelenjar tiroid. Kemudian juga termasuk kelenjar pankreas, adrenal, dan kelenjar kelamin (gonad).

Sistem Saraf

Sistem ini tersusun atas sumsum tulang belakang, otak, organ sensorik, dan juga seluruh saraf yang terhubung dengan organ lainnya. Fungsinya sebagai penanggung jawab kendali tubuh serta komunikasi pada bagian-bagian tubuh.

Sistem Pernafasan

Oksigen diperlukan oleh sel tubuh manusia untuk tetap bertahan hidup. Sistem pernafasan ini menyediakan oksigen sambil mengeluarkan karbon dioksida serta limbah yang dapat mematikan apabila dibiarkan menumpuk.

Sistem anatomi organ tubuh manusia ini terdiri atas tiga bagian penting. Mereka adalah paru-paru, saluran nafas, dan juga otot respirasi.

Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem ini adalah sistem pertahanan tubuh dari virus, bakteri, dan juga patogen lainnya yang dapat membahayakan tubuh. Kemudian fungsi lainnya yakni menjaga serta menyerang patogen yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Sistem Limfatik

Sistem ini mencakup kelenjar getah bening, pembuluh getah bening, dan saluran getah bening. Ketiganya memiliki peran penting dalam pertahanan tubuh manusia. Sistem ini juga dapat menghilangkan kelebihan cairan getah bening dan mengembalikan ke dalam darah.

Sistem Ekskresi serta Urinaria

Sistem ekskresi berfungsi mengeluarkan zat sisa yang tak lagi diperlukan oleh tubuh. Sistem ini meliputi ginjal, kulit, hati, dan juga paru-paru.

Baca juga: Fungsi Lisosom pada Sel Hewan yang Sangat Berperan Penting

Sementara itu, sistem urinaria ini meliputi ginjal, ureter, dan juga uretra. Sistem anatomi organ tubuh manusia ini juga disebut dengan perkemihan.

Sistem Reproduksi

Fungsi dari sistem ini adalah kemampuan manusia dalam mereproduksi. Sistem ini meliputi testis dan penis yang mampu menghasilkan sperma. Kemudian sistem reproduksi wanita meliputi rahim, vagina, dan juga ovarium yang dapat menghasilkan sel telur.

Pembuahan akan terjadi saat sel sperma bertemu dengan sel telur pada tuba falopi. Selanjutnya akan terjadi pembuahan dan tumbuh di dinding rahim. Misalkan tidak terjadi pembuahan, maka dinding rahim akan meluruh dan menjadi menstruasi.

Sistem Integumen

Sistem organ tubuh manusia ini juga disebut dengan kulit. Ini adalah organ paling besar yang ada di dalam anatomi organ manusia.

Ia mampu melindungi tubuh dari dunia luar. Bahkan kulit juga membantu dalam mengatur suhu tubuh serta menghilangkan limbah zat lewat keringat. Sistem anatomi organ tubuh manusia ini terdiri atas kuku dan rambut. (R10/HR-Online)

The post Anatomi Organ Tubuh Manusia, Pengertian, Struktur dan Fungsinya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/08/anatomi-organ-tubuh-manusia-pengertian-struktur-dan-fungsinya/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service