Sekolah Masih Libur, Pedagang Cilok di Banjar Merana

Sekolah Masih Libur, Pedagang Cilok di Banjar Merana

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Sejak semua sekolah diliburkan akibat adanya wabah virus Corona (Covid-19), pedagang cilok di Banjar merana. Dagangannya sepi pembeli sehingga pendapatannya pun menurun hingga 60 persen.

Seperti yang diungkapkan Aji Rosadi, salah seorang pedagang cilok asal Lingkungan Parunglesang, Blok Tempe, Kelurahan/Kecamatan Banjar, Kota Banjar, kepada Koran HR, Selasa (07/07/2020).

Ia mengeluh karena dagangnya sepi pembeli. Biasanya Aji berjualan cilok berkeliling ke sekolah-sekolah. Namun, sampai saat ini sekolah masih diliburkan akibat pandemi Covid-19, sehingga berimbas pula terhadap dagangannya. Karena kebanyakan pembeli ciloknya adalah anak-anak sekolah.

“Saya sebelumnya jualan cilok dengan modal sendiri dan dibuatnya juga oleh saya sendiri. Tapi gara-gara ada Covid-19, pendapatan saya menurun sampai 60 persen, dan modal pun berkurang jika dipakai berjualan lagi. Jadi sekarang saya jualan cilok milik orang lain, dan harus setor ke pemilik cilok seiap harinya,” tutur Aji.

Dari pemilik cilok, dirinya diberi modal 1 gerobak dengan 5 kilo cilok per hari, berikut dengan bumbu-bumbunya, seperti atom, aida, sambal, kecap, dan tahu.

Setiap hari Aji mulai berdagang cilok dari pukul 8 pagi hingga pukul 7 malam paling lambat untuk menyetorkan hasil jualannya ke pemilik cilok.

Sewaktu ia berjualan cilok modal sendiri, per hari Aji bisa mendapatkan uang paling sedikit Rp 200 ribu, dengan modalnya Rp 300 ribu. Namun, setelah ikut jualan cilok milik orang lain, ia hanya mendapatkan upah paling sedikit Rp 50 ribu per harinya.

Alasan Aji berjualan cilok karena menurutnya pasarnya bagus, dari mulai anak-anak hingga kalangan remaja pun suka jajanan cilok.

Aji berharap virus Corona cepat berlalu, dan sekolah-sekolah bisa masuk kembali agar dirinya  bisa berjualan dengan modal sendiri lagi. Ia juga berharap pemerintah lebih memperhatikan masyarakat kecil seperti dirinya. (Aji/Koran HR)

The post Sekolah Masih Libur, Pedagang Cilok di Banjar Merana appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/sekolah-masih-libur-pedagang-cilok-di-banjar-merana/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service