Petani Jagung di Panumbangan Ciamis Minta Bantuan Alat Pemipil

Petani Jagung di Panumbangan Ciamis Minta Bantuan Alat Pemipil

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Wilayah Panumbangan, Kabupaten Ciamis, merupakan salah satu sentra penghasil jagung terbesar di Ciamis.

Salah satu wilayah potensial komoditas jagung contohnya di Desa Sindangbarang dan Desa  Buanamekar.

Indra salah satu petani jagung di Dusun Cikuda Rt 03 Rw 02, Desa Sindangbarang, Panumbangan, membenarkan jika produksi Jagung di Panumbangan sangat melimpah.

ia menerangkan, berdasarkan data Balai Penyuluhan Pertanian kecamatan Panumbangan, tahun 2017 produksi jagung di Desa Buanamekar dengan lahan seluas 245 hektar bisa memproduksi 1.453,76 ton jagung pipilan kering.

“Bisa dikatakan bahwa penghasilan komuditas jagung di daerah Panumbangan sangat melimpah dan bisa menghasilkan ekonomi tinggi bagi para petani di kecamatan Panumbangan,” ujar Indra, Kamis (16/7/2020).

Kata dia, tahun 2020 ini merupakan periode ke dua untuk menggelar panen raya yang akan dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus. Akan tetapi ada sebagian yang mengeluhkan masih besarnya biaya yang dikeluarkan oleh petani pada saat panen.

“Kalau dilihat dari kendala salah satunya yaitu mengenai pengangkutan yang  masih banyak dikerjakan dengan cara konvensional dan pemipilan jagung yang masih dilakukan oleh tangan, sehingga harus mengeluarkan cost yang lebih besar,” katanya .

Indra berharap pada periode panen kali ini pemerintah pusat, provinsi ataupun bahkan pemerintah daerah bisa  lebih memperhatikan keadaan sesungguhnya para petani.

“Memberikan bantuan alat pemipil jagung ataupun alsintan lainnya yang memudahkan para petani dalam biayayaa dan mengefektipkan waktu panen menjadi lebih singkat,” katanya.

“Sehingga petani akan sangat terbantu dan petani akan lebih semangat dan lebih sejahtera lagi,” pungkasnya. (Fahmi/R8/HR Online)

The post Petani Jagung di Panumbangan Ciamis Minta Bantuan Alat Pemipil appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/petani-jagung-di-panumbangan-ciamis-minta-bantuan-alat-pemipil/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service