Perbedaan Akuntansi Biaya dan Keuangan yang Wajib Diketahui Pebisnis

Perbedaan Akuntansi Biaya dan Keuangan

Tak sedikit pelaku usaha kecil yang bingung dengan perbedaan akuntansi biaya dan keuangan. Sebagai pembukuan bisnis yang sangat penting, sudah seharusnya pencatatan keuangan menjadi perhatian utama bagi usaha kecil.

Baik akuntansi biaya maupun akuntansi keuangan merupakan dua hal yang berbeda satu dengan yang lain. Namun kedua ilmu ini berkaitan dengan pengaturan segala masalah keuangan dan pelaporan di perusahaan.

Secara umum, akuntansi biaya merupakan bagian dari akuntansi keuangan. Keduanya membahas tentang biaya dalam arti luas. Namun akuntansi biaya lebih fokus pada elemen biaya dalam laporan laba rugi.

Ini Perbedaan Akuntansi Biaya dan Keuangan

Akuntansi keuangan memiliki tujuan membuat dan menyajikan laporan keuangan perusahaan. Baik menyangkut neraca, laporan laba-rugi, hingga laporan arus kas. Berikut perbedaannyayang sebaiknya diketahui para pelaku usaha kecil.

Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya melakukan perhitungan pembiayaan yang diperlukan dalam hal produksi. Akuntansi ini harus melakukan analisa dan pengontrolan terhadap sejumlah pembiayaan biaya produksi dan menghitung persentase tentang kemungkinan mengurangi pembiayaan.

Baca juga: Manfaat Akuntansi Biaya dan Jenisnya yang Wajib Dikenali Pengusaha

Perbedaan akuntansi biaya dan keuangan juga pada penyusunan sesuai apa yang diperlukan oleh perusahaan. Masalah pelaporan terkait biaya-biaya yang dibutuhkan disesuaikan dengan kebutuhan pada level manajemen.

Fungsi akuntansi ini lebih ke ranah internal perusahaan. Hal ini untuk menunjang pengambilan keputusan yang didasarkan atas keadaan keuangan di dalam perusahaan. Selain itu juga terdapat beragam hal yang berkaitan dengan barang maupun infrastruktur terkait masalah produksi produk perusahaan.

Akuntansi Keuangan

Sedangkan perbedaan hal ini terletak pada proses dan fungsinya. Akuntansi keuangan merupakan perekaman dan perhitungan atas hasil teraktual mengenai beragam keuntungan maupun kerugian yang diperoleh perusahaan dan pembuatan neraca keuangan. 

Akuntansi keuangan juga memiliki fungsi untuk memberikan informasi laporan mengenai usaha perusahaan yang diperlukan oleh pemerintah maupun pemberi dana.

Berbeda dengan akuntansi biaya, akuntansi keuangan memiliki aturan tertentu yang mengikat dalam susunannya dan bergantung jenis transaksi apa yang diperlukan oleh perusahaan.

Perbedaan Akuntansi Biaya dan Keuangan serta Pentingnya untuk UKM

Mengenal dan mengetahui perbedaan hal ini sangat penting untuk UKM. Karena itu tak ada salahnya pelaku usaha mengenal materi akuntansi keuangan sebagai bagian dari akuntansi perusahaan.

Nah, untuk usaha kecil yang ingin mempelajari akuntansi keuangan dengan cara mudah, perlu mengetahui materi apa saja yang harus dipelajari. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Mempelajari Akuntansi Dasar

Jika ingin mempelajari akuntansi secara profesional, hal yang pertama harus dilakukan adalah mempelajari dunia akuntansi dasar. Mulai dari pengantarnya seperti, Chart of Account, general ledger, worksheet, dan beragam bentuk akuntansi lainnya.

Menguasai akuntansi dasar ini sangat penting buat Anda agar nanti dapat mempelajari akuntansi secara lebih baik. Termasuk mengenal perbedaan akuntansi biaya dan keuangan.

Cara Mempelajari Keuangan Menengah

Apabila Anda sudah menguasai pengantar dasar akuntansi keuangan, maka langkah selanjutnya bisa mempelajari materi keuangan tingkat menengah. Materi-materi yang bisa Anda pelajari meliputi, perpajakan, utang-piutang dan lain sebagainya.

Mempelajari Akuntansi Keuangan Lanjutan

Nah, setelah mempelajari beragam hal mengenai materi akuntansi keuangan tingkat dasar hingga menengah, kemudian ada langkah selanjutnya. Yaitu mempelajari akuntansi tingkat lanjutan yang terdiri atas saham, investasi, likuidasi dan lain sebagainya.

Baca juga: Materi Akuntansi Keuangan yang Wajib Dipahami Pelaku Usaha

Beberapa materi di atas sangat penting untuk Anda pelajari. Hal ini akan berguna ketika Anda harus membuat beragam laporan dengan perhitungan rumit. Sehingga sangat disarankan untuk mengetahui standarisasi masalah materi keuangan seperti di atas.

Itulah beberapa perbedaan akuntansi biaya dan keuangan beserta materi akuntansi keuangan yang perlu dipelajari dalam skala perusahaan. Memiliki akuntansi keuangan yang baik akan memudahkan usaha kecil untuk cepat berkembang. (R11/HR-Online)

The post Perbedaan Akuntansi Biaya dan Keuangan yang Wajib Diketahui Pebisnis appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/perbedaan-akuntansi-biaya-dan-keuangan/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service