News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Puasa Senin Kamis, Niat dan Manfaatnya!

Puasa Senin Kamis, Niat dan Manfaatnya!

Puasa Senin Kamis

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com).- Puasa Senin Kamis, Niat dan Manfaatnya! Puasa adalah salah satu ibadah yang dianjurkan bagi tiap umat Muslim.

Ada puasa yang wajib dan sunnah untuk dikerjakan. Puasa wajib misalnya puasa di Bulan Suci Ramadhan.

Adapun untuk yang sunnah ada banyak sekali, misalnya puasa sunnah daud, puasa di Bulan Sya’ban, puasa Arafah dan lain-lain.

Niat dan Bacaan Puasa Senin Kamis

Segala macam bentuk ibadah, sebelum memulainya, biasanya Anda harus menyiapkan niat terlebih dahulu. Termasuk ketika sebelum berpuasa, baik itu wajib ataupun yang sunnah.

Niat adalah hal pertama yang harus dilakukan. Di bawah ini adalah bacaan niat puasa sunnah ini dilengkapi dengan teks artinya.

Nawaitu Shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala. Artinya adalah “Saya berniat untuk berpuasa Sunnah Senin Kamis karena Allah yang Maha Tinggi”.

Mengapa Puasa Sunnah di Hari Senin Kamis?

Pasti Anda sering bertanya-tanya mengapa puasa Sunnah diletakkan pada dua hari tersebut, padahal banyak hari-hari lainnya. Mengapa tidak Senin Selasa atau yang lainnya?

Ternyata ada alasan di balik itu semua. Alasan pertama adalah karena Hari Senin dan Kamis itu merupakan waktu dimana seluruh amal dari perbuatan manusia akan dihisab.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Sedangkan alasan kedua adalah karena pada dua hari tersebut, terbukalah pintu surga Allah SWT.

Tentu saja hal ini menjadikan hari tersebut sebagai salah satu hari istimewa dan sangat baik untuk melakukan ibadah, sepertihalnya puasa tersebut.

Alasan terakhir adalah karena pada Hari Senin dan Kamis, merupakan waktu dimana Rasulullah SAW ditetapkan kenabiannya.

Selain itu dua hari tersebut juga merupakan waktu dimana kitab suci Al-Qur’an diturunkan ke muka bumi. Itulah mengapa puasa sunnah ini terjadi pada dua hari tersebut.

Manfaat Puasa Sunnah Senin Kamis

Setelah mengetahui bacaan niat puasa sunnahnya, maka selanjutnya adalah mengenal manfaatnya.

Adapun manfaat yang didapat adalah banyak sekali. Diantaranya, pertama; melindungi diri Anda dari penyakit kanker.

Kanker adalah penyakit yang sangat mematikan. Oleh sebab itu jika Anda ingin melindungi diri dari kanker, maka rajinlah berpuasa Senin Kamis.

Selain itu, peneliti mengungkapkan bahwa orang yang menderita kanker dan melakukan puasa selama 8-10 jam, maka ia tidak akan merasakan penyakitnya.

Kedua; kolesterol dan asam lambung bisa terjaga. Faktanya dengan berpuasa Anda akan menjadi seseorang yang bisa mengatur pola makan, sehingga tidak mengkonsumsi makanan sembarangan.

Manfaat terakhir adalah menjaga kesehatan jantung Anda. Dengan rajin berpuasa sunnah ini, maka bisa melindungi jantung sekitar 58 persen.

Melakukan puasa Sunnah Senin Kamis juga bisa mengontrol gaya hidup yang tidak teratur. (Deni/R4/HR-Online)

The post Puasa Senin Kamis, Niat dan Manfaatnya! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/puasa-senin-kamis-niat-dan-manfaatnya/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.