Tempati Urutan Kedua se-Jabar, Ciamis Lampaui Target Pelayanan Sejuta Akseptor KB

Tempati Urutan Kedua se-Jabar, Ciamis Lampaui Target Pelayanan Sejuta Akseptor KB

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Kabupaten Ciamis menempati urutan kedua tingkat Provinsi Jawa Barat, sebagai daerah dengan total akseptor KB terbanyak, dalam program pelayanan serentak Sejuta Akseptor KB, belum lama ini.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Ciamis, Dondon Rudiana membenarkan hal tersebut.

Kata dia, dari target 7.558 akseptor, Ciamis justru melebihi target dengan capaian 11.863 akseptor atau sekitar 156,34 persen.

“Ini membuat Ciamis menempati urutan kedua sebagai Kabupaten dengan jumlah akseptor terbanyak, pada program pelayanan sejuta akseptor,” ujar Dondon, Selasa (07/07/2020).

Lanjut Dondon, pelayanan sejuta akseptor KB ini merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) pusat, dalam upaya meningkatkan kebesertaan KB di Indonesia.

“Program tersebut dilaksanakan tanggal 18 sampai 29 Juni lalu, alhamdulillah akseptor KB dari setiap Kecamatan di Ciamis terus meningkat,” ungkapnya.

Dondon menyebut, pelayanan KB yang diberikan kepada akseptor terdiri dari 5 jenis, yakni KB suntik, KB pil, IUD, Implant dan kondom.

“Pada pelayanan sejuta akseptor KB kemarin itu, ada akseptor baru juga ada yang ganti ulang cara, misalnya dari tadinya KB suntik ke implant,” jelas Dondon. 

Lebih lanjut Dondon menuturkan, secara keseluruhan, akseptor KB di Kabupaten Ciamis mencapai 191.141 dari 237.959 pasangan usia subur (PUS) atau sekitar 80,33 persen dari total PUS yang ada di Ciamis.

Target akseptor tahun 2020 ini mencapai 31.824 PUS, hingga Mei baru tercapai 11.413 orang atau sekitar 35,86 persen dari target.

“Setiap bulannya mengalami peningkatan, mudah-mudahan sampai akhir tahun nanti target bisa tercapai,” pungkasnya. (Jujang/Koran HR)

The post Tempati Urutan Kedua se-Jabar, Ciamis Lampaui Target Pelayanan Sejuta Akseptor KB appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/ciamis-lampaui-target-pelayanan-sejuta-akseptor-kb/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service