Sawah Kekeringan, Petani di Banjar Pilih Tanam Ubi Jalar

Sawah Kekeringan, Petani di Banjar Pilih Tanam Ubi Jalar

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Akibat lahan sawahnya selalu kering karena susah untuk dialiri air, Haeruman (60), salah seorang petani di Banjar yang juga pemilik lahan sawah di Blok Pulomajeti, Keluarahan/Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, berinisiatif menanami sawahnya yang kering itu dengan tanaman ubi jalar.

Saat dijumpai Koran HR, Senin (06/07/2020), Haeruman mengaku bahwa sawah miliknya seluas 75 bata mengalami kekeringan. Lahan pertaniannya tersebut susah untuk dialiri air. Kalaupun dipaksakan untuk tanam padi, hasilnya tidak akan bagus.

“Karena itulah saya berinisiatif untuk ditanami ubi jalar. Kalau menanam ubi jalar, dari tanam sampai panen itu bisa mencapai 3 bulan, dan dalam satu kali panen saya bisa mendapat 8 kuintal,” tuturnya.

Hasil panen ubi jalar biasanya ia jual ke pengepul dengan harga Rp 3.000 per kilogram jika hasil panennya bagus. Tapi kalau hasilnya tidak bagus, ubi jalar pun tidak laku dijual dan biasanya dipakai untuk pakan ikan.

Selain bertani, Haeruman yang merupakan Ketua RW. 15 dan tinggal di RT. 03, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis itu, mengaku memiliki bisnis angkutan barang. Namun sempat sepi karena adanya virus Corona, sehinga pendapatannya turun drastis hingga 90 persen.

“Tatapi alhamdulillah, sekarang sudah mulai ada lagi mengirim barang. Saat terjadi wabah virus Corona, saya tidak terlalu pusing karena saya masih punya pangan dari hasil bertani,” ungkapnya.

Meski begitu, Haeruman berharap virus Corona segera berlalu, sehingga kegiatan ekonomi masyarakat kembali normal, dan bisa lebih baik dari sebelumnya. (Aji/Koran HR)

The post Sawah Kekeringan, Petani di Banjar Pilih Tanam Ubi Jalar appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/sawah-kekeringan-petani-di-banjar-pilih-tanam-ubi-jalar/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service