Sawah Kekeringan Karena Irigasi Tak Berfungsi, Ini Kata Distan Banjar

Sawah Kekeringan Karena Irigasi Tak Berfungsi, Ini Kata Distan Banjar

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar menanggapi keluhan warga, tentang sawah mereka yang mengalami kekeringan di Kelurahan/kecamatan Purwaharja tepatnya, RT 38 RW 18.

Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar, Maya Triwagiya mengakui, pihaknya sudah melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi kelapangan sebelum adanya virus Corona.

“Ini dilakukan agar dinas tahu akar permasalahan, yang mengakibatkan irigasi untuk mengaliri air ke sawah bisa kekeringan,” ujar Maya, Kamis (9/7/2020).

Ternyata kata dia, setelah dilihat, terjadi penyumbatan di saluran irigasi. Hal tersebut terjadi karena longsoran tanah dari hutan yang saluran irigasi tertutup tanah.

“Sehingga air tak sampai mengalir ke sawah yang ada di kecamatan Purwaharja,” katanya.

Lanjut Maya, pihak pemkot Banjar sebenarnya sudah memberikan peringatan kepada petani di wilayah tersebut agar tak memaksakan menanam padi.

Pasalnya, BMKG memprediksi bahwa sebentar lagi akan sampai ke musim kemarau.

“Dinas juga sudah membagi-bagikan surat ke masyarakat untuk tidak menanam padi melainkan menanam palawija yang berumur genjah,” jelasnya.

Pihaknya pun sudah melaporkan masalah tentang irigasi yang tidak teraliri air ini ke BBWS Citanduy dan PU Kota Banjar, agar segera diperbaiki sehingga sawah tidak kekeringan.

“Setelah melapor dari BBWS, PU mereka menanggapinya dan akan segera melakukan perbaikan, namun kenyataannya sampai sekarang irigasi masih belum terairi,” ungkap Maya.

Lanjutnya, irigasi kering sampai ditumbuhi rerumputan, seharusnya masyarakat juga sadar dan punya rasa memiliki saluran irigasi dengan merawat dan menjaganya.

“Kenapa tidak warga melakukan gotong-royong membersihkan irigasi dari rumput dan pendangkalan, kita sudah membangun jadi harusnya masyarakat juga ikut merawat dan memeliharanya,” ucapnya. (Aji/R8/HR Online)

The post Sawah Kekeringan Karena Irigasi Tak Berfungsi, Ini Kata Distan Banjar appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/sawah-kekeringan-karena-irigasi-tak-berfungsi-ini-kata-distan-banjar/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service